Laman

Rabu, 07 Juni 2017

JAMES 'MUNKY' SHAFFER




Dilahirkan dengan nama James Christian Shaffer pada 6 Juni 1970 di Bakersfield, California, juga dikenal dengan nama panggung “Munky”.

Shaffer pertama mengenal gitar sebagai bagian dari rehabilitasi saat dia menderita cedera di salah satu jarinya karena terkena rantai dari sebuah atv. Sejak itu dia sudah tampil dengan beberapa band.

Shaffer mendirikan Korn pada 1993 bersama Reginald Arvizu, dan David Silveria. Mereka bertiga awalnya ada di sebuah band bernama L.A.P.D. Awalnya terdiri dari Richard Morrill, James Shaffer, dan Reginald Arvizu, David Silveria bergabung saat berusia 15 tahun. Saat band pindah dari Bakersfield, California ke Los Angeles, Silveria keluar dari sekolah dan Shaffer bertahan di Bakersfield. Saat Shaffer berkumpul lagi dengan band, mereka menemukan seorang manajer dan merilis sebuah EP berjudul Love and Peace Dude pada 1989 melalui Triple X Records. L.A.P.D. merilis album studio penuh pertama mereka pada yang berjudul Who’s Laughing Now pada 3 Mei 1991 yang berisi 11 lagu. Setelah merilis dua album, L.A.P.D. bubar. Mereka juga secara singkat dikenal sebagai Creep, merekam sebuah demo dengan seorang penyanyi bernama Corey hingga Shaffer, Arvizu, dan Silveria mendaftarkan Brian Welch dan Jonathan Davis untuk membentuk band yang kemudian menjadi Korn.


Pada 22 Februari 2005, Brian Welch meninggalkan Korn. Munky menerima pilihan temannya dan keduanya tetap berhubungan baik. Saat drummer David Silveria meninggalkan band, Munky berkata dalam sebuah wawancara bahwa dia memiliki pertemanan yang kuat dengannya dan sangat sedih saat mendengar bahwa dia harus pergi.

Pada sebuah wawancara tentang kepergian Brian Welch, Munky berkata bahwa dia merasa tertekan, karena mereka selalu bekerja bersama, menulis lagu, dan menciptakan album. Tapi saat Head pergi, dia harus menulis semua bagian gitar menjadi satu bagian, maka Korn dapat bermain secara langsung, dan dia terus bermain seperti itu hingga Korn mendapatkan seorang gitaris pendukung. Brian “Head” Welch secara resmi kembali ke band pada 2 Mei 2010 untuk mengerjakan sebuah album baru yang dirilis pada Oktober.

Munky ada di peringkat No. 26 dari 100 Greatest Heavy Metal Guitarists of All Time milik Guitar World. Hasil kerja Shaffer dengan Korn sudah menghasilkan penjualan lebih dari 35 juta album.

Pada 4 Maret 2008, diumumkan bahwa Munky akan merilis sebuah rekaman solo pada 8 Agustus 2008 dengan band solonya Fear and the Nervous System yang akan menampilkan Munky mengisi vocal dan gitar, Brooks Wackerman dari Bad Religion (yang juga tampil di album ke 8 milik Korn) pada drum, Leopold Ross pada gitar dan programming, Bill Gould dari Faith No More, dan Zac Baird (kibordis Korn) pada kibord dan programming. Rekaman itu akan diproduseri oleh Munky dan Ross Robinson. Gitaris dan teman, Wes Borland awalnya merekam gitar untuk dua lagu di album itu tapi lagu itu tidak akan diselesaikan. Borland juga menciptakan tata sampul yang masih akan dipakai. Album debut milik band awalnya akan keluar pada 8 Agustus tapi harus ditunda karena album belum diselesaikan.

Kemudian di Modlife pada Oktober 2009 (Korn.com), Munky menjelaskan bahwa dia tidak akan mengisis vocal di album baru Fear and Nervous System karena dia tidak “very good at singing”. Kemudian diumukan bahwa Steve Krolikowski dari Repeater akan menangani tugas vocal.

Pada 2006 Shaffer mendirikan Emotion Syphon Records untuk memberikan band-band baru dan berbeda sebuah kesempatan agar didengar. Band-band pertama yang dikontrak adalah Droid dan Monster In The Machine, tapi Shaffer berkata dia tidak ingin membatasai dirinya untuk hanya merilis band-band metal tapi untuk menciptakan sebuah label multi-genre.

Pada 15 Januari 2000, Shaffer menikahi Stephanie Roush. Bersama, mereka memiliki seorang putri, Carmella Star Shaffer (lahir pada 23 Juni 2001). Pada 2004 Shaffer dan Roush bercerai. Shaffer kemudian mulai mengencani aktris dan model Albania-Amerika, Evis Xheneti pada 2005. Mereka menikah pada 2 Januari 2012, di Paris, Perancis. Mereka memiliki putra bersama: D’Angelo Draxon Shaffer (lahir pada 7 November 2012) dan Rocky Rebel Shaffer (lahir pada 20 Agustus 2015).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...