Laman

Senin, 12 Juni 2017

STEVEN DROZD



Dilahirkan dengan nama Steven Gregory Drozd pada 11 Juni 1969 di Houston, Texas, AS.

Putra dari musisi Vernon Drozd, dia tumbuh di Richmond dan Rosenberg, Texas dengan tiga saudara lelaki dan seorang adik perempuan. Dari usia 10 tahun, dia memainkan drum dengan band polka milik ayahnya dan kemudian bermain piano di berbagai grup country honk tonk. Setelah SMA, Drozd pindah ke Oklahoma City dan tampil, sebagian besar pada drum, dengan sejumlah band bawah tanah di wilayah itu. 


Drozd bergabung dengan The Flaming Lips pada 1991 sebagai drummer. Sementara gaya permainannya dipengaruhi oleh suara big drum dari 1970an, waktunya yang dia habiskan dengan band polka milik ayahnya membantunya mengembangkan sebuah rasa keindahan dan sinkopasi, membuatnya bisa berpindah melalui sebuah sentuhan artikulasi dan dinamis. Alur ketukannya, dengan episode dari odd-time funk, tergabung dengan straight ahead rock, bercampur dan berpindah antara beragam genre. Pada 2002, saat drummer dan perkusionis Kliph Scurlock bergabung dengan band, Drozd beralih ke gitar, dan dia juga memainkan kibord, bass dan drum, dan menyanyi.


Dia sudah muncul di berbagai rekaman dari artis lainnya meliputi From a Basement on the Hill milik Elliott Smith, Sebastopol dan ThirdShiftGrottoSlack milik Jay Farrar dan Songs for Dustmites milik Steve Burns. Dia bekerja lagi dengan Burns di proyek music psychedelic anak-anak berjudul StevenSteven. Drozd tampil di rilisan online dari B-Sides and Rarities milik Cake (2007). Dia adalah seprauh penulis lagu/musisi dari You In Me, sebuah duo yang terinspirasi Neil Diamond, dengan Alan Novey. Drozs menulis lagu dan Novey menyanyikannya sebagai sebuah penghormatan untuk Diamond. Mereka sudah merilis sebuah 7” inch double A-side dengan lagu-lagu “Hot Coffe” dan “The Drifter” di label Flights of Fancy. 


Pada 2013 Drozd menciptakan dan menyutradarai sebuah grup sukarelawan dari murid music di ACMUCO bernama The Mutating Cell Ensemble, yang bertujuan bereksperimen dengan polyrhythm dan repetisi. Mereka sudah tampil sekali. LP artis Imagene Peise dan Natal “Atlas Eets Christmas” adalah sebuah koleksi dari lagu cover dan asli bergaya musik elevator, dibuat dari rekaman rumahan dari Drozd dengan citra dan mitos dari imajinasi dari Wayne Coyne. Drozd dan Coyne kini memiliki sebuah grup kedua bersama bernama Electric Wurms yang terinpirasi oleh prog rock, krautrock dan punk rock, tujuan mereka adalah mengeksplorasi jangkauan luar dari music “rock” tradisional juga menampilkan musik dalam Flaming Lips. Linear Downfall asal Nashville melengkapi ensemble ini. Drozd membuat komposisi dan menampilkan lagu-lagu “Mattress Warehouse” oleh Foxygen, dari album baru mereka …And Star Power, dirilis pada 14 Oktober 2014.

Di film Christmas on Mars (2008) milik the Flaming Lips, dia memainkan Major Syrtis, karakter utama dari film itu. Drozd sudah muncul di Jack’s Big Music Show milik Noggin, dengan Jon Stewart dan Steve Burns.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...