Laman

Minggu, 04 Juni 2017

MATT PIKE



Dilahirkan pada 3 Juni 1972 di Southfield, Michigan, AS adalah seorang musisi Amerika yang dikenal sebagai gitaris dari band doom metal berpengaruh Sleep dan frontman dari High on Fire. Dia dikenal di kancah metal untuk tidak pernah memakai baju selama penampilan di panggung.


Pike pindah ke California setelah menghabiskan waktu di sekolah militer saat tinggal dengan ibunya di Golden, Colorado. Tiba di San Jose, dia menyadari kancah hardcore punk dan heavy metal lebih aktif dibandingkan di Denver. Dia mendapatkan teman, menghadiri pertunjukan-pertunjukan, dan akhirnya bergabug dengan band sludge metal Asbestosdeath. Sementara bermain di seputaran Bay Area mereka membangun suara yang lebih berat dan lambat dibandingkan dengan doom metal. Kuartet ini segera mendapatkan pengikut dan merubah nama mereka menjadi Sleep.


Saat sesama gitaris Sleep Justin Marler meninggalkan band, Sleep menjadi sebuah power trio. Album kedua milik band, Sleeps Holy Mountain, mengilustrasikan Pike sebagai seorang Tony Iommi muda-memainkan riff bergaya Black Sabbath yang membuat dampak nyata dalam membangun kancah stoner metal/doom metal.


Sebagai hasil dari pemberitaan media, wilayah dan pengikut band meluas, dan kesepakatan label besar mulai mengemuka. Namun, alih-alih mengikuti jalan paparan arus utama, band menempug jalan bawah tanah, menolak banyak kesepakatan label besar dan menghasilkan album penuh, dengan satu lagu, Jerusalem di pertengahan 1996. Pada 1997, band membubarkan diri setelah London Records menolak untuk merilis rekaman Dopesmoker/Jerusalem dan menekan para anggota yang berpengalaman menjadi sia-sia. Pike tidak bisa menerima pembubaran itu dan menjadi depresi. Dia kemudian menyadari bahwa karirnya sebagai seorang musisi jauh dari berakhir, dan mulai mengundang orang-orang untuk bermain di garasinya. Memutuskan untuk bekerja dalam sebuah power trio lagi, dia membawa Desmond Kensei (drum) dan seorang teman lama George Rice (bass) untuk bermain di band barunya. Dalam enam bulan, latihan itu mulai membuahkan hasil dan High on Fire dibangun dari sebuah kebutuhan sederhana untuk bermain gitar lagi.


Dari abu Sleep muncullah band baru milik Pike, High on Fire (HOF) dan sementara tone gitarnya secara keseluruhan tetap sama, dia mulai bermain lebih cepat dan lebih agresif dibandingkan Sleep. Pike mengambil tugas gitar dan vokal dalam band, juga menulis sebagian besar materi. High on Fire sudah melakukan tur secara konstan sejak pembentukannya.


Pike adalah frontman dari band psychedelic band Bay Area, Kalas (sebelumnya Scum Angel) yang menampilkan para anggota dari Econochrist, Samiam, dan Cruevo. Pike tidak bermain gitar untuk Kalas, karena mereka sudah memiliki dua gitaris; suaranya menjadi melodic, terutama dibandingkan suara growl miliknya di High on Fire. Setelah hanya merilis sebuah album self-title, Kalas dibubarkan pada Oktober 2006.

Sebagai seorang bintang tamu, Pike menyuarakan sebuah karakter tidak bernama di Metalocalypse di late-night block Adult Swim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...