Laman

Rabu, 04 Juli 2018

LAURA BRANIGAN


Dilahirkan dengan nama Laura Ann Branigan pada 3 Juli 1952 di desa Brewster, New York adalah seorang penyanyi, penulis lagu, dan aktris Amerika.


Branigan adalah anak keempat dari lima anak Kathleen O'Hare Branigan (1921–2006) dan James Branigan, Sr (1914–1984), seorang akun eksekutif akun dan broker reksa dana; mereka kemudian berpisah. Kakek-kakek dari pihak ibu Branigan adalah William O'Hare, Jr. (putra William John O'Hare dan Agnes B. O'Connor) dan Mary Conway (putri Francis J. Conway dan Mary Teresa McGuiness); semuanya dari Irlandia.

Branigan bersekolah di Byram Hills High School pada tahun 1966 hingga 1970, membintangi musikal sekolah tinggi The Pajama Game di tahun terakhirnya. Antara 1970 dan 1972 ia menghadiri American Academy of Dramatic Arts di New York City, dan bekerja sebagai pelayan. Pada tahun 1972 ia bertemu gitaris akustik Walker Daniels dan calon istrinya, Sharon Storm, dan gitaris akustik Chris Van Cleave, membentuk band folk-rock Meadow (disebut sebagai tempat yang baik untuk band band Paul McCartney Wings bermain). Pada tahun 1973 grup, dengan pemain bas Bob Valdez, merilis album debut mereka The Friend Ship, menampilkan single-single When You Were Young, dan Cane and Able, yang menampilkan baris kuta "Throw away your cane and you are able". Rekaman tidak dipromosikan dengan baik dan tidak pernah dirilis ulang. Band ini bubar, setelah itu Walker Daniels bunuh diri. Branigan lebih suka tidak mendiskusikan keterlibatannya dengan Meadow secara terbuka.

Selama bertahun-tahun setelah Meadow bubar, Branigan memiliki berbagai pekerjaan, termasuk tugas sebagai salah satu penyanyi latar dari Leonard Cohen untuk turnya di Eropa pada bulan April – Agustus 1976.

Pada Desember 1978 setelah bertemu dengannya di sebuah pesta di Manhattan, New York pada awal tahun, Branigan menikahi Larry Ross Kruteck (1936–1996), seorang pengacara beberapa tahun lebih tua darinya, yang meninggal karena kanker usus besar pada 15 Juni 1996.

Pada tahun 1979 , setelah pertemuan dengan manajer Sid Bernstein ketika kembali dari Eropa, Branigan dikontrak oleh Ahmet Ertegun ke Atlantic Records. Kekuatan dan jangkauan suaranya benar-benar menghambat karirnya selama beberapa tahun sementara label itu melewati proses mengkategorikannya sebagai seorang penyanyi pop, dan singel 1981 "Looking Out for Number One", dari albumnya yang belum pernah dirilis Silver Dreams, membuat penampilan singkat di dance chart AS, mencapai No. 60. Dua single awal Atlantik lainnya, "Tell Him" dan "Fool's Affair", mengikutinya. Tak satu pun dari ketiga single ini (atau B-side, "When") dimasukkan dalam album pertamanya, tetapi keempat lagu itu akhirnya dirilis pada CD lebih dari 30 tahun kemudian pada tahun 2014 sebagai potongan bonus pada rilisan ulang album milik Branigan di AS. (Potongan bonus lainnya termasuk versi single 12” dari "Gloria" dan "Looking Out For Number One", serta lagu yang belum pernah dirilis sebelumnya yang dimaksudkan sebagai B-side.) Namun pada saat itu para penggemar musik lelah dengan disko dan menginginkan suara baru. 



Album debut 9 lagu milik Branigan, Branigan, dirilis pada Maret 1982. Single pertama dari album itu adalah "All Night with Me", yang mencapai No. 69 di tangga lagu Billboard pada awal tahun 1982. Album ini berganti-ganti empat lagu tempo energik dengan lima balada, termasuk salah satu dari beberapa lagu yang ditulis sendiri oleh Branigan, "I Wiah We Could Be Alone". "Gloria", lagu cinta Italia yang direkam pada 1979 oleh Umberto Tozzi dan sukses di beberapa negara Eropa, dirilis sebagai single kedua album tersebut. Versi Branigan dikerjakan ulang dengan arranger Tozzi sendiri, Greg Mathieson, yang memperbarui produksinya dengan sesama produser Jack White untuk memberikan apa yang disebut Branigan sebagai "an American kick" untuk mencocokkan lirik bahasa Inggris yang baru. Stasiun radio AS awalnya tidak mau menerima "Gloria"; kombinasi lagu suara Amerika dan Eropa mendahului "invasi Inggris" dari musik populer beberapa bulan mendatang, tetapi setelah dimainkan oleh klub-klub dansa akhirnya memenangkannya, menjadi salah satu hits terbesar tahun 1980-an. Album ini menjadi emas, dan single itu akhirnya mendapatkan platinum (penjualan lebih dari dua juta kopi AS).

Penampilan Branigan dari "Gloria" dinominasikan untuk Grammy Award untuk Best Female Pop Vocal Performance bersama Linda Ronstadt, Olivia Newton-John, Juice Newton, dan pemenang tahun itu, Melissa Manchester, menjadi satu-satunya nominasi solonya. Tahun berikutnya, ia menerima nominasi kedua sebagai salah satu dari berbagai artis di album soundtrack asli Flashdance ketika dinominasikan untuk album tahun ini. Album ini juga memenangkan Grammy Best Soundtrack, tetapi karena penghargaan ini diberikan hanya kepada komposer, Branigan tidak dinominasikan.

Pada musim semi 1983 Branigan merilis album keduanya, Branigan 2. Saat ini, suara synthpop Eropa yang dramatis sedang meningkat, dan vokal Branigan mendorong versi bahasa Inggrisnya dari lagu Prancis Solitaire ke puncak tangga lagu AS. "Solitaire" asli ditulis dan direkam pada tahun 1981 oleh penyanyi-penulis lagu Prancis, Martine Clemenceau. Selain memantapkan tempat dalam sejarah pop dan memastikan dia bukan keajaiban satu lagu, dua hit besar dari album kedua memulai karir untuk dua yang tidak diketahui saat itu, yang menjadi legenda industri: Terjemahan bahasa Inggris "Solitaire" adalah hit besar pertama untuk penulis lagu Diane Warren, sementara album hit single kedua, balada "How Am I Supposed to Live Without You" adalah hit besar pertama untuk co-writer, Michael Bolton. Versi Branigan mencapai No. 12 pada hot 100 dan menghabiskan tiga minggu di No. 1 di chart adult contemporary Billboard.

Selama puncak karirnya, Branigan juga membuat penampilan akting, pertama pada tahun 1981 di An American Girl di Berlin untuk televisi Jerman Barat, dan kemudian setelah keberhasilan "Gloria", penampilan tamu di serial televisi Amerika seperti CHIP ("Fox Trap" , season 6, episode 16, di mana dia bermain sebagai Sarah, vokalis dari band rock wanita Cadillac Foxes), Automan dan Knight Rider. Dia kemudian mengerjakan film independen termasuk Mugsy's Girls (alias Delta Pi, 1985) dengan pemenang Academy Awards Ruth Gordon, dan film Australia Backstage. Dia bernyanyi di televisi nasional besar dan kampanye radio untuk produk termasuk Dr Pepper, Coca-Cola dan Chrysler, yang mensponsori tur "Hold Me" -nya 1985–1986.

Tahun 1984 adalah puncak era synthpop Eropa, dan "Self Control", judul lagu yang menjadi judul album ketiga Branigan, dirilis pada April 1984 menjadi hit terbesarnya secara internasional, menduduki tangga lagu di lebih dari enam negara, terutama Jerman Barat, di mana menghabiskan enam minggu di No. 1. Versi asli. direkam beberapa bulan sebelumnya pada tahun 1984 oleh salah satu rekan penulis lagu Raffaele Riefoli dengan nama "Raf" berada di nomor 2 Jerman Barat selama periode ini; di luar asal Raf Italia, versi Branigan menikmati kesuksesan lebih, mencapai Nomor 4 di AS. Lagu ini ditampilkan pada episode # 8 dari musim pertama dari serial TV Miami Vice berjudul "The Great McCarthy", yang disiarkan pada 16 November 1984.

Lagu pop, disko, dan dewasa kontemporer lainnya dari album Self Control milik Branigan termasuk "The Lucky One" (yang memenangkannya sebuah hadiah Festival Musik Tokyo), balada kontinental "Ti Amo" (hit Umberto Tozzi lainnya, dan hit No. 2 di Australia untuk Branigan) dan dansa hit "Satisfaction". Album ini juga menampilkan versi bersahaja dari "Will You Still Love Me Tomorrow" milik Carole King; sebagai tandingan untuk semua produksi dansa, itu adalah versi hanya piano. (Dalam konser dan penampilan televisi sepanjang kariernya, Branigan menemani dirinya di piano untuk lagu tersebut.) 



Pelatih vokal Branigan adalah Carlo Menotti, dan dia bekerja dengan Steve Lukather (Toto), Dann Huff (Giant) dan Michael Landau; keyboardis Greg Mathieson, Harold Faltermeyer, Michael Boddicker dan Robbie Buchanan ; bassis Nathan East dan Dennis Belfield (Rufus); drumer Carlos Vega dan Doane Perry (Jethro Tull); perkusionis Paulinho Da Costa dan Lenny Castro; dan vokalis tamu termasuk Joe "Bean" Esposito dan vokalis latar termasuk The Waters Sisters (Maxine dan Julia), James Ingram, dan Richard Page dan Stephen George (Mr. Mister). Seiring pertumbuhannya, dia menarik produser pemenang Grammy termasuk Phil Ramone, Richard Perry, dan David Kershenbaum. Dia melakukan duet dengan John Farnham serta artis pop Latin Luis Miguel.

Pada tahun 1984, pertunjukan langsung Branigan direkam dua kali, untuk seri konser radio sindikasi dan video konser. Branigan juga dinominasikan untuk penghargaan di American Music Awards tahun 1985 untuk artis video pop/rock wanita favorit, dimenangkan oleh Cyndi Lauper. Juga pada tahun 1985 Branigan membawakan lagu tema utama untuk serial televisi Wives Hollywood, berdasarkan novel karya Jackie Collins.

Pada saat album keempat Branigan Hold Me dirilis pada bulan Juli 1985, "Self Control" adalah sukses di seluruh dunia. Lagu-lagu hits itu berlanjut dengan "Spanish Eddie", yang merupakan hit keenamnya di Billboard top 40 AS dalam dua setengah tahun. Rilisan single berikutnya "Hold Me" adalah hit dance top-40 AS, dan pengenalan Branigan tentang ballad rock "I Found Someone" (ditulis bersama oleh Michael Bolton, hit berikut untuk Cher) mencetak skor lebih tinggi pada tangga lagu dewasa kontemporer. Namun, tidak ada lagu yang didukung oleh video musik dan terhenti di bagian bawah chart hot 100. Pada 13 Juni 1985, Branigan membuat penampilan keempatnya di acara musik TV legendaris, American Bandstand, menampilkan "Spanish Eddie" dan "Hold Me". Pada 4 Juli 1985, ia tampil di Point State Park di Pittsburgh, Pennsylvania.

Album kelima Branigan Touch (dirilis 7 Juli 1987) menandai perubahan dalam karirnya. Di bawah manajemen baru dan menggunakan produser yang berbeda, Branigan mengambil peran yang lebih aktif dalam pekerjaannya dan di studio, melihat dia kembali ke lantai dansa dengan lagu yang diproduksi Stock-Aitken-Waterman "Shattered Glass" yang ditulis oleh Bob Mitchell dan Steve Coe, dari band Monsoon. "Shattered Glass" dibawakan oleh Branigan pada episode terakhir American Bandstand (diselenggarakan oleh Dick Clark ) untuk disiarkan di ABC (acara akan berlangsung selama dua tahun lagi, pertama di pemutaran pertama sindikasi itu dan akhirnya di USA Network ) pada 5 September 1987, menjadi bintang tamu terakhir mereka. Album ini juga menampilkan kembali ke Billboard top-40 dengan cover "Power of Love" milik Jennifer Rush, yang merupakan salah satu dari 20 single terlaris di AS selama musim Natal. Single ketiga album "Cry Wolf ", hit top-30 AC, tidak mendapat perhatian stasiun radio pop dan terhenti; balada ini direkam dua tahun kemudian oleh Stevie Nicks, dan kemudian oleh penulis Jude Johnstone.

Album keenam Branigan, Laura Branigan (21 Maret 1990), membawanya kembali ke tangga lagu Hi-NRG dan klub gay dengan "Moonlight On Water", dan dia mencetak hit top-30 kontemporer dewasa dengan "Never in a Million Years." Branigan menambahkan produksi ke daftar kreditnya dengan cover-nya dari era disko milik Vicki Sue Robinson "Turn the Beat Around" dan atmosfer "Let Me In," cover dari lagu Eddie Money. Album ini juga menampilkan “Unison," yang merupakan judul lagu untuk debut CD Inggris Céline Dion di tahun yang sama. Lagu penutup album, cover dari Bryan Adams "The Best Was Yet to Come," diproduksi dan diaransemen oleh Branigan. The 1990-1991 Laura Branigan Tour, yang dimulai dengan penampilan di The Tonight Show Starring Johnny Carson pada 13 Juli 1990 diikuti oleh pertunjukan di Trump Regency Showroom di Atlantic City, NJ pada 14 Juli, dan difilmkan untuk acara televisi AS sindikasi SRO in Concert, yang dirilis dalam bentuk kaset video dan laser; pada 15 Juli 1990 dia tampil di Warwick Musical Theatre di Rhode Island.

Pada album studio ketujuh dan terakhir Branigan, Over My Heart (17 Agustus 1993), penyanyi itu kembali memproduksi (dengan Phil Ramone ), dan menulis dan mengaransemen. Ini termasuk "Didn’t We Almost Win It All" (oleh Branigan dan Brian BecVar ) (dirilis sebagai single pertama), sebuah cover dari lagu Cher "Hard Enough Getting Over You" (dirilis sebagai single kedua), sebuah cover dari single Patty Loveless "How Can I Help You Say Goodbye", sebuah cover dari lagu Roxette "The Sweet Hello, the Sad Goodbye", dan "Is There Anybody Here But Me?" (Pessis, Wells), lagu bertempo sedang yang halus.

Setelah tahun 1990, kesuksesan tangga lagu Branigan mendingin di AS, meskipun ia masih diminati di seluruh dunia dan pergi ke beberapa tur global. Pada tahun 1994, tidak lama setelah merilis Over My Heart, Larry Kruteck, suami Branigan (m. 1978), didiagnosis menderita kanker usus besar. Branigan menolak untuk menerima ramalan medis, dan meninggalkan industri musik untuk mencurahkan perhatiannya kepadanya. Branigan memberi Kruteck perawatan herbal, dan akhirnya merawatnya secara penuh. Krutech bertahan selama dua setengah tahun dan meninggal pada 15 Juni 1996 di New York.

Branigan memiliki koleksi hit resmi terbesar yang dirilis di Amerika Selatan, Jepang, Jerman, Afrika Selatan, dan Amerika Serikat; koleksi AS dirilis pada tahun 1995. 13 lagu The Best of Branigan termasuk dua cover yang baru direkam: "Show Me Heaven" (ditulis oleh Maria McKee ) dan hit Donna Summer "Dim All the Lights," yang dirilis Branigan di beberapa remix.

Pada 15 Agustus 1995, Branigan menjadi tamu di acara TV Talking Food, yang dipandu oleh Robin Leach dan disiarkan oleh Food Network, dan dia mempromosikan album dan menyanyikan hit Donna Summer sebelum menyiapkan hidangan pasta Summer Delight-nya di acara itu.

Pada Februari 1996, dia terpilih untuk menjadi bagian dari juri internasional di Festival XXXVII Internacional de la Canción de Viña del Mar, di Chili. Selain tugasnya sebagai anggota juri kompetisi musik internasional ini, Branigan tampil pada hari Jumat tanggal 16 di panggung utama untuk penonton yang dengan antusias menyanyikan lagu-lagu terbaiknya.

Pada awal tahun 2001, kembalinya Branigan ke panggung ditunda, ketika dia mengalami patah kedua tulang pahanya dalam jatuh 10 kaki dari tangga sementara dia menggantung wisteria di luar rumah tepi danau tiga kamar tidurnya di Westchester County, New York, yang mengakibatkan dia di terapi fisik selama enam bulan. Pada tahun 2002, ia tampil dua kali sebagai Janis Joplin “bernyanyi” dalam musikal off-Broadway Love, Janis, sebelum keluar dari pertunjukan. "Saya meninggalkan Janis karena para produsen gagal mengajukan pada Equity dengan benar," katanya kepada Sunday News di Lancaster, Pennsylvania. "Aku agak lega. Suaraku tidak seperti Janis Joplin, dan ada 19 lagu dalam pertunjukan itu."

Juga pada tahun 2002, koleksi hit resmi AS keduanya, The Essentials, dirilis, termasuk hit yang sudah lama tidak dicetak "I Found Someone."

Branigan meninggal dalam tidurnya di penginapannya di East Quogue, New York, pada 26 Agustus 2004. Penyebabnya disebabkan oleh aneurisma otak ventrikel yang tidak terdiagnosis sebelumnya. Dilaporkan di media bahwa dia telah mengalami sakit kepala selama beberapa minggu sebelum kematiannya, tetapi tidak mencari perawatan medis.

Abunya disebarkan di Long Island Sound.

Branigan dengan penuh kasih merujuk pada penggemarnya berkali-kali sebagai "other half." Pada ulang tahun pertama kematiannya pada tahun 2005, banyak penggemar menghadiri pekan pertama "Branigan Spirit Of Love Memorial Gathering", yang disponsori oleh Other Half Entertainment dan LauraBraniganOnline.com dan diadakan di dekat rumah Long Island tempat ia terakhir tinggal, merawat ibunya. Pertemuan itu kemudian menjadi tradisi tahunan.

Other Half Entertainment, perusahaan manajemen Branigan pada saat kematiannya, terus mengawasi warisan karirnya melalui situs web resminya di www.LauraBraniganOnline.com, dan halaman MySpace dan Facebook resmi dengan mengambil bagian dalam berbagai peluang media, serta melalui hubungan dengan Warner Music Group dan entitas industri hiburan lainnya, berfungsi sebagai suara resmi untuk kepentingan warisan dan menjaga visi artistik dan standarnya di jantung operasinya.

Sejak 2006, perusahaan manajemen Branigan bekerja secara teratur dengan entitas Warner Music Group dalam produksi dan merilis berbagai kompilasi hits terhebat. Platinum Collection adalah kompilasi 18 lagu termasuk semua lagu utama serta lagu seperti "Silent Partners", Satisfaction," "All Night With Me," dan "If You Loved Me," yang merupakan empat tambahan yang relatif baru untuk kompilasi hits Branigan. 



Pada tahun 2007, album 1995 The Best of Branigan dirilis ulang, sebagai bagian dari seri CD Rhino "Greatest Hits" tahun 2007. Pada tahun 2009, Rhino/WEA resmi merilis ulang tiga album Branigan yang sudah tidak dicetak: Touch, Laura Branigan, dan Over My Heart. Pada bulan Juni 2010, Shine On: The Ultimate Collection dirilis, yang, untuk pertama kalinya, memasukkan format PAL DVD yang menampilkan video musik resmi Atlantic untuk 10 lagu Branigan, selain CD 18-lagu termasuk "Forever Young", yang kembali ke kompilasi hits terbesar. CD ini berisi suntingan single dari sebagian besar lagu.

Di Byram Hills High School di Armonk, New York, Laura Branigan Memorial Scholarship diberikan setiap tahun kepada senior untuk keunggulan dalam seni pertunjukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...