Laman

Rabu, 28 Juni 2017

VIRUS




Dilahirkan pada 27 Juni 1969 di Rochester, New York dengan nama Andre Michel Karkos adalah seorang penyanyi/penulis lagu, gitaris, produser, yang paling dikenal untuk bermain gitar utama untuk band industrial metal/rock Amerika, Dope. Dia juga dikenal untuk hasil kerjanya dengan band metal Device.

Tumbuh di Rochester, New York, Karkos mulai memainkan violin pada usia 9 tahun, tapi mulai belajar sendiri untuk memainkan gitar saat dia mengenal heavy metal pada usia 13 tahun. Saat dia berusia 17 tahun, Karkos keluar dari masa awalnya di SMA untuk mengajar gitar di House of Guitars dan siap untuk bermain di klub seputaran wilayah New York dengan band alternatifnya One, dimana adiknya Daniel Karkos juga menjadi anggota.

Suatu ketika melakukan tur seputaran klub Northeast di awal 1990an dan kemudian pindah ke New York City. Virus mulai memfokuskan pada karir penulisan lagu/produksi dan pekerjaan rekaman sesinya. Selama waktu ini, dia melakukan tur secara luas dengan artis-artis yang menulis lagu dengannya dan memproduksi beberapa rekaman independen untuk band-band local, termasuk album self-title One di Sole Records pada 1997. Dia juga muncul di dua album kompilasi di akhir 1990an. Making A Scene berisi sebuah rekaman live oleh band pada 1998 di tempat terkenal New York Arlene’s Grocery, dan album The Musician’s Choice Vol. 1 dirilis oleh BMG pada 1999 menampilkan Motley Crue dan Sponge.

Pada tahun 2000, Virus memenangkan audisi bass untuk band asal Brooklyn Dope selama penulisan album kedua mereka. Saat Tripp Eisen dipecat dari grup dan bergabung dengan band industrial metal Static-X, Virus menggantikannya pada gitar utama, Acey Slade beralih posisi pada gitar ritem, sementara Sloane Jentry (yang tetap berteman dengan band) bergabung kembali pada saat ini pada bass. Pada drum, Preston Nash juga digantikan oleh Racci Shay.


Dope merilis album kedua mereka Life pada 2001 melalui Flip Records/Epic Records. Dua single dari Life; “Now Or Never”, dimana Virus ikut menulis, dan “Slipping Away” masing-masing mencapai #28 dan #29 di tangga Mainstream Rock. Albumnya sendiri mencapai #11 di tangga Billboard dan #1 di Top Heatseekers, dimana hingga titik itu adalah pencapaian tertinggi milik band.

Kecewa dengan kurangnya promosi dari label untuk album ini, band meninggalkan Flip/Epic dan bergabung dengan Artemis Records, sementara juga terlihat kepergian dari Acey Slade pada 2002. Virus mulai berkontribusi penulisan lagu secara signifikan untuk pendiri dan penyanyi utama dari band Edsel Dope untuk album studio ketiga mereka Group Therapy, yang dirilis pada 2003 oleh Artemis Records. Album ini inovatif dan juga menampilkan sebuah video untuk tiap lagu; berarti secara keseluruhan yang membeli album ini menerima 13 lagu audio dan video. Satu lagu dari album itu, “Today Is the Day”, diperlakukan sebagai lagu tema resmi untuk acara bayar-per-tayang milik WWE No Mercy pada Oktober 2003. Lagu-lagu “Falling Away”, “Bitch”, “Motivation”, “Burn”, dan “So Low” ditampilkan di video game; MTX Mototrax, keduanya dalam versi penuh dan instrumental. Dalam upaya untuk memotong biaya dan membuka pasar di pasar terbesar mereka, Dope pindah ke Chicago, Illinois. Di seputaran waktu inilah bahwa Virus mulai mengembangkan penulisan lagunya untuk konsumen besar, dengan sebuah perusahaan yang dia mulai dengan Edsel bernama Evonix, dengan menulis music untuk raksasa industri seperti Activision, Disney, MTV/VH-1, dan ESPN diluar dari studio rekamannya.

Selama waktu saat album keempat mereka American Apathy sedang ditulis, direkam dan dirilis, Virus dan Edsel mulai mengerjakan beberapa proyek sampingan rock. Pada 2005, Virus menulis, menampilkan, menata rekaman, memproduksi, memperdagangkan, dan merilis Black-N-Blues Vol. 1, sebuah kolaborasi bernada gelap, akustik antara Virus dan adiknya dan frontman Bully Daniel. Video music dari album ini, “The Sale”, menampilkan Jerry Gaskill dari King’s X, dan Hector Graziani dari 40 Below Summer. Tahun itu juga, Virus dan Edsel bergabung dengan Makeshift Romeo, yang aslinya dibentuk oleh vokalis Derrick “Tripp” Tribbett, juga dikenal sebagai Sinister dari acara relaita Daisy of Love milik VH-1, dan bassis Derek DeSantis. Band merilis EP self-title 9 lagu mereka pada 13 Juli 2006.

Pada 2005, Dope merilis album American Apathy, yang ikut ditulis oleh Virus dan menerima kredit untuk produksi vocal. Walau dirilis delapan tahun setelah band dibentuk, empat album dibuat dan dirilis melalui sebuah label independen, American Apathy tampil dengan baik di tangga album, melakukan debut di #1 di tangga Billboard Heatseekers juga #1 di Billboard Independen Album chart; ini adalah tempat tertinggi milik band hingga kini.

Setelah dua tahun melakukan tur, Dope kembali ke Chicago dan mulai menulis tindak lanjut dari American Apathy. Kemudian tahun itu, Guitar Hero III: Legends of Rock menyertakan sebuah lagu oleh Dope berjudul “Nothing for Me Here” di daftar bonus dan disebutkan bahwa lagu itu aka nada di album mendatang milik band.

Setelah Dope teken kontrak dengan Koch Records pada 2008 untuk album kelima milik band, Virus pindah ke New Hope, PA. Kini ada di East Coast lagi, dia bisa mengerjakan bidang music lainnya di kota asalnya, New York City. Menggunakan nama, Andre Virus Karkos, dia memenangkan posisi Guitar 2 untuk musical BNroadway Spider-Man: Turn Off the Dark, dimana semua musiknya ditulis oleh U2. Sebuah saat membanggakan untuk Virus, sejak dia diaudisi untuk The Edge via video dan harus mendapatkan persetujuannya. Saat Reeve Carney mendapatkan peran Peter Parker, sebuah persetujuan dibuat agar band milik Reeve dipekerjakan sebagai musisi kunci untuk pertunjukan itu, yang membuat Virus digantikan oleh Zane Carney (kakak Reeve) untuk posisi dari Guitar 2. Untuk mengisi kekosongan antara pertunjukan, Virus mulai mengajar gitar, bass, dan komposisi lagu di Paul Green School of Rock Fort Washington, dan juga meminta pekerjaan rekaman lagi. Setelah membangun kembali studionya di kediaman barunya, klien pertamanya adalah Prong. Virus diminta untuk mengerjakan remix dari lagu “Looking for Them” untuk “Power of the Damn Mixxxer”, bagian remix dari album rilisan 2007 milik Prong, Power of the Damager. CD itu dirilis pada 12 Mei 2009 melalui 13th Planet Records.

No Regret, yang ikut ditulis dan diproduseri oleh Virus, dirilis pada 10 Maret 2009. Bersamaan dengan perilisannya, Dope bergabung dengan tur Black Label Bash dengan Black Label Society dan Sevendust untuk mempromosikan album dari 7 Maret-7 Mei 2009. Video pertama dari rekaman yang menampilkan sebuah pemunculan tamu oleh Zakk Wylde (Ozzy Osbourne, Black Label Society), yang mengisi permainan gitar khasnya untuk lagu “Addiction.” Meneruskan hasratnya untuk mengajar, Virus memberikan sebuah tur dan pengajaran untuk murid School of Rock selama tur Black Label Bash tentang hari-hari selama tur: memasukkan alat ke dalam gedung pertunjukan, menyiapkan panggung, merawat peralatan, dan bahkan membiarkan anak-anak memainkan gitar miliknya dan Zakk Wylde.

Menjelang musim panas, perilisan single kedua mereka “Rebell Yell” dilakukan sementara Dope bergabung dengan Mudvayne, Black Label Society, Static-X, Suicide Silence, dan Bury Your Dead untuk Pedal to The Metal Tour. Juga selama tur ini, band E1 Records Dirge Within merilis Force Led Lies, album debut mereka pada 9/1/2009, yang berisi sebuah solo gitar tamu dari Virus pada lagu “Complacency”.

Mencari pekerjaan yang lebih banyak pada 2010, Virus diminta untuk memainkan gitar oleh teman lama dan rekan sebandnya Tripp, yang kina memainkan pertunjukan sebagai Sinister (Daisy of Love dari VH-1). Pada Juni, Virus diminta untuk bermain dengan finalis American Idol dan nominator Tony Award vokalis Rock of Ages Constantine Maroulis untuk menampilkan pertunjukan berjudul, “A Night at the Rock Show” di wilayah NY, NJ, PA. Menjadi gitaris utama untuk Constantine pada akhirnya membawa Virus sendiri tampil di acara terkenal musical Broadway Rock of Ages, memainkan pertunjukan dari Juli 2010 hingga saat ini di kapal pesiar yang dikendalikan kapten.

Pada 13 Januari 2011, band techno/industrial Lords of Acid mengumumkan Virus akan bergabung dengan band. Dia membuat debutnya di Sonic Angel Tour 2011. Virus juga melakukan tur dengan Lisa Bouchelle, seorang penyanyi/penulis lagu yang menjadi pendukung utama untuk Ted Nugent di Summer of 2011-nya, “I Still Believe Tour”.

Setelah mendengarkan gitar yang dimainkan Virus untuk album dari artis country Bradley Gaskin, John Rich meminta Virus ikut audisi untuk memainkan beberapa pertunjukan dengan Big & Rich. Dia mendapatkan posisi itu dan membuat debutnya di festival bergengsi Country Thunder di Phoenix, AZ pada 13 April 2012. Virus juga melakukan tur secara bersamaan di musim gugur; pertama bermain dengan Scum of the Earth di minggu pembukaan September, dan kemudian bergabung dengan Lords of Acid untuk menyelesaikan tur hingga November.

Dari 8 November hingga 15 Desember, Virus melakukan tur dengan band asal New York, Eve to Adam, yang membukan tur Halestorm pada 2012 dengan In This Moment sebagai pendukung utama.

Pada 10 Januari 2013, diumumkan bahwa Virus adalah seorang anggota tur dari Device, sebuah band industrial yang menampilkan David Draiman dari Disturbed, dan Will Hunt dari Evanescence.

Virus sering mengatakan betapa George Lynch adalah pengaruh permainan gitar utamanya, juga Eddie Van Halen, Warren DeMartini dan The Edge. Dia juga menyebut Neal Schon dan Gary Richrath sebagai sangat penting dalam pengembangan gitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...