Laman

Jumat, 09 Juni 2017

JENS KIDMAN




Dilahirkan dengan nama Jens Roland Kidman pada 8 Juni 1966 di Umea, Swedia, adalah seorang vokalis metal Swedia. Dia dikenal sebagai vokalis utama untuk band Meshuggah. Dia terkenal untuk teriakan dan jeritannya yang sangat agresif dan untuk aksi panggungnya yang unik.


Kidman awalnya menerima gitar listrik pertamanya melalui orangtuanya, dalam keadaan jelek yang sebelumnya dimiliki oleh kakak dari teman Kidman. Kidman mempelajari cara memainkan gitar akustik saat di sekolah.


Kidman dan gitaris Meshuggah Fredrik Thordendal sudah berteman untuk waktu yang lama, karena baik dia dan Kidman tinggal di blok yang sama selama masa muda mereka dan keduanya bermain bersama di band ‘garage’.

Kidman adalah anggota dari inkarnasi asli Meshuggah pada 1987, tapi dikeluarkan secara singkat, untuk alas an dia “tidak bisa mengingat”. Kidman menggambarkan gaya vocal awalnya mirip dengan Anthrax. Kidman kemudian membentuk sebuah band bernama Calipash, yang kemudian bergabung dengan formasi Meshuggah yang menampilkan rekaman awal milik band. Kidman menyatakan bahwa selama awal hari dari band, dia mulai mengeksplorasi thrash metal seperti Metallica, yang mempengaruhi gaya vokalnya.

Pada awalnya, Kidman memegang tugas vocal dan gitar ritem. Dia kemudian meninggalkan perannya sebagai gitaris ritem, walaupun dia berkontribusi gitar, bass, dan drum programming di album studio Meshuggah rilisan 2005, Catch Thirtythree.

Gaya vokalnya terdiri dari growl, hardcore shout dan aggressive scream. Gaya vocal Kidman memberikan perbedaan pada karir Meshuggah. Album-album awal Meshuggah seperti Destroy Erase Improve dan Chaosphere memperlihatkan teriakan dan jeritan agresif milik Kidman. Di album-album selanjutnya seperti Nothing dan Catch Thirtythree, menampilkan jeritan kasar dan robotic milik Kidman.

Hasil kerja Kidman dengan anggota band lainnya meyakinkan bahwa vokalnya mendekati kualitas ritem saat dimainkan dengan music, terkadang bahwa lirik ditulis ulang untuk tujuan ini. Lagu “Ritual” dari EP None adalah langka dalam diskografi Meshuggah karena Kidman menggunakan gaya vocal bersih, terkadang hal itu tidak ditampilkan di rekaman studio Meshuggah manapun. Terkadang, Kidman juga menggandakan trek vokalnya.

Pada 2013, karena sebuah kasus serius dari flu, Kidman harus meninggalkan tur AS milik Meshuggah dengan Animals as Leaders dan Intronaut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...