Laman

Senin, 09 Juli 2018

JOHN PURDELL


Dilahirkan pada 8 Juli 1959 di San Diego, California, AS adalah seorang musisi dan salah satu produser rekaman papan atas musik rock yang memiliki kredit pada album-album seperti No More Tears milik Ozzy Osbourne (1991), dan Awake milik Dream Theater (1994).


Dia tumbuh di Los Angeles. Ayahnya John Purdell (senior) (Inggris) dan ibu Arrie Purdell (Amerika) keduanya adalah kapten di Salvation Army. Dia lulus dari Verdugo Hills High School di Tujunga, California pada tahun 1977. 



Disamping menjadi produser dari sejumloah album yang diakui dari beberapa artis seperti Ozzy Osbourne, Abandon Shame, Poison, L.A. Guns, Dream Theater, Kix, Alice Cooper, Cinderella, Tangier, Heart, Ted Nugent dan Demolition Pit, dia melakukan tur selama bertahun-tahun sebagai seorang pemain kibord dan penyanyi untuk para artis seperti Rick Springfield, Quiet Riot, Lou Gramm Band, Cinderella dan Foreigner. Purdell, yang membagi waktunya antara studio dan jalanan pada saat kematiannya, memproduseri album terlaris milik Ozzy Osbourne No More Tears (1991), dimana John ikut menulis lagu yang menjadi judul album, dan juga menulis lirik untuk tiga lagu di album Ozzmosis milik Osbourne. 



Pada 1997, Purdell mendirikan perusahaan produksi Three Wishes Inc dengan eksekutif penyiaran Bill Flowers dan superstar Korea Honey. Ketiganya bekerja sama dan memproduksi beberapa band rock terkenal. Purdell dan Flowers juga membentuk label rekaman independen Jackal Records di Los Angeles bersama dengan eksekutif Capitol Records terkenal Frenchy Gautier, yang bertanggungjawab untuk para artis seperti David Bowie dan Jimmy McKeever, seorang penata master di Bernie Grundman Mastering Studio di Hollywood. McKeever membuat master untuk Michael Jackson. Rilisan pertama dari label Jackal adalah Hindsight milik John Purdell. Lagu pertama yang dirilis di album pertama milik Purdell adalah “Better Way to Die”, yang berhasil mencapai puncak tangga lagu kontemporer dewasa. 



Saat melakukan tur dengan penyanyi utama Foreigner Lou Gramm, Purdell dilarikan ke sebuah rumah sakit sebelum sebuah pertunjukan di Quebec City, Canada. Dia didiagnosa dengan kanker prostat beberapa bulan sebelumnya dan diterbangkan pulang ke Las Vegas untuk perawatan dua kali seminggu, tapi kanker tersebut sudah mengganas, menyebar ke seluruh badannya. Purdell meninggal dua hari setelah ulang tahunnya yang ke 44 (10 Juli 2003). Istrinya Eun Joo Purdell, ayahnya John Purdell, Sr, rekan bisnis Bill Flowers dan teman Chris Burroughs berada disisinya saat dia meninggal di Quebec City. Abunya disebarkan di Niagara Falls, dimana dia berencana melakukan liburan setelah tur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...