Laman

Senin, 16 Juli 2018

CHRIS WYSE


Dilahirkan pada 15 Juli 1969 di Queens, New York adalah seorang bassis dan vokalis Amerika, yang dikenal karena penampilannya antara lain bersama Ace Frehley, The Cult, Ozzy Osbourne, Mick Jagger, Tal Bachman dan Jerry Cantrell. Wyse telah bermain dengan The Cult dari 2006 hingga 2015, dan merupakan vokalis dan bassis untuk Owl, sebuah band yang ia dirikan pada 2007. Owl, yang telah digambarkan sebagai "pendekatan struktur rock abadi melalui sejumlah eksperimen dan instrumental yang sehat" merilis debut mereka pada tahun 2009, diikuti oleh album The Right Thing pada April 2013. Video musik pertama dari album, judul lagu The Right Thing, ditayangkan di situs web milik Rolling Stone pada Maret 2013. Owl merilis album ketiga mereka, Things You Can't See, di musim panas 2015.


Wyse adalah seorang Irlandia Amerika generasi pertama. Dia mengenal musik Kiss, The Doors, dan Led Zeppelin di sekolah dasar, dan diilhami oleh Steve Harris dari Iron Maiden untuk bermain bass. Tampil dengan band-band lokal di New York, kemampuan Wyse dan pendekatan inovatif untuk bass dengan cepat mendapatkan pengakuan, dan pada usia 17 tahun, ia diprofilkan di Guitar Player Magazine. Pada usia 20 tahun, ia ditampilkan di Guitar For the Practicing Musician.

Pada tahun 1990, didorong oleh keberhasilan dari sebuah sesi studio dengan musisi yang terkait dengan Steve Vai Wyse pindah ke Los Angeles, dimana ia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain dengan band. Setelah tampil dengan para artis meliputi Chris Pitman dari Guns N' Roses dan Paul D'Amour dari Tool, Wyse diperkenalkan kepada produser terkenal Bob Rock, dan menjadi bassis ‘go-to’ untuk Rock, bermain dengan artis-artis yang diproduksi oleh Rock termasuk Tal Bachman, serta terus bermain dengan artis lain, termasuk Scott Weiland. 



Pada tahun 2001, Wyse bermain di album milik the Cult yang diterima dengan baik, Beyond Good and Evil, yang diproduksi oleh Rock. Pada tahun 2006, ia menjadi pemain bass penuh waktu the Cult, tur di seluruh dunia dan rekaman dua album tambahan.

Pada tahun 2003, Bob Rock, yang saat itu memproduksi Metallica, mendesak Wyse untuk mengikuti audisi untuk band. Dia adalah salah satu dari beberapa bassis yang dipilih untuk bermain dengan Metallica selama proses audisi, yang didokumentasikan dalam film Some Kind of Monster.

Pada tahun 2004, Wyse direkrut untuk band Ozzy Osbourne oleh drummer Mike Bordin setelah mereka bertemu saat bermain sebagai bagian dari band solo milik Jerry Cantrell. Dia bermain di album Under Cover milik Ozzy, yang dimasukkan dalam box set milik Osbourne, Prince of Darkness. Wyse juga bermain di band cover milik Jerry Cantrell Cardboard Vampyres. Selain itu, Wyse tampil dan rekaman dengan band milik Bob Rock, the Payola$. 



Pada 2007, Wyse mendirikan inkarnasi saat ini dari Owl, sebuah band rock alternatif. Di Owl, Wyse bertindak sebagai penyanyi, penulis lagu, dan produser, di samping memainkan gitar bass dan bass tegak, kadang-kadang menciptakan efek seperti Hendrix pada bass tegak dengan menggunakan busur. Wyse membentuk Owl dengan teman masa kecilnya, drummer Dan Dinsmore, dan gitaris asal LA Jason Achilles Mezilis.

Wyse mengerjakan rekaman Owl ketiga, Things You Can't See, pada tahun 2014. Selain itu, ia bermain gitar bass di album Ace Frehley, Space Invader. Ia melakukan tur bersama Frehley setelah rilis Space Invader. Things You Can't See dirilis pada tahun 2015, seperti Origins Vol 1 milik Frehley. Wyse memainkan bass pada rekaman itu, yang menampilkan Paul Stanley pada vokal untuk lagu Fire and Water. 



Wyse meninggalkan the Cult pada tahun 2015, dan terus tur dan rekaman dengan Frehley. Pada Januari 2018 ia memainkan "New York Groove" bersama Frehley sebelum Bridgestone NHL Winter Classic antara New York Rangers dan Buffalo Sabers di Citi Field. Lagu ini menjadi pokok di acara olahraga New York; lagu ini dimainkan ketika New York Giants mencetak angka dan ketika New York Mets menang.

Wyse bergabung dengan Hollywood Vampires pada 2018. Sebuah supergrup yang menampilkan Joe Perry, Alice Cooper, dan Johnny Depp, Wyse memulai tur dunia dengan band pada bulan Mei.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...