Laman

Rabu, 30 Mei 2018

DANNY ELFMAN


Dilahirkan dengan nama Daniel obert Elfman pada 29 Mei 1953 di Los Angeles, California, ke sebuah keluarga Yahudi keturunan Polandia dan Rusia. Ia adalah putra Blossom Elfman (née Bernstein), seorang penulis dan guru, dan Milton Elfman, seorang guru yang berada di Angkatan Udara. Ia dibesarkan dalam komunitas makmur campuran ras di Baldwin Hills, California. Ia menghabiskan sebagian besar waktunya di bioskop lokal di lingkungan itu, mengagumi musik komposer film seperti Bernard Herrmann dan Franz Waxman. Menyatakan bahwa ia bergaul dengan "band geeks" di sekolah menengah, ia memulai band ska. Setelah putus sekolah, ia mengikuti saudaranya Richard ke Perancis, mana ia tampil bersama Le Grand Magic Circus, sebuah grup teater musik avant-garde.


Dia tidak pernah secara resmi menjadi siswa di CalArts; meskipun demikian, seorang instruktur di sana mendorongnya untuk terus belajar. Elfman menyatakan, "Dia hanya tertawa, dan berkata, 'Duduk. Bermainlah.' Saya terus duduk dan bermain selama beberapa tahun." Pada saat ini, saudaranya Richard membentuk grup teater musik baru.

Pada tahun 1972 Richard Elfman mendirikan grup band/seni pertunjukan new wave Amerika, yang aslinya diberi nama The Mystic Knight of the Oingo Boingo. Mereka memainkan beberapa pertunjukan sepanjang tahun 1970-an sampai Richard Elfman meninggalkan band untuk menjadi pembuat film. Sebagai pengantar konsep asli band, Richard Elfman menciptakan film Forbidden Zone berdasarkan pertunjukan panggung mereka. Danny Elfman menyusun musik pertamanya untuk film dan memainkan peran Satan (anggota band lainnya memainkan antek-anteknya). Pada saat film selesai, mereka telah mengambil nama Oingo Boingo dan mulai merekam dan melakukan tur sebagai grup rock. Dari tahun 1976 dan seterusnya, dipimpin oleh Danny Elfman, hingga tahun 1995 ketika mereka tiba-tiba pensiun. Musik semi-teatrikal dan kelompok komedi telah berubah menjadi band new wave yang dipengaruhi ska pada tahun 1979, dan kemudian berubah lagi menjadi suara rock yang lebih berorientasi gitar, pada akhir 1980-an. Oingo Boingo, masih dipimpin oleh Danny Elfman, tampil sebagai diri mereka sendiri di film 1986 Back to School. Selain itu, Danny Elfman dan gitaris Oingo Boingo Steve Bartek bersatu kembali pada 31 Oktober 2015 untuk membawakan lagu "Dead Man's Party" - "untuk pertama kalinya dalam 20 tahun pada hari ini", seperti kata Elfman kepada penonton - selama encore di perayaan Halloween di Hollywood Bowl. 



Pada tahun 1985, Tim Burton dan Paul Reubens mengundang Elfman untuk menulis musik untuk film pertama mereka, Pee-wee Big Adventure. Elfman sangat khawatir pada awalnya, karena kurangnya pelatihan formal, tetapi dengan bantuan orkestrasi dari gitaris dan aranjer Oingo Boingo, Steve Bartek, ia mencapai tujuannya untuk meniru mood komposer seperti Nino Rota dan Bernard Herrmann . Dalam buklet untuk volume pertama dari Music for a Darkened Theatre, Elfman menggambarkan pertama kalinya dia mendengar musiknya dimainkan oleh orkestra penuh sebagai salah satu pengalaman paling mendebarkan dalam hidupnya. Elfman segera mengembangkan hubungan dengan Burton dan pergi untuk mencetak semua kecuali tiga dari rilisan utama studio Burton: Ed Wood, yang berada di bawah produksi sementara Elfman dan Burton mengalami perselisihan serius, Sweeney Todd, dan yang paling terkini Miss Peregrine’s Home for Peculiar Children. Elfman juga menyediakan suara nyanyian untuk Jack Skellington dalam The Nightmare Before Christmas milik Tim Burton dan suara-suara Barrel dan "Clown with the Tear-Away Face". Pada tahun 1990, Elfman menyusun karya orkestra ikonik, 'Ice Dance', untuk film Tim Burton Edward Scissorhands. Bertahun-tahun kemudian dia memberikan suara untuk Bonejangles the skeleton di Corpse Bride dan suara-suara dari Oompa-Loompa di Charlie and the Chocolate Factory.

Salah satu komposisi terkenal Elfman adalah The Simpsons Theme, yang ditulisnya pada tahun 1989.

Pada tahun 2002 Elfman menyusun tema pembuka untuk seri Sam Raimi Spider-Man. Ini serta versi yang diubah membuat jalannya ke ketiga film Spider-Man. Pada tahun 2004 Elfman menyusun Serenada Schizophrana untuk American Composers Orchestra. Itu dipimpin oleh John Mauceri pada rekamannya dan oleh Steven Sloane di tayang perdananya di Carnegie Hall di New York City pada 23 Februari 2005. Setelah tayang perdana, itu direkam di studio dan dirilis ke SACD pada 3 Oktober 2006. Pertemuan dengan Mauceri terbukti membuahkan hasil ketika komposer ini didorong kemudian untuk menulis bagian konser baru untuk Mauceri dan the Hollywood Bowl Orchestra. Elfman mengkomposisikan "overture to a non-existent musical" dan menyebut lagu ini "The Overeager Overture". Dia juga terus menulis musik filmnya di samping proyek-proyek lain ini.

Pada Oktober 2013, Elfman kembali ke panggung untuk menyanyikan bagian-bagian vokalnya untuk beberapa lagu Nightmare Before Christmas sebagai bagian dari konser berjudul Danny Elfman Music from the Films of Tim Burton. Ia menyusun musik film untuk Oz the Great and Powerful (2013), dan menciptakan musik tambahan untuk Avengers: Age of Ultron (2015) bersama dengan Brian Tyler.

Elfman menyusun musik untuk ketiga film Fifty Shades (2015-2018).

Musik film Elfman ditampilkan dalam produksi tahun 2017 SCORE: A Film Music Documentary. Juga pada tahun itu, dia mengambil alih posisi komposer di Justice League milik DCEU.

Pada bulan November 2010, dilaporkan bahwa Danny Elfman menulis musik untuk musik yang direncanakan berdasarkan kehidupan Harry Houdini, tetapi, pada Januari 2012, dia tidak lagi terikat pada proyek.

Pada 2011 Elfman menggubah musik untuk pertunjukan Cirque du Soleil, Iris, yang diadakan di Dolby Theatre di Hollywood mulai 21 Juli 2011 hingga 19 Januari 2013.

Pada bulan Oktober 2016, Elfman menyusun musik horor ketika Donald Trump "menjilat" di belakang Hillary Clinton pada debat pemilihan presiden Amerika Serikat yang kedua, 2016.

Gaya musik Elfman telah dipengaruhi oleh komponis modern termasuk Béla Bartók, Philip Glass, Lou Harrison, Carl Orff, Harry Partch, Sergei Prokofiev, Maurice Ravel, Erik Satie, Igor Stravinsky, serta komposer Romantis Pyotr Ilyich Tchaikovsky. Elfman mengatakan bahwa pertama kali dia melihat musik film adalah ketika dia mendengar skor Bernard Herrmann untuk The Day the Earth Stood Still saat berusia sebelas tahun; setelah itu dia menjadi penggemar musik film. Pengaruh Elfman dalam musik film termasuk karya Erich Wolfgang Korngold, Max Steiner, David Tamkin, Franz Waxman, dan Nino Rota, yang berperan sebagai pengaruh signifikan dan inspirasi utama untuk skor Elfman untuk Pee-wee's Big Adventure. Karya Elfman dalam musik pop dipengaruhi oleh The Specials, Madness, the Selecter, dan XTC.

Sebagai seorang remaja, Elfman berpacaran dengan teman sekelasnya Kim Gordon, yang nantinya akan menjadi salah satu anggota band rock Sonic Youth.

Pada 29 November 2003, Elfman menikahi aktris Bridget Fonda. Mereka memiliki seorang putra, Oliver. Pada tahun 1998, Elfman membuat musik film A Simple Plan, yang dibintangi Fonda.

Dia adalah paman dari aktor Bodhi Elfman, yang menikah dengan aktris Jenna Elfman.

Elfman telah menjadi ateis sejak usia 11 atau 12. Menurutnya, dia adalah seorang cynicologist.

Menggambarkan politiknya selama tahun 1980-an, Elfman berkata, "Aku bukan seorang doomis. Sikapku selalu bersikap kritis terhadap apa yang ada di sekitarmu, tetapi tidak pernah melupakan betapa beruntungnya kita. Aku telah berkeliling dunia. Aku hanya berpikir aku adalah seorang revolusioner. Aku kembali menjadi patriotik sayap kanan. Sejak itu, aku sudah agak melunak di antara keduanya." Pada tahun 2008, ia menyatakan dukungan untuk Barack Obama dan mengatakan bahwa Sarah Palin adalah "mimpi buruk terburuk" -nya. 



Selama 18 tahun dengan Oingo Boingo, Elfman mengalami kerusakan pendengaran yang signifikan sebagai akibat dari paparan terus menerus terhadap tingkat kebisingan yang tinggi yang terlibat dalam pertunjukan di sebuah band rock. Karena takut memperburuk kondisinya, dia memutuskan untuk meninggalkan band, mengatakan bahwa dia tidak akan pernah kembali ke pertunjukan seperti itu. Kerusakannya sangat buruk sehingga dia tidak bisa "bahkan duduk di restoran atau bar keras lagi." Namun, ia menemukan tampil di depan orkestra lebih dapat ditoleransi, dan kembali beberapa kali untuk menampilkan kembali penampilan langsung dari Jack Skellington.

Di antara penghargaannya adalah empat nominasi Oscar, Grammy untuk Batman, Emmy untuk Desperate Housewives, enam Saturn Awards untuk Best Music, Richard Kirk Award 2002, dan Disney Legend Award.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...