Laman

Rabu, 04 Juli 2018

TOP TOPHAM


Dilahirkan dengan nama Anthony Topham pada 3 Juli 1947, Southall, Middlesex adalah seorang musisi dan artis Inggris. Ia dikenal sebagai gitaris blues dan juga sebagai gitaris utama The Yardbirds. Topham meninggalkan band sebelum mereka mencapai popularitas mainstream dan digantikan oleh Eric Clapton, yang pertama dari tiga gitaris utama dari Yardbirds untuk mendapatkan reputasi internasional (dua lainnya adalah Jeff Beck dan Jimmy Page).


Selain dari karir musiknya, Topham juga bekerja sebagai desainer interior dan pelukis.

Pada bulan Mei 1963, Topham dan temannya di sekolah menengah, Chris Dreja, mengunjungi Railway Hotel di Norbiton. Hiburan hotel menampilkan musik jazz tradisional di lounge lantai atas, dan memungkinkan musisi pemula untuk bermain selama istirahat. Di sana, ia dan Dreja bertemu penyanyi dan pemain harmonika Keith Relf, bassis Paul Samwell-Smith, dan drummer Jim McCarty dan memutuskan untuk membentuk The Yardbirds, dengan Topham sebagai gitaris utama. Dua minggu kemudian mereka memainkan pertunjukan pertama mereka di Eel Pie Island, mendukung Cyril Davies All-Stars. Dua bulan setelah pembentukan Yardbirds, Giorgio Gomelsky menawari mereka residensi di Crawdaddy Club dan menjadi manajer mereka. Ketika Yardbirds berubah menjadi profesional, Topham menghadapi ketidaksetujuan orang tua ditambah dengan kegelisahan meninggalkan studi seninya. Dia tidak bisa mengabdikan dirinya di Yardbirds sepenuh waktu dan dia pergi. Penggantinya adalah seorang mahasiswa seni dari sekolah menengah yang sama, Eric Clapton. 



Topham mengenang, "Saya baru berusia 15 tahun, tiga atau empat tahun lebih muda dari yang lain, dan tidak ada cara orang tua saya membiarkan saya pergi lima atau enam malam seminggu untuk bermain musik, meskipun saya sudah membawa pulang dua kali lipat apa yang diperoleh Ayahku, aku akan pergi ke Epsom Art School dan mereka ingin aku menganggapnya serius. Eric Clapton adalah orang yang jelas untuk menggantikanku. Kemudian aku tidak menyesal pergi karena mereka pindah dari musik blues yang saya minati. Bahkan jika saya tetap bersama mereka untuk menjadi profesional, saya pikir saya akan pergi nanti karena alasan yang sama dengan kepergian Eric."

Dia melanjutkan ke Art College di mana dia membentuk band dengan temannya Duster Bennett. Dia bergabung dengan Winston G dan the Wicked (kemudian berganti nama menjadi The Fox), bermain bersama Marc Bolan.

Setelah pertunjukan terakhir dengan Winston G di Roundhouse London, Topham menghidupkan kembali hubungannya dengan Bennett, merekam album live bersamanya. Hal ini menyebabkan pengenalan kepada Mike Vernon dan label Blue Horizon- nya. Topham menjadi musisi sesi untuk Blue Horizon, bermain dengan Peter Green dan Christine McVie.

Topham merekam sebuah album solo untuk Blue Horizon, Ascension Heights. Ketika Bennett sedang tur bersama John Mayall pada tahun 1970, Topham jatuh sakit parah dan harus meninggalkan industri musik lagi.

Setelah pemulihannya dua tahun kemudian, ia memasuki bisnis seni rupa, tetapi kesempatan bertemu dengan Jim McCarty membawa Topham untuk kembali ke blues pada tahun 1988. Band Topham-McCarty dibentuk dan bermain selama dua tahun hingga Topham memutuskan pada bulan Juli 1990 untuk mendalami country blues. Dia bermain sesi pada gitar 12-string untuk lagu "Broken Waltz Time" di album Bill Morrissey, Night Train (Philo Records). Kemudian, Topham dan Jim McCarty bekerja sama lagi untuk menyumbangkan lagu Drifting untuk album ganda Rattlesnake Guitar: The Music of Peter Green.

Pada tahun 2000-an, Topham menjadi tamu dengan edisi terbaru Yardbirds di bawah kepemimpinan bersama McCarty dan Dreja, dan tampil bersama John Idan dalam konser sporadisnya sendiri. Dia juga bermain bersama pianis boogie-woogie terkemuka, Bob Hall. Dia secara resmi menjadi anggota Yardbirds lagi pada tahun 2013, menggantikan Dreja, yang terpaksa meninggalkan band karena alasan medis. Pada bulan Mei 2015, Topham keluar dari Yardbirds dan digantikan oleh Earl Slick.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...