Laman

Kamis, 12 April 2018

LISA STANSFIELD


Dilahirkan dengan nama Lisa Jane Stansfield pada pada 11 April 1966 di Manchester, Inggris. Orangtuanya adalah Marion dan Keith Stansfield, dan dia memiliki dua saudara perempuan, Karen dan Suzanne. Keluarganya pindah ke Heywood pada tahun 1976, kemudian ke Rochdale pada tahun 1977. Stansfield tumbuh dengan mendengarkan musik soul dan mengakui bahwa ibunya memainkan Diana Ross dan Supremes adalah pengaruh musik pertamanya, dengan idolanya adalah Barry White dan Marvin Gaye.

Pada tahun 1980, Stansfield memenangkan kompetisi Search for a Star, diadakan di klub malam Talk of the Town, dan pada tahun 1981 single pertamanya "Your Alibis" dirilis oleh Devil Records. Pada tahun 1982, ia muncul di acara televisi Bring Me the Head of Light Entertainment di ITV Granada. Pada saat yang sama, Stansfield menandatangani kontrak rekamannya dengan Polydor Records.

Pada tahun 1983, Johnnie Hamp memproduksi untuk ITV Granada sebuah film dokumenter yang disutradarai oleh Pete Walker, Born in the Sixties: Lisa Stansfield. Itu adalah monograf dari yang dicita-citakan penyanyi ini dan menampilkan komentarnya dan dari ibu dan saudara perempuannya dan beberapa lagu yang dinyanyikan oleh Stansfield. Juga pada tahun 1983, ia menjadi salah satu pembawa acara program musik televisi anak-anak Razzamatazz dan muncul di serial televisi anak-anak lain The Krankies Klub. Antara 1982 dan 1983, Stansfield merilis tiga single berikutnya: "The Only Way", "Listen to Your Heart" dan "I Got a Feeling". Rekaman awalnya dirilis di album In Session pada bulan September 1996. 




Pada tahun 1984, Stansfield dan mantan teman sekolahnya Ian Devaney dan Andy Morris, pernah bekerja sama dalam produksi musik sekolah, mulai berkolaborasi secara musik dan, pada tahun 1986, membentuk band Blue Zone. Mereka menulis beberapa lagu, menghasilkan demo, dan membawanya ke label rekaman. Sebuah label indie kecil, Rockin 'Horse Records mengontrak mereka pada 1985 dan setahun kemudian dibeli oleh Arista Records. Setelah merilis dua single pertama mereka pada tahun 1986, "Love Will Wait" dan "Finest Thing", Arista mengeluarkan "On Fire" pada bulan Oktober 1987. Tepat ketika single itu menaiki tangga lagu (nomor sembilan puluh sembilan di Inggris), lagu ditarik oleh perusahaan rekaman yang baru dibangun dari King's Cross fire. Single berikutnya band, "Thinking About His Baby" dirilis pada Januari 1988 dan mencapai angka tujuh puluh sembilan di Inggris. Sisi B-nya, "Big Thing" menjadi populer di radio dan di klub-klub.

Pada bulan Juli 1988, "Jackie" dikeluarkan sebagai single di luar Inggris dan mencapai nomor tiga puluh tujuh di Hot Dance Club Songs dan nomor lima puluh empat di Billboard Hot 100 di Amerika Serikat. Tanggal rilis untuk album Blue Zone, Big Thing yang direkam pada tahun 1987, didorong berkali-kali oleh label rekaman. Akhirnya, dirilis di luar Inggris pada bulan November 1988 tanpa promosi lebih lanjut. Album ini menampilkan lagu yang ditulis oleh Blue Zone, kecuali untuk "Jackie" yang ditulis oleh Billy Steinberg dan Tom Kelly. Album itu diproduksi oleh Paul Staveley O'Duffy, kecuali untuk "Perfect Crime" yang diproduksi oleh Blue Zone. Ric Wake juga ikut memproduksi "Jackie" dan "Perfect Crime".

Pada awal 1989, Stansfield ikut menulis dan merekam "People Hold On" untuk album milik Coldcut, What's That Noise?. Single ini dirilis pada Maret 1989 dan mencapai nomor enam di Hot Dance Club Songs di Amerika Serikat dan nomor sebelas di Britania Raya. Karena kutanya hit ini, Arista Records mengontrak Stansfield sebagai artis solo. Album debutnya, Affection dirilis pada 20 November 1989. Stansfield ikut menulis semua lagu dengan Ian Devaney dan Andy Morris. Devaney dan Morris juga memproduseri album, kecuali untuk "This Is the Right Time" yang diproduseri oleh Coldcut. Affection menerima pujian kritis dari kritikus musik dan sukses secara komersial. Album ini mencapai sepuluh besar di tangga lagu di seluruh dunia, termasuk nomor satu di Austria dan Italia, nomor dua di Inggris, Jerman, Spanyol, Swedia dan Swiss, nomor tiga di Belgia, nomor lima di Selandia Baru, nomor enam di Belanda dan Norwegia, dan nomor tujuh di Australia dan Kanada. Di AS, Album ini mencapai puncaknya di nomor lima di Top R&B/Hip-Hop Album dan nomor sembilan di Billboard 200. Album ini telah terjual lebih dari lima juta kopi di seluruh dunia dan disertifikasi 3× Platinum di Inggris, Platinum di AS, Kanada, Jerman, Spanyol, Swedia dan Swiss, dan Emas di Prancis, Finlandia dan Austria.

Affection menampilkan lagu hit and ciri khas terbesar Stansfield, "All Around the World". Trek ini mencapai nomor satu di banyak negara, termasuk Inggris, Austria, Belgia, Belanda, Norwegia, dan Spanyol. Di AS, "All Around the World" mencapai puncaknya di nomor satu di Hot Dance Club Songs dan Hot R&B/Hip-Hop Songs, dan mencapai nomor tiga di Billboard Hot 100. Single ini bersertifikat Platinum di AS untuk terjual lebih dari satu juta kopi dan Emas di banyak negara lain, termasuk Inggris, Jerman, Australia, Swedia dan Austria. Di Inggris, single lain dari album mencapai angka sepuluh ("Live Together"), tiga belas ("This is The Right Time") dan dua puluh lima ("What Did I Do to You?") di tangga lagu. Di AS, "You Can't Deny It" mencapai puncak di nomor satu di Hot R&B/Hip-Hop Songs, nomor dua di Hot Dance Club Songs dan nomor empat belas di Billboard Hot 100. "This Is The Right Time" mencapai nomor satu di Hot Dance Club Songs, nomor tiga belas di Hot R&B/Hip-Hop Songs dan nomor dua puluh satu di Billboard Hot 100.

Stansfield juga melakukan tur Eropa dan Amerika Utara pada tahun 1990 untuk mendukung albumnya, dan dirilis kemudian video Live! All Around the World. Terima kasih kepada Affection dan "All Around the World", ia menerima banyak penghargaan, termasuk: Brit Award, Billboard Music Award, World Music Award, ASCAP Award, Ivor Novello Awards, Silver Clef Awards, dan DMC Awards. Stansfield juga dinominasikan untuk dua Grammy Awards dalam kategori Artis Baru Terbaik dan Penampilan Vokal Pop Wanita Terbaik. Tak lama setelah kesuksesannya, dia melakukan dua rekaman amal. Pada bulan Desember 1989, Stansfield menjadi bagian dari Band-Aid II, kelompok super amal yang didirikan untuk mengumpulkan uang bagi upaya anti-kemiskinan di Ethiopia dan merekam "Do They Know It’s Christmas?" yang menduduki UK Singles Chart selama tiga minggu. Kemudian, ia membawakan ulang "Down in the Depths" untuk kompilasi amal AIDS Red Hot + Blue dirilis pada bulan September 1990, dan juga memfilmkan video musik untuk itu.

Pada tahun 1991, Stansfield merekam album studio keduanya, Real Love dan merilisnya pada 11 November 1991. Dia ikut menulis semua lagu dengan Ian Devaney dan Andy Morris, yang juga memproduksi album tersebut. Real Love menerima ulasan positif dari kritikus musik dan mencapai sepuluh besar di tangga lagu di berbagai negara, termasuk nomor tiga di Inggris, nomor lima di Belanda, nomor sembilan di Jerman dan nomor sepuluh di Belgia. Di Amerika Serikat, mencapai puncak di nomor enam di Album R&B/Hip-Hop Top dan nomor empat puluh tiga di Billboard 200. Real Love disertifikasi 2× Platinum di Inggris dan Emas di AS, Kanada, Jerman dan Swiss. Single pertama, "Change" menjadi hit mencapai puncak dalam sepuluh besar di Italia, Belgia, Spanyol, Belanda, Kanada dan Inggris. Di AS, lagu itu mencapai nomor satu di Hot Dance Club Songs, nomor dua belas di Hot R&B/Hip-Hop Songs dan nomor dua puluh tujuh di Billboard Hot 100.

Single kedua dari album Real Love , "All Woman", mencapai 40 besar di berbagai negara Eropa, termasuk nomor dua puluh di Inggris. Lagu ini berhasil di chart US Hot R&B/Hip-Hop mencapai puncak pada bulan April 1992. Di Billboard Hot 100, "All Woman" mencapai nomor lima puluh enam. Dua single berikutnya yang dirilis di Eropa termasuk "Time to Make You Mine" dan "Set Your Loving Free", yang mencapai angka empat belas dan dua puluh delapan di Inggris. Singel AS terakhir, "A Little More Love Love" mencapai angka tiga puluh di Hot R&B/Hip-Hop Songs. Pada tahun 1992, Stansfield melakukan tur Eropa, Asia dan Amerika Serikat, dan merilis video rumahan Live at Wembley. Pada akhir 1992, ia ikut menulis dan merekam "Someday (I'm Coming Back)" untuk album The Bodyguard: Original Soundtrack yang sukses. Lagu ini dirilis sebagai single di Eropa pada bulan Desember 1992, setelah "I Will Always Love You" oleh Whitney Houston, dan mencapai sepuluh besar di Inggris. Dia juga menulis lagu untuk Dionne Warwick Friends Can Be Lovers yang diproduksi oleh Ian dan Andy bersama dengan lagu lain yang ditulis oleh Diane Warren Much To Much dan Lisa menyanyikan vokal latar pada kedua lagu tersebut dapat ditemukan pada CD 1993 Dionne Warwick Friends Can Can Be Lovers.

Pada April 1993, George Michael merilis EP amalnya, Five Live. EP ini menampilkan "These Are the Days Of Our Lives" direkam dengan Stansfield dan Queen selama Konser The Freddie Mercury Tribute pada bulan April 1992. Five Live berhasil dan mencapai nomor satu di Inggris selama tiga minggu. Selama Konser The Freddie Mercury Tribute, yang juga dirilis di VHS , Stansfield menampilkan "I Want to Break Free" juga. Pada awal tahun 1993, ia ikut menulis dan merekam "In All the Right Places", lagu tema dari film drama Indecent Proposal yang dibintangi oleh Robert Redford dan Demi Moore. Single ini dikeluarkan pada Mei 1993 dan mencapai nomor delapan di Inggris dan Irlandia. Lagu itu kemudian dimasukkan dalam album studio ketiga Stansfield, So Natural dirilis pada 8 November 1993.

So Natural mengumpulkan ulasan positif dari kritikus musik dan tampil secara moderat di tangga lagu, mencapai nomor enam di Inggris dan menerima sertifikasi Platinum. Lagu ini juga mencapai 40 besar di Italia, Swedia, Jerman, Swiss, Austria dan Belanda. Album ini dipromosikan oleh dua single, "So Natural" dan "Little Bit of Heaven" yang mencapai angka lima belas dan tiga puluh dua di Inggris. So Natural tidak dirilis di Amerika Utara. Pada tahun 1994, Stansfield melakukan tur Jepang dan Inggris. Pada akhir 1994, ia merilis dua single di Amerika Serikat: "Make It Right" dari Beverly Hills 90210: The College Years soundtrack dan "Dream Away" (duet dengan Babyface) dari film The Pagemaster. Stansfield juga merekam lagu-lagu cover berikut: "Friday's Child" untuk No Prima Donna: The Songs of Van Morrison (1994), "They Can’t Take That Away From Me" untuk The Glory of Gershwin (1994), "Just to Keep You satisfied" untuk Inner City Blues: The Music of Marvin Gaye (1995) dan "Take Me Away" (duet dengan Aska ) untuk One Voice: The Songs of Chage & Aska (1996).

Album keempat penyanyi ini yang berjudul self-titled Lisa Stansfield dirilis pada 21 Maret 1997. Album ini mendapat ulasan yang baik dari kritikus musik dan sukses secara komersial. Lisa Stansfield mencapai nomor dua di Inggris, nomor enam di Belgia dan mencapai puncak dalam empat puluh besar di banyak negara Eropa dan di Jepang. Album ini juga menerima sertifikasi Emas di Inggris, Spanyol dan Swiss. Di Amerika Serikat, album mencapai nomor tiga puluh di Top R&B/Hip-Hop Albums dan lima puluh lima di Billboard 200. Singles yang dirilis di Eropa termasuk: "People Hold On" (The Bootleg Mixes), "The Real Thing", "Never, Never Gonna Give You Up" dan "The Line". Mereka semua masuk UK Singles Chart masing-masing mencapai angka empat, sembilan, dua puluh lima dan enam puluh empat.

Di AS, "Never, Never Gonna Give You Up" mencapai angka tujuh puluh empat di Billboard Hot 100, dan di nomor satu di Billboard Top Dance Tracks. Album ini juga menelurkan empat single nomor satu di Billboard's Hot Dance Club Songs : "People Hold On" (The Bootleg Mixes), "Never, Never Gonna Give You Up", "Never Gonna Fall" dan "I'm Leavin'". Kesuksesan ini mendorong Arista Records untuk merilis Album Remix pada bulan Juni 1998. Stansfield melakukan tur ke Amerika Selatan, AS dan Eropa pada tahun 1997 dan 1998 untuk mempromosikan album.

Stansfield merilis album studionya yang kelima, Face Up pada 20 Juni 2001. Album ini menampilkan lagu funk dan soul dan juga penggunaan petualang beat 2-step garage dalam single pertama, "Let's Just Call It Love". Namun, Face Up tampil lemah di tangga lagu hanya mencapai 40 besar di beberapa negara, termasuk Swiss, Austria, Jerman, dan Inggris. Album ini tidak dirilis di Amerika Utara. Stansfield melakukan tur Eropa pada tahun 2001 dan 2002.

Pada 3 Februari 2003, Stansfield merilis album hits pertamanya, Biography: The Greatest Hits. Album ini mencapai nomor tiga di Inggris, nomor empat di Italia dan juga masuk tangga album di negara-negara Eropa lainnya. Album ini juga bersertifikat Emas di Inggris. Biography: The Greatest Hits secara bersamaan diterbitkan di DVD. Stansfield melakukan tur Eropa pada bulan Maret dan April 2003 untuk mempromosikan kompilasi. Pada Juni 2003, Arista Records membuat remaster semua album studionya dan merilisnya kembali secara terpisah dengan lagu bonus. The Complete Collection enam CD juga dikeluarkan pada saat yang bersamaan. Pada bulan November 2003, Stansfield muncul di soundtrack untuk Mona Lisa Smile menyanyikan "I’ve Got the World on a String".

Pada 2004, Stansfield merekam "Too Hot" untuk The Hits: The Reloaded milik Kool & the Gang (dirilis pada April 2004) dan "Breath In, Breath Out" (duet dengan Lââm) untuk albumnya yang berjudul singkat Lââm (dirilis pada September 2004). Setelah memenuhi kesepakatannya dengan Arista Records, Stansfield menandatangani kontrak dengan ZTT Records. Pemenang Grammy Award Trevor Horn memproduseri album pop berikutnya, The Moment yang dirilis di Inggris pada 27 September 2004. Album itu diterima dengan baik oleh kritikus musik tetapi gagal secara komersial di Inggris mencapai nomor lima puluh tujuh. Pada bulan Februari 2005, The Moment dikeluarkan di seluruh Eropa oleh Edel dan mencapai sukses moderat di tangga lagu di Austria, Jerman dan Swiss, masing-masing mencapai angka lima belas, enam belas dan dua puluh dua. Album ini juga bersertifikat Emas di Jerman. Album ini dipromosikan terutama oleh dua single: "Treat Me Like a Woman" dan "If I Had't Got You". Stansfield juga melakukan tur Eropa pada bulan Juni dan Juli 2005.

Antara Mei dan Juli 2013, Stansfield melakukan tur Eropa menyanyikan lagu-lagu terbaiknya. Pada 13 Agustus 2013, ia mengumumkan bahwa album studio ketujuh yang hanya berjudul Seven akan dirilis pada 21 Oktober 2013. Pada bulan Oktober 2013, diumumkan bahwa tanggal rilis album telah didorong kembali ke 31 Januari 2014 di Jerman dan 10 Februari 2014 di Inggris. Single pertama, "Can't Dance", ditayangkan di acara BBC Radio 2 milik Ken Bruce pada 14 Agustus 2013 dan dirilis secara digital pada 16 Oktober 2013.

Seven, yang diproduseri dan ditulis di Inggris oleh Stansfield dan Ian Devaney, menampilkan lagu-lagu seperti "Can't Dance", "The Rain", "Stupid Heart", "Conversation", "The Crown", "So Be It" dan "Picket Fence". Direkam di Los Angeles dan Manchester, Stansfield berkolaborasi dengan John Robinson, yang dikenal sebagai drummer yang paling banyak melakukan rekaman dalam sejarah, dan orkestrator pemenang Grammy Award, Jerry Hey, keduanya merupakan bagian integral dari penciptaan Off the Wall, Thriller dan Bad milik Michael Jackson. "Carry On" dipilih sebagai single kedua dan video musiknya ditayangkan pada 31 Januari 2014. Setelah dirilis album ini mencapai nomor 13 di Inggris. Edisi deluxe dari album ini juga dirilis dengan materi bonus. Stansfield melakukan tur ke Inggris pada November 2013 dan Seven Tournya berlanjut di Eropa pada bulan Mei dan Juni 2014. Tur ini diakhiri dengan serangkaian konser di Inggris pada bulan September 2014 dan negara-negara Eropa lainnya pada bulan Oktober dan November 2014. Oktober 2014, Seven dirilis ulang sebagai Seven + dengan satu lagu baru dan lima belas remix.

Pada bulan November 2014, Edsel Records merilis The Collection 1989–2003, box set tiga belas CD dan lima DVD dengan lima dari album studio Stansfield dan tambahan banyak lagu langka, remix, video promo, rekaman konser langsung, dan wawancara baru. Semua album juga dirilis secara individual. Album/video Live in Manchester dirilis pada 28 Agustus 2015.

Pada bulan Oktober 2017, Stansfield mengumumkan album barunya, Deeper dan European Tour. Album ini dirilis pada 5 April 2018.

Pada bulan Mei 1999, Stansfield membuat debut filmnya. Dia memainkan Joan Woodcock dalam film yang disutradarai Nick Mead, Swing, yang juga dibintangi Hugo Speer, dan merekam lagu untuk soundtrack. Album, yang penuh lagu jazz dan swing dirilis pada 10 Mei 1999. Swing: Original Motion Picture Soundtrack menerima ulasan positif dari kritikus musik dan mencapai nomor enam di chart Billboard's Top Jazz Albums. Pada bulan Juli 1999, duet Stansfield dengan Barry White, "The Longer We Make Love" dirilis sebagai single dari albumnya, Staying Power.

Pada akhir tahun 2000, ia merekam dua lagu cover: "You Keep Me Hangin' On" untuk album Motown Mania (dirilis pada Desember 2000) dan "Somewhere My Baby Waits For Me" untuk soundtrack Wedding Planner (dirilis pada Januari 2001). Pada Februari 2002, ia memulai debut panggungnya di The Vagina Monologues di Arts Theatre di West End of London bersama dengan Anita Dobson dan Cecilia Noble. Stansfield memainkan dirinya sendiri dalam serial komedi Monkey Pants pada pertengahan tahun 2005. Pada akhir 2006, ia muncul di serial drama Goldplated, memainkan Trinny Jamieson.

Pada September 2007, Stansfield muncul di serial televisi lain, Agatha Christie's Marple. Dia memainkan Mary Durrant dalam episode berjudul Ordeal by Innocence. Stansfield mengisi suara salah satu karakter (Millie, sesosok elf) untuk versi bahasa Inggris dari film animasi Finlandia, Quest for a Heart yang dirilis pada Desember 2007. Dia juga telah merekam judul lagu "Quest for a Heart" yang ditulis oleh Charlie Mole dan Lee Hall dan diproduksi oleh Mole bekerjasama dengan Ali Thomson . Pada tahun 2007, Stansfield bergabung dengan pemeran The Edge of Love yang disutradarai oleh John Maybury. Film yang dibintangi oleh Keira Knightley, Sienna Miller, Cillian Murphy dan Matthew Rhys ditayangkan pada bulan Juni 2008. Stansfield memainkan peran Ruth Williams.

Pada tahun 2009, ia membintangi film dokumenter yang disutradarai Nick Mead, Dean Street Shuffle memainkan dirinya sendiri. Pada 2012, ia menerima peran dalam film milik Elaine Constantine, Northern Soul. Berlatar belakang pada tahun 1974, ini adalah sebuah drama doku independen tentang fenomena sosial dan generasi musik dan gerakan dari musik soul wilayah Utara. Northern Soul dirilis pada tahun 2014. 




Pada 1987, Stansfield menikahi perancang Italia Augusto Grassi, yang ditemuinya saat liburan di Tunisia. Upacara diadakan di Gereja Sacred Heart di Rochdale. Pasangan itu pindah ke Zagarolo di Italia tetapi pernikahan mereka hanya berlangsung selama empat bulan. Setelah berakhirnya pernikahan, Stansfield kembali ke Inggris. Setelah bertahun-tahun persahabatan dan pertunangan, ia dan Ian Devaney menikah pada 25 Juli 1998. Upacara minimalis diadakan di New York City dan satu-satunya tamu adalah orang tuanya dan ibu Devaney.

Pada tahun 2008, Stansfield menjual rumahnya yang bergaya Victoria dengan enam kamar "Mount Henry" di Torca Road di Dalkey, Irlandia , seharga € 6 juta pada konglomerat bisnis Yorkshire, Ed Clark (yang awalnya meminta € 8 juta pada Mei 2007).

Pada bulan Desember 2016, majalah Billboard menempatkannya sebagai the 46th most successful dance artist of all-time.

1 komentar:

  1. kagum dengan prestasi Lisa Stansfield yang luar biasa Talenta dari Tuhan

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...