Laman

Senin, 23 Juli 2018

RICK DAVIES



Dilahirkan dengan nama Richard Davies pada 22 Juli 1944 adalah seorang musisi, penyanyi dan penulis lagu Inggris yang dikenal sebagai pendiri, vokalis, dan keyboardist dari band Supertramp. Dia adalah satu-satunya anggota asli dari band yang masih aktif dengan mereka, dan telah menyusun di antara beberapa lagu-lagu mereka yang paling terkenal, termasuk "Rudy", "Bloody Well Right", "Ain't Nobody But Me","Another Man's Woman","Downstream","From Now On","Gone Hollywood","Goodbye Stranger"," ust Another Nervous Wreck","Cannonball","Better Days","Brother Where You Bound" , dan "I'm Beggin' You". Dia umumnya terkenal karena solo piano blues ritmis dan komposisi rock progresif jazz dan lirik sinis.


Dimulai dengan Indelibly Stamped pada tahun 1971, Davies berbagi vokal utama dengan mitra penulisan lagu Supertramp, Roger Hodgson hingga kepergiannya yang terakhir pada tahun 1983, pada titik mana ia menjadi satu-satunya vokalis grup. Suara Davies lebih dalam dari Hodgson, dan dia biasanya menggunakan bariton serak yang sangat kontras dengan tenor rekan bandnya. Namun, ia kadang-kadang bernyanyi dalam falsetto yang secara dangkal menyerupai vokal Hodgson, seperti pada "Goodbye Stranger" dan "My Kind of Lady". Dia juga memainkan harmonika untuk grup.

Richard Davies lahir di Swindon, Wiltshire pada 1944 dari pasangan Betty dan Dick Davies. Betty adalah seorang penata rambut dan mengelola sebuah salon, dan Dick adalah seorang pedagnag angkatan laut, yang meninggal pada tahun 1973. Rick pergi ke Sanford Street School dan, menurut ibu Betty: "Musik adalah satu-satunya hal yang ia kuasai di sekolah."

Pengenalan musik pertamanya adalah pada usia delapan tahun, ketika orang tuanya memberinya radiogram bekas yang berisi beberapa rekaman yang ditinggalkan oleh pemilik sebelumnya. Di antara mereka adalah Drummin' Man oleh drumer legenda Gene Krupa, dan, dalam kata-kata Davies sendiri, “it hit like a thunderbolt”. "Saya harus memainkannya 2.000 kali," katanya. "Itu dia." Seorang teman keluarga membuatkan Rick perangkat drum darurat dari kaleng biskuit, dan pada usia 12 tahun ia bergabung dengan British Railways Staff Association Brass and Silver Jubilee Band sebagai drummer snare. Dalam sebuah wawancara pada tahun 2002 ia mengatakan: "Sebagai seorang anak, saya sering mendengar drum berbaris di sepanjang jalan di Inggris, di kota asal saya, ketika ada semacam parade, dan itu adalah suara paling fantastis bagi saya." Kemudian, akhirnya, saya mendapat beberapa drum dan saya mengambil pelajaran, saya serius tentang itu ... Saya pikir jika saya bisa melakukan itu - maksud saya seorang drummer sejati, membaca musik dan bermain dengan band-band besar, band rock, klasik, Latin, dan tahu apa yang akan saya lakukan - saya akan diminati dan hidup saya ditetapkan ... Akhirnya, saya mulai mengutak-atik keyboard, dan itu sepertinya lebih baik daripada drum saya, untuk beberapa alasan. Jadi Anda harus mengikuti dengan reaksi orang." Dia tidak pernah memiliki pelajaran untuk keyboard, tetapi, menurut Betty Davies, "belajar sendiri sebagian besar dari apa yang dia ketahui tentang musik".

Pada 1959, perhatiannya telah ditangkap oleh rock 'n' roll, dan dia bergabung dengan band bernama Vince and the Vigilantes. Pada tahun 1962, ketika belajar di departemen seni di Swindon College, ia membentuk band sendiri, yang diberi nama Rick's Blues, dan sekarang memainkan piano listrik Hohner bukan drum. Band ini menampilkan Gilbert O'Sullivan pada drum untuk sementara waktu; dia kemudian adalah pria pendamping di pernikahan Davies. Dalam wawancara Maret 1972, O'Sullivan mengatakan, "Rick pada awalnya mengajariku cara memainkan drum dan piano - faktanya, dia mengajariku segala sesuatu tentang musik." Ketika ayahnya jatuh sakit, Davies membubarkan Rick's Blues, meninggalkan perguruan tinggi, dan mengambil pekerjaan sebagai tukang las di Square D, sebuah perusahaan yang membuat produk dan sistem kontrol industri, yang memiliki pabrik di Cheney Manor Trading Estate di Swindon. Harapan apapun dari suatu karir artistik untuk sementara dilupakan.

Pada tahun 1966 ia menjadi organis untuk The Lonely Ones (paling dikenal sebagai salah satu band pertama Noel Redding, meskipun Redding telah pergi pada saat Davies bergabung), yang kemudian mengubah nama mereka menjadi The Joint dan merekam soundtrack untuk beberapa film Jerman. Dia kemudian mengaku bahwa dia berbohong tentang kemampuannya untuk masuk ke grup, mengakui dia tidak bisa benar-benar memainkan organ pada saat itu. Ketika band berada di Munich, Davies bertemu dengan seorang jutawan Belanda, Stanley August Miesegaes, yang menawarkan untuk mendanainya jika dia memulai grup baru. 


Davies memutuskan untuk membentuk band baru, dan kembali ke rumah dari Swiss untuk memasang iklan di majalah musik Melody Maker pada bulan Agustus 1969. Roger Hodgson mengikuti audisi dan, meskipun latar belakang mereka yang kontras - pendidikan kelas pekerja milik Davies dan pendidikan sekolah swasta milik Hodgson - mereka membangun sebuah hubungan instan dan mulai menulis hampir semua lagu mereka bersama. Band ini awalnya bernama Daddy, tetapi diganti namanya menjadi Supertramp pada Januari 1970.

Supertramp menjadi salah satu band pertama yang dikontrak di cabang dari A&M Records Inggris, dan pada musim panas tahun 1970 mereka telah merekam album pertama mereka, yang diberi judul Supertramp. Hodgson melakukan bagian terbesar dari vokal utama pada upaya pertama ini, tetapi pada saat album kedua Indelibly Stamped, Davies telah meningkat sebagai seorang penyanyi, dan dia dan Hodgson berbagi tugas vokal yang sama.

Setelah lima tahun dengan Davies dan Hodgson sebagai andalan dari kelompok yang terus berubah, Supertramp menempati jajaran yang stabil dan merekam Crime of the Century, yang akhirnya membawa mereka kesuksesan kritis dan komersial ketika dirilis pada tahun 1974. Ini mencapai nomor empat di tangga Album UK. Meskipun single mereka hanya sukses secara menengah, album mereka secara konsisten mencetak angka tinggi di tangga lagu. Hubungan Davies dengan Hodgson mulai memburuk, dan keduanya mulai menulis sebagian besar lagu mereka secara terpisah lagi, meskipun mereka setuju untuk semua lagu dikreditkan ke Davies/Hodgson dengan kontrak. Di antara lagu-lagu yang dikreditkan ke Davies/Hodgson tetapi sebenarnya ditulis sendiri oleh Davies adalah hits "Bloody Well Right" dan "Goodbye Stranger".

Kelompok ini pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1977, dan di sanalah mereka merekam album terlaris mereka, Breakfast in America. Dengan single hit lebih banyak dari lima album pertama mereka jika digabungkan, album ini mencapai nomor tiga di Inggris, dan puncak tangga lagu di Amerika. Album ini diperhitungkan telah terjual lebih dari 20 juta kopi sejak dirilis pada 29 Maret 1979.

Hodgson pergi dari Supertramp pada tahun 1983. Hubungan Davies dengan dia telah memburuk, dan hit terakhir kelompok sebelum kepergiannya, "My Kind of Lady", menampilkan sedikit keterlibatan dari Hodgson baik sebagai penulis atau pemain. Lagu itu adalah sebuah karya untuk rentang vokal Davies, dengan dia bernyanyi dalam segala hal mulai dari dentuman bass hingga falsetto yang menusuk hingga baritone seraknya yang alami. Dengan Davies sekarang memegang kendali, Supertramp kembali ke pendekatan yang lebih non-komersial, progresif berorientasi rock. Mereka tetap berhasil mencetak hit lagi dengan "Cannonball". Band ini terus melakukan tur dan rekaman selama lima tahun sebelum bubar, dengan kesepakatan bersama antara anggota yang dijalankan Supertramp pada jalurnya.

Pada tahun 1997, selama bekerja pada apa yang akan menjadi album solo pertamanya, Davies memutuskan untuk mereformasi Supertramp. Grup segera kembali ke rekaman dan tur, yang menghasilkan dua album studio lain sebelum mereka berpisah lagi. Supertramp bersatu kembali pada tahun 2010 untuk tur 70-10 mereka.

Davies menikahi Sue (yang telah menjadi manajer Supertramp sejak 1984) pada tahun 1977.

Ibu Davies meninggal pada akhir 2008 di sebuah panti jompo di Stratton St Margaret; Davies melakukan perjalanan dari Long Island, New York, pulang setiap Natal untuk mengunjunginya. Perjalanan terakhirnya adalah pada Januari 2009 untuk menyelenggarakan pesta peringatan untuk ibunya.

Davies saat ini memiliki Rick Davies Productions yang merupakan pemegang hak cipta rekaman Supertramp.

Davies didiagnosis dengan multiple myeloma dan membatalkan tur band pada 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...