Laman

Kamis, 29 Juni 2017

KURDT VANDERHOOF




Dilahirkan pada 28 Juni 1961 di Aberdeen, Washington, AS, adalah seorang gitaris berkebangsaan Amerika, yang dikenal sebagai gitaris utama dan anggota pendiri dari band Metal Church.

Pada awal 1976, di Aberdeen, Vanderhoof mulai bekerja dengna para musisi local dan sudah membentuk sebuah band bernama Tyr, yang menyertakan Kirk Arrington pada drum dan Vanderhoof pada gitar ritem. Pada 1978 Vanderhoof bergabung dengan band hardcore punk Seattle The Lewd dengan mengadopsi nama panggung Blobbo pada bass, beralih alat musik pada gitar di tahun selanjutnya. The Lewd pindah dari Seattle ke San Fransisco pada 1980.


Menyusul kepergian Vanderhoof dari The Lewd dia membentuk Metal Church, sebuah nama yang diambil yang diberikan pada apartemen San Fransisco miliknya.Vanderhoof kembali ke kota asalnya, Aberdeen, Washington, dengan sebuah single vinyl dari Trash Can Baby sebagai bukti dari keterlibatannya dengan The Lewd.


Pada musim panas 1982, dia membentuk sebuah band cover heavy metal bernama Shrapnel. Band itu terdiri dari Tom Weber pada drum, Duke Erickson pada bass (keduanya dari Hoquiam), Mike Murphy (“muff”, dari Montesano) dan seorang pemain gitar yang pernah bermain bersama Vanderhoof di SMA (Aberdeen). Shrapnel memainkan empat acara untuk pemanasan, termasuk sebuah pesta di Pacific Lutheran University, setelha dimana seorang pemain gitar lainnya keluar, karena masalah agama, tidak ingin membawakan The Number of the Beast oleh Iron Maiden. Bagiannya digantikan oleh Craig Wells dari Aberdeen, dan Tom akhirnya digantikan oleh Kirk Arrington (juga dari Hoquiam) pada drum. Saat Mike Murphy meninggalkan band, mereka merekrut David Wayne untuk tugas vocal. Pada 1983, Shrapnel mengganti namanya menjadi nama band asli milik Vanderhoof, Metal Church.


Setelah album kedua milik Metal Church, The Dark pada 1986, Vanderhoof meninggalkan band tapi tetap sangat terlibat dalam proses penulisan lagu. Band solo pertamanya adalah Hall Aflame, yang hanya merilis satu album sebelum bubar pada 1994. Metal Church dibubarkan di tahun yang sama.


Vanderhoof membentuk band solo lainnya, Vanderhoof. Band ini merilis album-album Vanderhoof dan A Blur in Time masing-masing pada 1997 dan 2002.



Sejak 1998, Vanderhoof kembali ke Metal Church. Metal Church bubar pada 2009 dan melakukan reuni pada 2012 hingga kini.


Pada 2005, Kurdt Vanderhoof dan beberapa anggota dari band solonya membentuk Presto Ballet, sebuah band yang mendedikasikan untuk menciptakan suara progressive rock dari pertengahan 1970an.


“Kami merekam keseluruhan album dalam bentuk ‘old-school’, yang menggunakan synthesizer analog, organ Hammond asli dan suara mellotron asli”, kata Vanderhoof, mengenai album debut mereka, Peace Among the Ruins.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...