Laman

Sabtu, 14 Juli 2018

PATRICK CAMPBELL-LYONS


Dilahirkan pada 13 Juli 1943 di Lismore, County Waterford, Irlandia adalah seorang komposer dan musisi yang merupakan pendiri dari band symphonic-rock yang dikultuskan, Nirvana, terbentuk di London pada tahun 1967.


Campbell-Lyons adalah bagian dari kancah musik West London dari awal 1960-an bermain di beberapa band. Dia adalah vokalis dan anggota pendiri dari band R&B yang populer secara lokal Second Thoughts yang formasinya termasuk produser rekaman masa depan Chris Thomas, pendiri/drummer Thunderclap Newman Speedy Keen dan dua anggota masa depan band prog-rock Jade Warrior (Jon Field dan Tony Duhig). Second Thoughts berpisah pada akhir 1965 dan setelah setahun tinggal di Swedia, Campbell-Lyons kembali ke London pada akhir 1966. 



Pada awal 1967 ia membentuk Nirvana dengan musisi Yunani Alex Spyropoulos. Duo ini (ditambah di studio dan langsung dengan deretan musisi sesi yang mulai terkenal) menciptakan serangkaian album barok yang diakui secara kritis sebelum bubar di awal tahun 1970-an.

Campbell-Lyons kemudian mengejar karir di bisnis musik sebagai eksekutif dan produser A&R - sambil terus sesekali merekam album solo termasuk Me & My Friend, The Electric Plough dan The Hero I Might Have Been. 



Album solo pertama Campbell-Lyons, Me & My Friend diterbitkan kembali dalam CD pada tahun 2001 di Inggris oleh Market Square Records bersama dengan lagu bonus dari salah satu album milik Nirvana, Songs of Love and Praise.

Pada awal Juli 2008, Patrick mulai menulis buku, Psychedelic Days, tentang kehidupan dan waktunya di London tahun 1960-an dan seterusnya.

Patrick mengingat, "Saya mengingat dengan sangat terperinci "hari-hari psikedelik" itu selama empat puluh tahun sebelumnya ketika saya menavigasi perjalanan saya dalam perjalanan musik, kebebasan, petualangan, dan penemuan diri. Masa lalu tidak memiliki jarak dan saya menjalaninya lagi. Getaran dan rasa ritme dan blues, Ealing Club yang legendaris, Island Records, Chris Blackwell Nirvana di Tin Pan Alley, Rolling Stones, Jimi Hendrix, Guy Stevens, Mickie Most, Paris bersama Salvador DalĂ­, Rio de Janeiro bersama Jimmy Cliff, The Star Club di Hamburg, Stockholm, Belgia, Tangier dan “kejadian-kejadian.” Ketika saya berhenti menulis empat bulan kemudian saya memiliki sebuah buku. Saya telah berada di sana dan hidup untuk menceritakan kisah itu. Hari ini begitu banyak tahun pada orang-orang berfantasi dan bertanya-tanya tentang hari-hari gila dan sering bertanya padaku "Seperti apa ‘era enam puluhan’ itu? Pasti saat-saat yang gila! Aku berharap aku ada di sana." 



Pada tahun 2017, Patrick merilis sebuah album baru di label Market Square Records berjudul You're a Cloud, I’m a Comet yang dirilis di atas vinyl LP 180-gram dengan CD yang disertakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...