Laman

Kamis, 03 Mei 2018

JEFF GUTT


Dilahirkan dengan nama Jeffrey Adam Gutt pada 2 Mei 1976 di Marine City, Michigan, AS.


Keluarga Gutt tinggal di St. Clair County, yang terletak di Michigan tenggara, sepanjang sebagian besar masa kecilnya. Ia belajar di sekolah-sekolah di Algonac dan Marine City, lulus dari Marine City High School pada tahun 1994.

Band terkemuka Gutt selama tahun-tahun sekolah menengahnya adalah Innerfaith. Dia adalah frontman Innerfaith, yang ia bentuk dengan teman-teman Matt Brooks pada bass, Jeff Sankuer pada drum, dan gitaris Patrick Sankuer. Innerfaith menulis dan membawakan lagu-lagu asli, akhirnya memenangkan "Blue Water Area Battle of the Bands" di Marysville, Michigan.

Pada tahun 2012, dua EP awal yang menampilkan Gutt pada vokal dapat diunduh secara gratis melalui situs resminya: sebuah kompilasi 3 lagu 1992-1995 (diberi judul Nautical Star oleh penggemar untuk sampulnya) dan Dragonfly 4 lagu (1997). Yang terakhir ini direkam oleh Gutt dengan band dengan nama yang sama yang menampilkan Steve Mazur dari Our Lady Peace pada gitar. Lirik dari lagu Dragonfly "Sugarpill" kemudian digunakan untuk lagu Dry Cell "New Revolution".

Gutt menjadi vokalis utama untuk Dry Cell dengan bergabung dengan band rock Beyond Control dengan anggota yang sudah ada, Danny Hartwell, Judd Gruenbaum, dan Brandon Brown. Setelah tampil bersama mereka hingga 2004 dan setelah band ini merilis album studio berjudul Disconnected pada tahun 2002, ia meninggalkan band secara singkat dengan Dave Wasierski menggantikannya sebagai vokalis utama. Gutt bergabung kembali dengan Dry Cell pada tahun 2005.

Band ini melanjutkan hiatus singkat dari 2005 hingga 2007, tetapi pada tahun 2008 bersatu kembali dengan anggota yang sama. Pada tahun 2009 Gutt meninggalkan Dry Cell untuk selamanya. 



Pada awal 2010 kompilasi The Dry Cell Collection dirilis. Ini berisi demo yang dirilis sebelumnya dari 2003, 2005 dan 2008, b-sides dari Disconnected dan satu lagu yang sebelumnya belum pernah dirilis, "So Alive". Band ini tidak memiliki berita di halaman MySpace mereka sejak tahun 2010. Pada tahun 2012, dikatakan di situs resmi milik Gutt bahwa Dry Cell sekarang sudah bubar.

Setelah berpisah dengan Dry Cell pada 2004, Gutt merekam 8 lagu demo dengan band bernama Acrylic.

Pada tahun 2005 (ketika Dry Cell melanjutkan hiatus) Gutt dan temannya, gitaris Gary Pittel membentuk Band With No Name (disingkat BWNN). Band ini juga memasuukab Aaron Hutchinson (drum), Justin "Antic" Hackman (keyboard), Mike Guy dan kemudian Ben Lula (bass). Pada tahun 2007, BWNN merilis EP 5-track self-titled. Pada tahun 2008 mereka memenangkan 89X & TNTs Battle Of The Bands di Michigan dan menerima $10.000 dan waktu studio untuk merekam EP baru. 7 lagu baru direkam dan album utuh berjudul Humanity dirilis pada tahun 2009. Pada tahun 2013 album ini dirilis ulang dibawah nama Gutt di iTunes dan memasukkan lagu "Stay", yang sebelumnya dikenal sebagai album B-side.

Gutt, Pittel dan Hutchinson juga tampil live sebagai sebuah band cover, Punch.

Gutt juga muncul di lagu-lagu milik Solystic: Carry On, Open Letter dan Almost Dead.

Pada tahun 2012, Gutt mengikuti audisi untuk musim kedua dari seri kompetisi menyanyi Amerika, The X Factor. Dalam sebuah episode yang disiarkan pada 20 September 2012, Gutt menyanyikan "Hallelujah", sebuah cover dari Leonard Cohen mendapatkan suara bulat empat "yes" dari hakim Simon Cowell, Britney Spears, Demi Lovato dan L.A. Reid. Tapi dia tidak bisa melewati tahap "bootcamp" dan tereliminasi sebelum pertunjukan langsung. Beberapa minggu kemudian, Cowell menyatakan kepada Access Hollywood bahwa sebuah penyesalan telah mengirim Gutt pulang lebih awal.

Pada 29 Maret 2013, Gutt merilis sebuah video musik untuk debut solo solonya "Hallelujah" melalui vimeo. Rekan-rekan band Gutt dari BWNN juga ditampilkan dalam video. Pada 28 April 2013, single ini dirilis di iTunes.

Pada 2013, ia kembali sekali lagi dengan musim kompetisi The X Factor ketiga. Dia mengikuti audisi dengan lagu "I Don't Want to Miss a Thing" dari Aerosmith. Setelah hakim keberatan, dia ditawari lagu kedua, "Creep" dari Radiohead. Berdasarkan penampilan itu, ia dimasukkan ke dalam Final 40, dan satu dari sepuluh finalis dalam kategori "Over 25" yang dibimbing oleh Kelly Rowland.

Dalam "four-chair challenge" yang baru diperkenalkan, Gutt menyanyikan "Amazing Grace" dan terpilih sebagai kandidat Final 16 dan satu dari empat dalam kategori "Over 25".

Pada akhirnya, Gutt menjadi runner-up untuk The X Factor season 3, menyelesaikan tempat kedua setelah Alex & Sierra di selisih tipis suara dari pemirsa Amerika.

Pada bulan Januari 2014, Gutt mengungkap anggota band rock alternatif terbarunya, Rival City Heights: rekan band BWNN/Punch Gary Pittel (gitar), mantan bandmer Dry Cell Brandon Brown (drum), Cyamak Ashtiani (gitar) dan KC Jenkins (bass).

Pada tanggal 3 Mei 2014, Rival City Heights memainkan pertunjukan perdana di Mason Temple di Detroit.

Pada bulan Desember 2014, Gutt merilis "A Detroit Christmas" sebagai artis solo.

 

Pada akhir 2015, Rival City Heights melakukan tur ke Timur Tengah (Yordania, Turki, Mesir, Lebanon) dan India untuk serangkaian konser yang berhubungan dengan Princess Alia Foundation.

Pada 19 Februari 2016, Rival City Heights merilis single perdana "Take It Back" dan dari Februari hingga Maret 2016, memainkan tur dengan Trapt untuk mempromosikannya. Sebelum tur Brandon Brown meninggalkan band dan digantikan oleh Will Hunt dari Evanescence pada drum. Pada 29 November 2016, diumumkan bahwa Gary Pittel dan Cyamak Ashtiani meninggalkan band, Gene Lenardo (ex- Filter, Device) yang mengambil tugas gitar, dan bahwa Rival City Heights diganti namanya menjadi Rival City.

Pada tanggal 31 Oktober 2016, Rival City merilis "Fading Out/What's Going On", sebuah single ganda yang diproduseri oleh Kevin Churko. 



Pada 16 November 2016, Entertainment Tonight melaporkan bahwa Stone Temple Pilots telah merekrut Gutt untuk menjadi vokalis baru mereka, menggantikan Chester Bennington, yang telah meninggalkan band satu tahun sebelumnya. Namun, pada hari berikutnya, seorang perwakilan band menolak rumor ini, mengatakan bahwa "band telah berlatih dengan beberapa penyanyi selama beberapa minggu terakhir" dan "mereka belum membuat keputusan." Setahun kemudian pada 14 November 2017, Stone Temple Pilots secara resmi mengumumkan Gutt sebagai penyanyi utama baru mereka, dan memainkan konser pertama mereka bersamanya pada malam yang sama di Troubadour di Los Angeles. Single pertama Gutt dengan band adalah "Meadow." Anggota pendiri Dean DeLeo mengatakan: “Kami menginginkan seseorang yang tidak hanya membawakan lagu sebelumnya dengan baik, tetapi juga akan menulis lagu baru dan mengukir jalan yang berbeda maju bersama kami. Butuh beberapa waktu, tetapi kami menemukan orang itu.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...