Laman

Sabtu, 07 Juli 2018

TOMMY EYRE


Dilahirkan pada 5 Juli 1949 adalah kibordis sesi dari Sheffield, Inggris, yang muncul dalam rekaman oleh Joe Cocker, John Martyn, Gary Moore, Michael Schenker, Alex Harvey, Greg Lake, B.B. King, John Mayall, Ian Gillan, Gerry Rafferty, Tracy Chapman, dan Wham!. Dia mungkin paling terkenal untuk bermain dengan pemuncak tangga lagu Inggris milik Joe Cocker "With a Little Help from My Friends", di mana ia mengaransemen pengenalan organ khas, dan "Baker Street" dan "Right Down the Line" milik Gerry Rafferty.


Eyre memulai pelajaran piano pada usia empat tahun dan mulai bermain gitar ketika dia masih remaja. Pada tahun 1968 ia bergabung dengan Grease Band milik Joe Cocker di mana ia memainkan organ pada With a Little Help from My Friends. Pada tahun yang sama, Eyre pindah ke London untuk bekerja dengan The Aynsley Dunbar Retaliation dan kemudian dengan band rock milik Dunbar berikutnya bernama Blue Whale. Setelah beberapa waktu dengan band Juicy Lucy, Eyre bergabung dengan duo Mark-Almond dan bermain di dua album mereka. Setelah itu, pada tahun 1972, Eyre dan bassis Roger Sutton melanjutkan proyek mereka sendiri Strabismus yang telah mereka mulai pada tahun 1969, dan yang sekarang bernama Riff Raff. Dengan Riff Raff Eyre merekam tiga album, salah satunya tidak dirilis sampai tahun 2001. 



Bersama dengan penyanyi Alan Marshall dari Riff Raff, Eyre bergabung dengan band ZZebra pada tahun 1974 untuk album pertama mereka, menggantikan keyboardist dan penyanyi Gus Yeadon. Eyre bermain di beberapa lagu tetapi tidak dikreditkan di album. Dengan Zzebra ia merekam album kedua pada tahun 1975. Pada bulan Agustus 1977, Eyre menjadi anggota Sensational Alex Harvey Band , dengan siapa ia tinggal hingga 1979. Setelah itu, Eyre merekam album dengan John Martyn dan melakukan tur promosi bersamanya pada tahun 1980. Pada bulan Juni 1981, ia bergabung dengan Greg Lake untuk proyek solonya, dan pada tahun 1982 menjadi anggota band studio dan band tur milik Gary Moore. 



Salah satu asosiasi Eyre terpanjang dan paling sukses adalah dengan duo Wham!, untuk siapa dia menjadi direktur musik. Karya-karyanya dengan Wham! termasuk album yang sukses Make it Big pada tahun 1984 dengan single "Wake Me Up Before You Go-Go", "Freedom", "Everything She Wants", dan album solo milik Michael Careless Whisper. Tur dunia besar-besaran termasuk Cina pada bulan April 1985, yang menghasilkan banyak liputan media karena itu adalah kunjungan pertama ke China oleh undang-undang musik populer Barat. 


Eyre, yang telah melakukan kerja studio untuk banyak seniman sebelumnya, mulai bekerja secara dominan sebagai musisi sesi dari akhir 1980-an. Pekerjaan studionya termasuk rekaman dengan Ian Gillan, BBM, dan beberapa rekaman dengan Gary Moore pada tahun 1982 dan sepanjang tahun sembilan puluhan. Musisi lain untuk siapa Eyre telah berkontribusi dalam kerja sesi adalah Gerry Rafferty. Albumnya di tahun 1978 City to City menampilkan hit Baker Street milik Rafferty di mana Eyre memainkan synthesizer dan keyboard. Lagu "Whatever's Written in Your Heart" direkam dengan Eyre memainkan piano dan Rafferty bernyanyi di sampingnya. 



Selama 1990-an, Eyre merekam beberapa album dengan istrinya, pemain biola Amerika Scarlet Rivera, banyak dari mereka dipengaruhi oleh musik tradisional Irlandia atau Skotlandia. Kemudian di tahun sembilan puluhan ia juga menghasilkan beberapa album solo dengan musik piano instrumental.

Eyre menjalani sebagian besar hidupnya di Inggris hingga pertengahan 1980-an dengan istri pertamanya, Lorraine Eyre. Mereka bercerai pada 1988 tetapi tetap dekat sampai kematiannya. Dari akhir 1980-an dia tinggal di AS dengan istrinya, seorang pemain biola Scarlet Rivera. Dia meninggal karena kanker esofagus di Los Angeles pada 23 Mei 2001, saat berusia 51 tahun.

Adik laki-lakinya adalah gitaris sesi Simon Eyre, yang telah bekerja dengan seniman seperti Paul Weller, the Lighthouse Familiy, Robert Palmer, Sister Sledge, dan Randy Crawford.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...