Laman

Sabtu, 10 Juni 2017

PAUL CHAPMAN




Dilahirkan dengan nama Paul William Chapman di Cardiff, Glamorgan, Wales pada 9 Juni 1954. Chapman dikenal dengan nama panggilannya “Tonka”, karena kualitasnya yang tidak bisa dihancurkan.


Band terkenal pertama milik Chapman adalah band asal Wales, Universe. Chapman kemudian bergabung dengan Skid Row pada Desember 1971 menggantikan Gary Moore sebagai gitaris. Jabatannya sangat singkat dan hanya bertahan hingga Juli 1972. Band berikutnya adalah Kimla Taz, dengan siapa dia menjadi gitaris dari Desember 1972 hingga Mei 1974.


Chapman pertama bergabung dengan UFO pada 1974 sebagai gitaris kedua untuk menemani mereka di panggung setelah menjawab sebuah iklan di Koran music Inggris, Melody Maker. Dia diaudisi di the Unity Theatre di London. Walaupun Chapman tidak melakukan rekaman selama periode ini, dia bergabung pada saat tur dan mempromosikan album Phenomenon. Namun, dia dapat didengar dengan band di beberapa lagu di album sesi langsung BBC yang sudah dirilis. Dia meninggalkan UFO pada Januari 1975 karena perbedaan pribadi dengan band, dan kemudian membentuk Lone Star, dimana dia bertahan hingga Juni 1978.

Pada 1977, dia mengisi tempat Michael Schenker di UFO saat mereka melakukan tur dengan Rush di AS selama satu kali ketidakhadiran gitaris Jerman itu.

Setelah selesai dengan Lone Star menyusul tur, Chapman kemudian bergabung kembali dengan UFO pada Desember 1978 sebagai anggota penuh setelah Schenker dan UFO berpisah. Pada saat ini UFO adalah sebuah kesuksesan internasional, dan akan merilis album live mereka, Strangers in the Night yang akan meningkatkan nama mereka lebih jauh. Chapman tidak ditulis di album itu.


Chapman merekam album pertamanya dengan UFO – No Place to Run – dengan mantan produser the Beatles George Martin; yang dirilis pada Januari 1980. UFO melakukan tur untuk mempromosikannya yang puncaknya dalam sebuah pertunjukan lima malam di Hammersmith Odeon, London.

Chapman bertahan dengan UFO hingga 1983 dan bermain di tiga album lainnya: The Wild, The Willing and The Innocent (1981); Mechanix (1982); dan Making Contact. Pada 1983, setelah beragam perubahan formasi UFO memutuskan untuk membubarkan diri dan tur dipromosikan sebagai tur perpisahan (walaupun mereka kemudian terbentuk kembali tahun selanjutnya). UFO merilis sebuah album kompilasi di tahun itu yang menggabungkan lagu-lagu yang menampilkan beragam musisi mereka di band lain. Chapman diwakili oleh lagu Lone Star. Album itu dilengkapi oleh beberapa lagu yang direkam live di tur perpisahan.

Setelah tur, Chapman pergi ke Florida, AS utuk membentuk sebuah band baru DOA. Dia kemudian berkumpul dengan anggota band UFO Pete Way dan merekam album-album The Good the Bad the Waysted dan Save Your Prayers. Setelah ini Chapman mendirikan Ghost pada 1993, dikomandani oleh musisi Wales lainnya, Carl Sentence.


Pada 1993, Chapman akan diposisikan sebagai UFO yang terbentuk kembali, tapi malahan Michael Schenker yang dipekerjakan.

Chapman merilis sebuah album, Anthology Volume One, di label Paul Chapman Enterprises miliknya, yang mencakup karirnya dari Lone Star hingga Ghost. Sebuah instrumental, “The Bells of Berlin” muncul sebagai bagian dari arsip koleksi Waysted pada Desember 2000, Your Prayers Are Saved.

Dia bermain di album penghormatan Nazareth yang dirilis pada 2001, Another Hair of the Dog, di dua lgu “This Flight Tonight” dan “Let Me Be Your Dog”.

Penampilannya berikut ada di akhir 2002, saat dia menjadi tamu dengan proyek band baru milik mantan gitaris Virgin Steele, Jack Starr, Jack Starr and the Guardian of the Flame, untuk album rilisan Februari 2003, Under a Savage Sky. Setelah ini Chapman dan Pete Way membentuk kembali Waysted bersama dengan penyanyi asli Fin. Setelah menyelesaikan sebuah album baru Chapman berhenti dari band pada November 2004.

Tidak ada yang terdengar dari Chapman (dia menjadi instruktur music di Florida Discount Music di Melbourne, Florida) hingga Mei 2006, saat dia mengumumklan dia berencana untuk merekam ulang lagu-lagu klasik UFO. Dia mendapatkan bantuan dari Robin McAuley yang menyanyi di versi dari “No Place To Run”, “Wild, Willing & Innocent” dan “The Writer” direkam di Garudio Studios di Palm Bay. Proyek ini belum diluncurkan.

Pada Juli 2006, Chapman bergabung dengan band southern rock Amerika Gator Country, anggota veteran dari Molly Hatchet karena meninggalnya gitaris asli Molly Hatchet Duane Roland.

Saat ini, Chapman mengajar music secara one-on-one di studionya di pusat kota Melbourne, Florida.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...