Laman

Jumat, 16 Juni 2017

BRAD GILLIS




Dilahirkan dengan nama Bradley Frank Gillis pada 15 Juni 1957 di Honolulu, Hawaii, AS.

Dia ada di band funk Rubicon selama 1970an. Jeff Martini, mantan anggota Sly and the Family Stone, membentuk Rubicon bersama pemain bass Jack Blades dan calon gitaris Night Ranger Brad Gillis. Rubicon merekam dua album di label 20th Century Fox Records – “Rubicon”, dan “American Dreams”. Mereka memiliki satu buah single berjudul “I’m Gonna Take Care of Everything.”Rubicon bermain di Cal Jam 2, yang diadakan di jalur pacu balapan motor Ontario di Califorbia di hadapan 250.000 orang. Rubicon bubar pada 1979 dan Gillis membentuk band klub live secara singkat bernama Stereo dengan Jack Blades dan Kelly Keagy, yang bergabung sebagai drummer tur untuk Rubicon.

Ketiganya menambahkan kibordis Alan Fitzgerald, mantan anggota Montrose, pada 1980.Fitzgerald kemudian merekomendasikan gitaris virtuoso kedua, maka Jeff Watson, yang mengomandani band miliknya sendiri di California Utara, ditambahkan ke dalam grup. Sebagai Stereo, band bermain di klub-klub kecil di San Fransisco pada 1980, seperti the Palms di Tenderlon. Pada akhir tahun itu, nama band diubah menjadi “Ranger” dan membuka nama-nama seperti Sammy Hagar.


Pada 1982, band merubah namanya menjadi Night Ranger setelah sebuah band country, The Rangers, mengajukan keberatan merk dagang.Pada saat ini, mereka sudah merekam Dawn Patrol untuk Broadwalk Records dan membuka untuk ZZ Top dan Ozzy Osbourne.


Dengan meninggalnya gitaris Randy Rhoads pada Maret 1982 selama the Diary of a Madman Tour, Gillis mengambil tempat Bernie Thorme yang menggantikan sementara Rhoads dan menyelesaikan tur itu secara keseluruhan. Dia dapat didengar memainkan gitar utama di album live Speak of the Devil milik Osbourne. Night Ranger sudah memiliki kesepakatan rekaman dengan Broadwalk Records, dan Gillis memilih untuk bertahan dengan Night Ranger saat jabatannya dengan Osbourne berakhir.


Setelah Broadwalk Records dibubarkan, produser Bruce Baird mengamankan sebuah kesepakatan Night Ranger dengan MCA di label cabang mereka, Camel, pada 1983.

Tiga album pertama mereka: Dawn Patrol, Midnight Madness, dan Seven Wishes, semuanya mencapai status Platinum oleh RIAA dan memberikan ketenaran internasional untuk band.


Proyek musik sampingan milik Gillis meliputi menempatkan 300 lagu untuk Sports Center untuk ESPN, The X Games, Fox Sports, Tiger Woods Sony PlayStation Games, EA Sports, The Fuse Channel dan banyak lagi. Dia sudah muncul dalam banyak video music, dengan penampilan TV di American Bandstand, Solid Gold, Rock & Roll Tonight dan ribuan konser langsung. Dia juga berpartisipasi di Hear ‘n Aid, untuk single promosi, “Stars,” yang membantu mengumpulkan $1 juta untuk membantu Afrika. Dia adalah salah satu dari banyakl gitaris yang berkontribusi solo gitar untuk single itu, termasuk Vivian Campbell, Buck Dharma, dan Neal Schon.

Album solo pertamanya, Gilrock Ranch menghasilkan single Top 20, ”Honest to God,” yang ikut ditukis dan dinyanyikan oleh Greg Allman.

Disamping itu, dia juga bermain untuk Fiona, Derek Sherinian, Vicious Rumors, Queensryche dan Wolfpakk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...