Laman

Jumat, 27 Juli 2018

MARK CLARKE



Dilahirkan pada 25 Juli 1950 di Liverpool adalah seorang musisi, pemain bas dan penyanyi Inggris, yang pindah pada pertengahan tahun 70-an ke New York.



Setelah melihat The Beatles dan banyak band lain di Liverpool saat masih muda pada usia 12 tahun, ia memutuskan untuk menjadi pemain bas. Pada tahun 1966 Mark Clarke bermain dengan Kegmen, pada tahun 1968 dengan Lokomotive dan akhir 1968 dengan St. James Infirmary. Liverpool Echo memaanggilnya dalam sebuah artikel "The Joe Cocker of Liverpool". 


Setelah setahun pertunjukan lokal ia pindah ke London, di mana ia diperkenalkan ke Clem Clempson, yang bermain pada waktu itu di Colosseum. Setelah beberapa waktu Mark diminta oleh Jon Hiseman untuk bergabung dengan Colosseum pada musim panas tahun 1970 dan dia bermain di band hingga dibubarkan pada akhir 1971, dan lagi sejak 1994 setelah reuni band. Setelah Colosseum bubar, ia sempat berada di sekitar pergantian tahun 1971/1972 menjadi seorang anggota dari Uriah Heep, tampil (dan menulis bersama) di satu lagu studio, "The Wizard", di album 1972 Demons dan Wizards. Pada awal 1973 ia menjadi anggota Jon Hiseman's Tempest dan bermain bass di dua album studio Tempest dengan Allan Holdsworth, Ollie Halsall dan Paul Williams, dan album live yang dikeluarkan kemudian. Dia juga bermain bass di album solo Ken Hensley. 



Pada tahun 1975 ia membentuk Natural Gas dengan Joey Molland, Jerry Shirley dan Peter Wood. Dia juga bermain di Mountain, Ritchie Blackmore's Rainbow, dan pada tahun 1980 mulai bekerja dengan Billy Squier dan merekam Don't Say No, The Stroke, In the Dark dan banyak album lain dengannya. Pada tahun 1986 dia melakukan tur bersama The Monkees, dan hingga saat ini masih bekerja dengan Davy Jones. Clarke juga bekerja dengan Mountain, Ian Hunter dan Torque, merekam album dengan mereka semua.

Dengan Colosseum dia bermain lagi dari reuni pada tahun 1994 hingga konser perpisahan di BSE di London pada 28 Februari 2015.

Pada tahun 2010 Mark Clarke merilis album solo pertamanya Moving to the Moon, yang diproduksi bersama oleh Ray DeTone, yang juga memainkan semua gitar dalam rekaman. 


Pada 2017 Mark Clarke menjadi anggota band trio baru yang diberi nama JCM. Anggota band lainnya adalah drummer Jon Hiseman dan gitaris Clem Clempson. Band ini merekam album "Heroes" akhir tahun 2017 dan dirilis pada April 2018. JCM memulai tur Eropa pada 7 April 2018 tetapi tur berakhir setelah pertunjukan pada 22 April di Bonn karena penyakit Jon Hiseman. Sisa jadwal dari dari tur dibatalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...