Laman

Senin, 09 April 2018

ANDY NYE


Dilahirkan dengan nama Andy Dane Nye pada 8 April 1959, di London, Inggris adalah musisi, penulis lagu dan produser rekaman Inggris, serta menjadi anggota grup rock The Michael Schenker Group pada puncaknya di tahun 1980-an. Selama kariernya yang panjang dan produktif ia telah memainkan keyboard untuk Sheena Easton, Barbara Dickson, Toyah Willcox, Chris Farlowe, Gerard Kenny, Dennis Waterman, Putri Stephanie dari Monaco, Jahn Teigen, The Kick, After Hours, dan Mainland. Lagu-lagunya telah direkam oleh artis-artis seperti Roger Daltrey, Asia, The Michael Schenker Group, Ten Years After, Chris Farlowe, John Entwistle, Colin Blunstone dan The Zombies.

 
Andy Nye dilatih pada piano klasik dari usia delapan tahun, belajar di Watford School of Music saat remaja dan melakukan pertunjukan berbayar pertama pada usia 14 tahun, memainkan klarinet dan alto saxophone di dance band kakeknya.

Setelah meninggalkan sekolah pada tahun 1977, ia bergabung dengan Mainland, sebuah band yang dikelola oleh mantan rekan manajer Deep Purple, Rob Cooksey, yang membawa ke pengalaman studio pertamanya di bawah naungan produser Deep Purple, Martin Birch.

Setelah jadwal tur 81 yang sukses namun melelahkan dengan Leo Sayer pada tahun 1979, mencapai puncaknya pada 5 malam di The Hammersmith Odeon, band ini bubar dan Nye diminta untuk bermain keyboard dengan bintang baru Sheena Easton pada tur dunia pertamanya pada tahun 1980, menemaninya tinggal di AS pada acara Tonight Show Starring Johnny Carson yang legendaris, pada tiga kesempatan terpisah.

Pada tahun 1981, Nye beralih ke tur dengan penyanyi Inggris, Barbara Dickson, merekam album Here We Go dalam prosesnya.



Pada tahun 1982, ia didekati oleh Rob Cooksey dan diminta untuk tampil secara sesi dengan the Michael Schenker Group (MSG) yang dikelola Cooksey pada waktu itu. Dia dengan cepat dilantik sebagai anggota tetap setelah mereka menjadi penampil utama Reading Festival di musim panas tahun itu. Pada tahun 1984, sementara menjadi penampil utama serangkaian festival Rock in Japan, yang menyandingkan Whitesnake, Scorpions dan Bon Jovi pada pertunjukan yang sama, Nye didekati oleh David Coverdale dan diminta untuk pindah dan tampil dengan Whitesnake, setelah kepergian keyboardist Jon Lord. Namun dia menolak ketika mengetahui bahwa dia akan diminta untuk tampil di luar panggung. Setelah periode kekacauan dalam MSG, Schenker akhirnya membubarkan grup tersebut di akhir tahun itu.

Nye, yang sebelumnya menandatangani kontrak penerbitan dengan perusahaan manajemen The Who, Trinifold, bergabung dengan gitaris bass The Who John Entwistle pada proyek bernama The Rock, dengan Barriemore Barlow (Jethro Tull) pada drum, kemudian digantikan oleh Zak Starkey (The Who, Oasis).

Pada 1986, Nye mulai menulis dan merekam bersama Leo Lyons (Ten Years After) sebagai The Kick, menghasilkan rilisan album Heartland. 



Pada saat yang sama, ia telah memulai kemitraan menulis yang sukses dengan John Payne, mengerjakan lagu untuk proyek ELO Bagian II mendatang, Payne dipilih untuk menggantikan Jeff Lynne sebagai vokalis. Tapi Payne meninggalkan proyek sebelum rekaman dimulai dan dia dan Nye melanjutkan untuk membentuk Passion sebagai kendaraan untuk lagu-lagu mereka, mendaftarkan drummer Clive Burr (Iron Maiden), gitaris bass Mel Gabbitas dan mantan gitaris Mike Oldfield, Ant Glynne. Payne diminta untuk bergabung dengan Asia pada tahun 1991, sementara Nye telah menulis dan memproduksi materi untuk Colin Blunstone dari the Zombies, sebuah gerakan yang menghasilkan banyak lagu duo itu yang kemudian direkam oleh Asia di berbagai album.

Nye menulis, tampil dan rekaman dengan bakat muda yang muncul After Hours sebelum kembali ke posisi aslinya dari musisi sewaan dan berkeliling dunia dengan Toyah Willcox, Putri Stephanie dari Monaco dan berbagai artis lainnya.

Pada tahun 1995, ia mendirikan agensi musik internasionalnya sendiri, menjadi agen Inggris Wishbone Ash di tahun 2000, sebuah posisi yang dipegangnya hingga saat ini. Pada tahun 1997, ia membentuk PLATINUM, pertunjukan penghormatan ABBA yang sepenuhnya live, yang kemudian melanjutkan tur ke seluruh dunia untuk mendapatkan pengakuan kritis dan memantapkan diri sebagai salah satu grup penghormatan teratas di dunia, dengan Nye melakukan peran Benny Andersson.

Pada tahun 2009, Voiceprint merilis album materi tersisa Nye/Payne berjudul The Passion.

Pada tahun 2015, kontribusi Nye sebagai agen untuk menjaga Wishbone Ash sebagai entitas yang berkinerja baik setelah lebih dari empat puluh tahun diakui oleh anggota pendiri Andy Powell dalam otobiografinya Eyes Wide Open.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...