Laman

Senin, 23 April 2018

DANIEL JOHNS


Dilahirkan dengan nama Daniel Paul Johns pada 22 April 1979 di Newcastle, New South Wales, Australia.


John lahir dar pasangan Greg dan Julia Johns, pemilik toko buah di Newcastle. Ia dibesarkan di Merewether, New South Wales, Australia, dengan dua adik kandung. Johns belajar di Newcastle High School, dimana lulus pada tahun 1996.

Pada usia 12 tahun, Johns dan teman-teman sekolah Ben Gillies dan Chris Joannou membentuk sebuah band, awalnya bernama "The Innocent Criminals", dan berlatih setiap hari setelah sekolah selama empat jam atau lebih.

Karier band dimulai ketika ketiga anggota berusia 15 tahun ketika demo rekaman lagu mereka "Tomorrow " memenangkan kompetisi yang dijalankan oleh program TV SBS, Nomad. Grup ini, yang sekarang bernama Silverchair, kemudian menerima kesepakatan tiga album dari Sony Music pada tahun 1994, dan label tersebut dengan cepat merilis album pertama mereka Frogstomp pada tahun 1995 setelah "Tomorrow" bertahan berada di posisi No. 1 di chart single Australia selama enam minggu.

Band ini merilis Freak Show pada tahun 1997, diikuti oleh Neon Ballroom pada tahun 1999, dan kemudian Diorama pada tahun 2002. Setelah Diorama, Silverchair memulai hiatus yang panjang sebelum rilis album berikutnya. 



Selama hiatus paska Diorama, Johns mengerjakan beberapa proyek sampingan, yang paling menonjol adalah The Dissociatives dengan musisi/produser dance Paul Mac. Johns dan Mac bekerja bersama sejak remix 1997 milik Mac "Freak" dan kontribusinya untuk Neon Ballroom. Pada tahun 2000, mereka merekam EP lima lagu I Can't Believe It's Not Rock. Album The Dissociatives awalnya direkam di London, Inggris, dan beberapa bulan kemudian, mereka bergabung kembali di Sydney dan Newcastle untuk menyelesaikan proyek. The Dissociatives melakukan tur dengan musisi Kim Moyes pada drum, Julian Hamilton pada keys, dan James Haselwood pada bass.

Pada akhir 2005, Johns dan Silverchair bersatu kembali dan mengumumkan pembuatan album baru berjudul Young Modern. Album baru ini dirilis pada 31 Maret 2007 dan diikuti oleh tur Across the Great Divide dengan sesama band Australia, Powderfinger.

Pada 13 Juni 2008, dilaporkan di situs web band bahwa Johns sedang mengerjakan proyek sampingan baru dengan Luke Steele (The Sleepy Jackson, Empire of the Sun), tetapi tanggal rilis tidak dikonfirmasi untuk kolaborasi itu. Pada tahun 2008, nama proyek adalah "Hathaway and Palmer," menurut wawancara radio yang Steele lakukan, tetapi ini belum dikonfirmasi sejak itu. Pada bulan Desember 2008, Johns terpilih sebagai produser dari album milik The Scare.

Pada Mei 2011, Silverchair mengumumkan di situs web mereka bahwa band ini akan memasuki "hibernasi tak terbatas" dan menjelaskan bahwa "menjadi semakin jelas bahwa percikan masalah tidak ada di antara kami bertiga saat ini". Belakangan bulan itu, Johns dan pembuat film Josh Wakely mempresentasikan ceramah di TEDx Sydney di mana mereka mendiskusikan sebuah film yang sedang mereka kerjakan yang secara tentatif berjudul My Mind's Own Melody. Sebuah video dari pembicaraan itu diunggah ke YouTube pada Juni 2011, dan sebuah trailer untuk film yang selesai dirilis pada pertengahan 2012.

Pada tahun 2012, Johns berkolaborasi dengan Australian Chamber Orchestra untuk membuat Atlas soundtrack untuk iklan Qantas Airlines yang mulai ditayangkan seminggu sebelum Olimpiade 2012. Johns menjelaskan:

Ketika Qantas pertama kali mendekati saya, saya setuju dengan proyek tersebut karena saya benar-benar menyukai membuat musik yang mewakili Australia. Saya ingin itu terdengar besar, sesuatu yang istimewa. Itu adalah usaha sadar untuk menciptakan karya musik yang bagus dan bukan hanya sebuah jingle. Saya juga ingin bekerja dengan Australian Chamber Orchestra untuk waktu yang lama sekarang, jadi sangat menyenangkan akhirnya bisa melakukannya.

Pada Mei 2012, Johns menulis dan merekam musik dengan duo pop The Veronicas untuk album ketiga The Veronicas. Proses penulisan dimulai pada bulan November 2011, dan saudari kembar tersebut menyatakan bahwa bekerja dengan Johns "adalah salah satu pengalaman terbesar kami."

Pada Januari 2013, Johns dijadwalkan untuk tampil dalam pertunjukan langsung dengan Van Dyke Parks sebagai bagian dari Adelaide Festival Australia pada 8 Maret 2013 dan juga dikabarkan akan mengerjakan debut album solo. Pada Mei 2013, Steele mengungkapkan bahwa dia dan Johns sedang menyelesaikan proyek yang telah mereka mulai pada tahun 2008.

Pada bulan November 2013, dilaporkan oleh berbagai media bahwa Johns sedang dalam proses mengerjakan album solo yang akan dirilis sekitar tahun 2014. Manajernya John Watson mengutip dengan mengatakan: "tampak sangat mungkin bahwa album itu akan keluar tahun depan."

Pada Januari 2014, Johns ikut menulis lagu "Impossible" oleh rapper Australia 360. Johns juga bernyanyi di chorus lagu. Johns bertemu 360 melalui saudara Johns, Heath, yang juga merupakan penerbit 360.

Untuk ulang tahun ke-40 dari stasiun radio triple j, Beat the Drum, yang diadakan di Sydney, Domain Australia pada 16 Januari 2015, Johns menampilkan versi piano "Smells Like Teen Spirit" milik Nirvana.

Johns memulai debutnya sebagai penyanyi solo pada 29 Januari 2015 di stasiun radio Triple J. Berjudul "Aerial Love", lagu ini diambil dari EP empat lagu yang dirilis pada 13 Maret 2015. National Music Editor dari koran The Sydney Morning Herald, Peter Vincent, menggambarkan lagu itu sebagai "seksi" dan "penuh perasaan". Johns diharapkan untuk merilis album studio sebagai artis solo beberapa kali pada tahun 2015. Pada bulan Februari 2015, "Aerial Love" memulai debutnya di No. 50 di Australian Singles Chart, kemudian mencapai puncaknya di No. 21.

Johns merilis album debut lima belas lagu sebagai artis solo pada 22 Mei 2015, berjudul Talk. Rekaman ini menampilkan aransemen multilayer R&B, soul, synthpop, dan melodi elektronik. Talk mencapai posisi 2 di ARIA Albums Chart di Australia dalam dua minggu pertama peluncurannya. Album ini juga mencapai beberapa keberhasilan yang tidak terduga di belahan dunia lainnya, masuk ke peringkat 1 di chart album iTunes Slovakia segera setelah dirilis.

Pada bulan Mei 2016 Johns berkolaborasi dengan duet Perth Slumberjack di lagu mereka "Open Fire", yang merupakan single pertama dari EP yang akan datang, yang akan dirilis akhir 2016. Johns juga ditampilkan dalam video musik.

Johns juga bekerja dengan artis seperti ZHU di lagu "Modern Conversation" pada tahun 2017 dan artis Australia lainnya What So Not di album "Not All The Beautiful Things" dirilis pada 2018 di mana ia berkontribusi pada sebagian besar musik.

Johns bekerja sama dengan Luke Steele dari Empire of the Sun untuk membentuk DREAMS, merilis single "No One Defeats Us" pada Maret 2018.

Sebuah kontroversi publik muncul pada bulan Juli 2007 ketika Johns mengklaim di stasiun radio Australia Triple J bahwa ia telah berbagi narkoba dengan istrinya saat itu Natalie Imbruglia, Anggota Parlemen Federal Australia dan mantan pentolan Midnight Oil Peter Garrett, dan Bono dari U2 pada November 2006 sementara mereka mendengarkan rekaman demo dari album milik Silverchair, Young Modern. Menyusul klaim Johns, Tony Wood, yang putrinya Anna Wood meninggal karena mabuk air akibat penggunaan MDMA, menyarankan bahwa Garrett harus menjalani tes narkoba, meskipun pernyataan Garrett bahwa dia belum menyentuh ganja sejak usia dua puluhan, dan Johns membalas klaim itu dengan mengklaim itu adalah lelucon. Johns juga mengatakan bahwa dia pikir akan jelas bahwa itu adalah lelucon, mengingat baik Peter Garrett dan Bono secara terbuka menentang narkoba.

Pada 28 Oktober 2014, Johns dihentikan oleh polisi ketika mereka melihat Jaguar hitamnya bepergian dengan kecepatan antara 70 dan 80 kilometer per jam (43 dan 50 mph) di sepanjang Morgan Street di Merewether, yang diatur oleh batas kecepatan 50 kilometer per jam (31 mph). Johns, yang ditangkap karena mengemudi di bawah pengaruh, mengatakan kepada polisi bahwa ia telah mengonsumsi empat anggur besar antara 16:30 dan 19:40. Johns diminta untuk menghadiri kursus pelanggar lalu lintas, ia muncul kembali di Newcastle Local Court pada Februari 2015 dan dinyatakan bersalah mengemudi diluar batas, menerima denda $ 880 dan diskualifikasi dari mengemudi hingga Juni 2015. "Saya membuat kesalahan, saya benar-benar minta maaf, "kata penyanyi itu kepada wartawan di luar pengadilan hari itu. "Saya menyelesaikan program pelanggar lalu lintas dan itu tidak akan pernah terjadi lagi."

Pada akhir 1997, selama tur Freak Show, Johns mengalami depresi tengah desas-desus bahwa dia menderita gangguan kecanduan obat/makan. Johns menjelaskan dalam wawancara Rolling Stone Australia bahwa ia telah menderita anoreksia nervosa. Johns mengklaim bahwa beratnya kurang dari 50 kilo (110 lbs). Dengan Neon Ballroom terdapat single "Ana's Song" tentang pertempuran Johns dengan anoreksia. Pada tahun 2004, Johns berbicara panjang lebar kepada pewawancara ABC Andrew Denton dan mengungkapkan bahwa pada satu titik dia telah mempertimbangkan bunuh diri.

Setelah merekam Diorama, John didiagnosis dengan kasus artritis reaktif yang langka namun serius. Setelah perawatan di Los Angeles, ia bisa melakukan tur dengan band untuk Across the Night Tour. Laporan gejala artritis tidak muncul kembali setelah selesainya tur.

Johns mengumumkan pertunangannya dengan pacar lamanya, aktris, penyanyi, dan model Natalie Imbruglia pada akhir tahun 2002, dan mereka menikah pada Malam Tahun Baru 2003. Pada 4 Januari 2008, mereka mengumumkan bahwa mereka bercerai, menyatakan, "Kami baru saja hidup terpisah karena tidak dapat menghabiskan cukup waktu bersama."

Pada bulan Juli 2008, The Daily Telegraph mengumumkan Johns sedang berkencan dengan model Australia Louise Van der Vorst. Pada tahun 2009, pasangan ini pindah dari Australia ke New York City sehingga Van der Vorst dapat memperluas karir modelingnya. Pada Juli 2011, pasangan itu tinggal bersama di Newcastle, Australia. Pada bulan April 2012, dilaporkan bahwa Johns telah memulai pembubaran hubungan pada Februari 2012.

Pada awal 2013, Johns berpacaran dengan perancang busana Estelita Huijer, dengan siapa dia difoto di Crown Street di Sydney. Dilaporkan pada awal Mei 2013 bahwa Johns secara teratur terlihat di tempat-tempat di Crown St, yang terletak di pinggiran kota Surry Hills di pinggiran kota, termasuk restoran 'Bills'.

Johns juga dikenal karena dukungan hak-hak binatangnya, setelah mengungkapkan bahwa ia adalah seorang vegan pada tahun 1998, meskipun dinyatakan bahwa ia adalah pescetarian pada tahun 2009. Lagu Neon Ballroom "Spawn Again" menampilkan pandangan Johns tentang pembebasan hewan, tetapi dia menyatakan dalam wawancara berikutnya: "Saya tidak memberi tahu orang bagaimana cara makan atau bagaimana mengubah hidup mereka, saya hanya ingin mengungkapkan pendapat saya dalam sebuah lagu dan itu sesuatu, seperti yang saya katakan, saya merasa sangat kuat tentang bagaimana saya mengekspresikan diri melalui musik."

Penghargaan dan nominasi

· Di ARIA Music Awards pada tahun 2002 , ia memenangkan Producer of the Year untuk karyanya di Diorama milik Silverchair.

· 2008 Song of the Year dan Most Played Australian Work APRA Awards untuk "Straight Lines", yang ditulis oleh Daniel Johns dan Julian Hamilton, dipresentasikan oleh Australasian Performing Right Association (APRA). Johns, atas namanya sendiri, juga memenangkan Songwriter of the Year.

· Silverchair telah memenangkan 21 penghargaan ARIA hingga saat ini.

· Pada ARIA Music Awards 2015 dinominasikan untuk Best Male Artist untuk Talk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...