Laman

Selasa, 03 Juli 2018

MARK HART


Dilahirkan pada 2 Juli 1953 di Fort Scott, Kansas, adalah seorang musisi dan multi-instrumentalis Amerika yang terkenal karena menjadi anggota dari Supertramp (1986-1988, 1996-2002, 2015-sekarang) dan Crowded House (1993–1996, 2007 – sekarang). Serta menjadi anggota kelompok, musisi tur dan sesi, Hart telah menyusun musik film dan merupakan produser rekaman.


Hart dibesarkan di Fort Scott, Kansas. Dia memiliki kakak laki-laki, Kelly, dan seorang kakak perempuan, Millicent. Dari usia tujuh tahun, Hart menerima pelajaran piano dan diikuti dengan belajar gitar beberapa tahun kemudian. Hart belajar musik klasik di kampus, dan kemudian bekerja sebagai musisi sesi penuh waktu dengan beragam artis. Pada tahun 1982 ia membentuk Combonation yang mengeluarkan album debutnya pada 1984 di Warner Bros. Records - diproduksi oleh Ted Templeman (Van Halen). Hart mengisi vokal, gitar dan keyboard - anggota lainnya adalah Steve Dudas pada gitar, Randy Foote pada perkusi dan vocal latar, Rick Moors pada gitar bass dan Billy Thomas pada drum dan vocal latar.

Hart memulai hubungannya dengan band rock Inggris Supertramp pada tahun 1986, awalnya sebagai musisi studio dan tur. Dia menyediakan gitar, keyboard, vokal utama dan latar untuk album mereka, Free as a Bird, yang dikeluarkan pada Oktober 1987. 



Hart juga berbagi manajer yang sama dengan pop-rocker Crowded House, yang menyarankan dia mengisi untuk keyboardist mereka Eddie Rayner dengan sesi kerja untuk band setelah mereka mengalami kesulitan bekerja sama. Pada tahun 1991, Hart berkontribusi pada Woodface sebagai musisi sesi, kemudian bergabung dengan band sebagai anggota tur ketika Tim Finn pergi. Pada tahun 1993 Hart dikreditkan sebagai anggota penuh untuk Together Alone. Dia tinggal dengan band setelah drummer pendiri Paul Hester pergi, dan terlihat bersama dengan pendiri kelompok Neil Finn dan Nick Seymour dalam foto-foto dari sampul untuk Recurring Dream, album greatest hits terbesar tahun 1996. Hart bermain dengan band selama konser perpisahan mereka di tangga dari Opera House Sydney pada bulan November 1996, yang dikenal sebagai Farewell to the World.

Pada tahun 1993, Hart berkontribusi pada album debut, Hang Out Your Poetry, oleh Ceremony (lihat Chaz Bono), menyediakan gitar listrik, harmonium, Mellotron, organ, organ Hammond, piano, vocal latar, Wurlitzer dan ikut menyusun lagu. Juga pada tahun itu Tim Finn mengeluarkan album solonya, Before & After, dengan Hart dan mantan pasangan band Combonation Dudas yang memberikan instrumentasi, Hart juga memproduseri dua lagu bersama Finn. 



Setelah pembubaran pertama dari Crowded House, Hart menyatakan bahwa dia pikir band ini memiliki lebih banyak di dalamnya. Dia kemudian bergabung dengan Neil Finn di panggung untuk beberapa konser solo Finn yang mendukung debut album solonya Try Whistling This pada tahun 1998. Setelah ini, Hart bergabung kembali dengan Supertramp dan menghasilkan lebih banyak karya untuk Tim Finn. Pada tahun 2002, Hart merilis album solo debutnya Nada Sonata. Hart telah membuta music film Life Among the Cannibals (1996) dan Mockingbird Don't Sing (2001) yang disutradarai oleh Harry Bromley Davenport.

Pada Januari 2007, Neil Finn mengumumkan reformasi Crowded House dengan Hart, Nick Seymour, dan drummer baru, Matt Sherrod (mantan Beck). Mereka merilis album baru, Time on Earth, dan memulai tur dunia selama setahun. Album ini awalnya dimaksudkan untuk menjadi album solo ketiga milik Finn, tetapi dikonversi ke album Crowded House di akhir sesi. Akibatnya, Hart berkontribusi hanya pada empat lagu ke album baru. Baik dia dan Sherrod berkontribusi penuh untuk album berikutnya, Intriguer, yang dirilis pada Juni 2010 dan keduanya berada di suplemen DVD untuk album itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...