Laman

Jumat, 06 April 2018

SIERRA SWAN


Dilahirkan dengan nama Sierra Marie Swan pada 5 April 1978 di Los Angeles, California adalah seorang musisi Amerika. Dia dikenal karena karyanya dengan Dollshead, Black Eyed Peas dan sebagai artis solo.


Swan adalah putri dari musisi country dan pop 70an Billy Swan yang memainkan gitar ritem untuk Kris Kristofferson. Cinta Swan dengan musik dimulai pada usia dini. Selama beberapa malam di belakang panggung ketika ayahnya bermain, dia memutuskan untuk menjadi musisi profesional. Sebagai seorang remaja, Sierra mendengarkan Prince, Queen, Oingo Boingo, The Beatles, Grant Lee Buffalo, Mozart dan Patsy Cline. Patsy Cline-lah yang mengilhami karir menyanyinya. Swan juga memiliki pengaruh dari Tori Amos.

Ketika dia berumur enam belas tahun Swan mulai bermain di kedai kopi di Los Angeles. Pada usia delapan belas ia mendapat tempat tinggal di Hollywood di Goldfinger's.

Pada tahun 1997, Swan berkumpul bersama Graham Edwards dan Dollshead dibentuk. Band ini menandatangangi kontrak dan akhirnya dikeluarkan dari MCA. Setelah Dollshead, Swan adalah anggota The Black Eyed Peas dari 1998-2000, yang tampil pada lagu "Fallin 'Up".

Setelah meninggalkan Black Eyed Peas dia melakukan karir solo. Swan ditemukan oleh Anne Previn dan Scott Cutler dari Ednaswap. Dia menulis beberapa lagu bersama Previn dan Cutler. Pada tahun 2001, ia menandatangani kontrak dengan Atlantic Records.

Dia telah merilis berbagai album dan EP sejak 2006.

Dia menyelesaikan Queen Of The Valley LP, yang aslinya berjudul Queen of the Valley Girls. Namun, ia dikeluarkan dari labelnya yang menunda rilisan itu sampai 2008. LP ini menampilkan produser seperti Chad Hugo (dari The Neptunes) dan Linda Perry (sebelumnya dari grup musik 4 Non Blondes). 



Linda Perry bekerja dengan Swan di album berikutnya (dan secara resmi, album pertamanya), Ladyland. Album ini menampilkan sebuah duet dengan penyanyi-penulis lagu Aimee Mann , berjudul "Get Down to It" dan menampilkan karya produksi tambahan oleh Bill Bottrell. Linda Perry mengutip hal-hal berikut tentang Swan. "Cantik, erotis, memukau adalah segalanya yang muncul dalam pikiran ketika mendengarkan Sierra Swan. Suaranya akan membawamu dalam perjalanan emosional."

Swan merilis sebuah EP berjudul Coward, tersedia di iTunes saja, pada tahun 2007. Dia kemudian merilis lagu melalui situs Web-nya atau melalui MySpace. Albumnya tersedia di iTunes.

Swan juga melakukan tur dan berkolaborasi dengan Dave Stewart, Ringo Starr, dan Frank Black.

Karya solonya yang paling baru adalah album Good Soldier, dirilis pada 25 Februari 2014 dan diproduseri oleh Billy Corgan dari The Smashing Pumpkins. 



Dia bermain dengan The Smashing Pumpkins pada 2016 di tur Plainsong mereka, bernyanyi dan memainkan berbagai instrumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...