Laman

Rabu, 25 Juli 2018

GYPIE MAYO


Dilahirkan dengan nama John Phillip Cawthra pada 24 Juli 1951 di Hammersmith, London, Inggris adalah gitaris dan penulis lagu Inggris, bermain di Dr Feelgood dari 1977 hingga 1981, dan dari 1996 hingga 2004 di Yardbirds yang dibentuk kembali bersama Alan Glen.


Pada usia dini, dia mendengarkan musik klasik yang dimainkan ayahnya saat di rumah. Kemudian, dia mendengar "Apache" oleh The Shadows dan menikmati rekaman itu. Namun, ketika Mayo melihat grup itu di televisi dengan Fender Stratocaster mereka, dia menjadi bergairah.

“ Saya langsung terpikat. Saya membeli semua rekaman mereka dll. Saat berusia 10-11. Kemudian The Beatles muncul dan keseluruhan musik berubah. Pada sekitar waktu ini saya memperoleh sebuah akustik buatan Rusia yang murah (1964) dan belajar sendiri lagu-lagu Beatles/Stones dll. Saya memilih gitar karena saya selalu terpesona dengan suara-nya + terlihat sejak menjadi seorang penggemar Shadows. “

Gypie Mayo, Mei 1997

Setelah dikeluarkan dari sekolah, Cawthra mulai menggunakan nama pertunjukan Mayo dan bekerja di sebuah toko percetakan sebelum bergabung dengan band blues White Mule pada tahun 1969. Band ini tetap bersama selama sekitar satu tahun dan bermain di seluruh Britania Raya, bersama dengan pertunjukan di Swiss dan Prancis. Mereka merilis sebuah single di MCA Records yang diproduksi oleh Mike Leander. Setelah White Mule, Mayo bermain di berbagai formasi rock selama awal hingga pertengahan 1970-an termasuk Halcyon, 747 dan Alias. Dia juga merupakan bagian dari band tradisional Irlandia yang bernama Concrete Mick di mana dia memainkan mandolin sebelum menjadi pengganti Wilko Johnson di Dr Feelgood. 


Mayo relatif tidak dikenal hingga awal 1977 ketika ia menggantikan Wilko Johnson di Dr. Feelgood, meskipun Henry McCullough untuk sementara waktu menggantikannya ketika Johnson pergi. Ia dikenal sebagai John Mayo sampai, setelah menderita beberapa penyakit ringan, Lee Brilleaux dari Dr. Feelgood mengatakan "you’ve always got the gyp" dan nama panggilan itu melekat.

Mayo bermain dengan Dr. Feelgood selama empat tahun dan enam album (Bee Seeing You, Private Practice, As It Happens, Let It Roll, A Case of the Shakes dan On the Job). Ia ikut menulis single Top 10 Inggris satu-satunya milik Dr. Feelgood "Milk and Alcohol" bersama Nick Lowe, dan bermain di empat dari lima single Dr. Feelgood lainnya telah muncul di UK Singles Chart ("She's A Wind Up" , "Down at the Doctors", "As Long As The Price is Right" dan "Put Him Out of Your Mind"); satu-satunya single Feelgood yang masuk chart tanpa dia adalah "Sneakin' Suspicion".

Karya gitar Mayo ditampilkan di album 2003 milik Yardbirds, Birdland. 


Dia tinggal di Bath, Somerset, di mana dia bermain di beberapa band, mengajar gitar, dan membuat penampilan tamu di album seperti Tough Talk milik Pete Gage.

Pada 23 Oktober 2013, diumumkan bahwa Mayo telah meninggal pada usia 62 tahun. Berita kematian Mayo menyebar, ketika mantan gitaris Feelgood Wilko Johnson memposting pesan di halaman Facebook-nya yang menyatakan: "Sangat sedih mendengar Gypie Mayo meninggal pagi ini ..RIP Gypie."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...