Laman

Rabu, 16 Mei 2018

JOHN ARCH


Dilahirkan dengan nama John Maurice Archambault pada 15 Mei 1959 di Colorado Springs, Colorado, AS, adalah penyanyi progressive metal Amerika yang paling terkenal karena karyanya dengan band Fates Warning.


Arch ikut menulis mayoritas lagu-lagu band dengan gitaris Jim Matheos, dan merupakan satu-satunya penulis lirik band. Setelah album ketiga mereka, Awaken the Guardian, dirilis, Arch diminta untuk berhenti dari pekerjaannya atau meninggalkan band. Kewajiban keuangan membuat tidak mungkin bagi Arch untuk berhenti dari pekerjaannya, dan dia berpendapat bahwa dia telah menunjukkan komitmen 100% kepada band ini selama bertahun-tahun. Namun, band memberitahukannya bahwa mereka harus membiarkannya pergi dan mulai mencari penyanyi lain. Dalam satu wawancara dengan John Arch, dia mengatakan bahwa dia akan berhenti dari pekerjaannya jika dia diminta, tetapi anggota band lainnya tidak pernah memintanya. 



Arch keluar dari kancah metal selama tujuh belas tahun (saat ini ia bekerja merancang furnitur khusus), dengan pengecualian audisi untuk band progressive metal yang akan datang, Dream Theater, dan beberapa lainnya. Dia memutuskan untuk keluar dari musik dan mengejar minat lain. Dia kembali pada tahun 2003, ketika EP A Twist of Fate dirilis. EP ini menampilkan musisi Jim Matheos, Mike Portnoy dan Joey Vera, dengan semuanya Arch bekerja di beberapa titik di masa lalu. EP ini menunjukkan bahwa kemampuan vokal Arch belum menurun selama bertahun-tahun. Album ini hanya berisi 2 lagu, meskipun jumlah ini hampir setengah jam (satu ditulis sendiri oleh Arch, satu ditulis bersama oleh Arch dan Matheos - menandai pertama kalinya keduanya menulis lagu bersama sejak Awaken the Guardian). 



Gayanya mirip dengan gaya semi-operatif Geoff Tate dari Queensrÿche dan Midnight dari Crimson Glory karena ketiganya lebih suka bernyanyi dalam kisaran tenor yang ditambahkan dengan head voice yang dikembangkan dengan baik, bukan falsetto seperti yang sering diasumsikan digunakan oleh para penyanyi ini. 



Pada 19 Januari 2011, diumumkan bahwa Arch telah bersatu kembali dengan Jim Matheos dan anggota lainnya di Fates Warning (dikurangi Ray Alder) untuk merekam sebuah album utuh untuk band baru, dengan nama Arch/Matheos. Album perdana band ini, Sympathetic Resonance, dirilis pada tanggal 9 September.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...