Laman

Sabtu, 17 Juni 2017

IAN MOSLEY




Dilahirkan pada 16 Juni 1953 di Paddington, London, Inggris. Modern Drummer menggambarkannya sebagai seorang "drumming great".

Mosley mempelajari perkusi di Guildhall School of Music and Drama dibawah guru Gilbert Webster dan, saat berusia 18 tahun, bermain di orkestra untuk musikal Hair. Band profesional pertamanya adalah Daryl Way’s Wolf. Mosley bermain drum untuk mantan gitaris Genesis Steve Hackett, di dua album solo dan tur milik Hackett. Dia bermain untuk Curved Air dan Gordon Giltrap. Dia juga bermain di album rilisan 1975, Birds oleh band asal Belanda, Trace.

Mosley bergabung dengan Marillion pada 1984 setelah pencarian lama untuk pengganti untuk drumer dan anggota pendiri Mick Pointer, yang meninggalkan band secera tiba-tiba pada 1983. Dia adalah drumer kelima yang bermain untuk Marillion dan pilihan dari frontman Fish untuk peran itu, yang tidak bahagia dengan para drumer sebelumnya dari band. Kritikus musik John Franck menyatakan “spot-on drumming was the perfect foil for Marillion’s meticulous musicianship” milik Mosley. Dia masih menjadi anggota Marillion hingga saat ini.


Pada 2001, Mosley bergabung dengan saksofonis Ben Castle, putra dari penghibur Roya Castle, dan mereka merekam sebuah album bertema jazz bersama, Postmankind. Album ini juga menampilkan penampilan tamu oleh John Etheridge, Steve Hackett dan para anggota Marillion Steve Rothery dan Pete Trewavas.

Mosley bermain di album rekan band Marillion Pete Trevawas dan Eric Blackwood dari Children, In The Last Waking Moments..., bermain drum di lagu epik berdurasi 16 menit “The Awakening”.

Keterampilan permain drum milik Mosley dipuji oleh Steve Hackett, yang menggambarkan dirinya sebagai “a phenomenal drummer” dan phenomenally fast”. Dia juga mengatakan bahwa keekonomisan milik Moslye pada drum adalah “every bit the equal” dengan Phil Collins, mantan rekan band Genesis dari Hackett.

Mosley disebut sebagai sebuah pengaruh oleh Tomas Haake, drumer dari band extreme metal Swedia Meshuggah.

Mosley mengatakan bahwa dia menikmati “playing arrangements kind of in classical format, which is in movements” tapi, meskipun memiliki keanggotaan dari beberapa band progressive rock selama perjalanan karirnya, dia tidak percaya dengan pelabelan musik dan menjauhkan dirinya dari “progressive label” yang “involves lyrics that quote dancing gnomes, Stonehenge dan fairytales, etc.”

Mosley mengakui hal itu hingga dan termasuk album 1991 milik Marillion, Holidays in Eden, suara permainan drumnya “very eighties” dan menampilkan “big reverb”, tapi dia lebih suka untuk merekam drum secara alami dan dia memberi kredit Dave Meegan, yang memproduseri Brave pada 1994 dan beberapa album susulannya, dengan perubahan suara dari drumnya ke suara yang lebih alami yang bertahan sejak saat itu.

Mosley menyatakan bahwa didukung untuk menggunakan drum loop untuk memulai “atmosphere” dan “initial vide” dari sebuah lagu, dia tidak menggunakan loop di keseluruhan sebuah lagu karena “it would be boring if it would all be programmed” dan “it would be like being caged, I like to be able to play”.

Permainan drum milik Mosley adalah subyek sebuah buku, A guide to the unique drumming style of Ian Mosley - Marillion’s Heartbeat, ditulis oleh drumer dan penggemar Marillion, Mark Pardy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...