Laman

Senin, 21 Mei 2018

LARRY WALLIS


Dilahirkan pada 19 Mei 1949 adalah gitaris, penulis lagu, dan produser Inggris. Ia dikenal sebagai anggota Pink Fairies dan anggota awal dari Motörhead.


Pada tahun 1968, ia membentuk sebuah band bernama The Entire Sioux Nation dengan Terry Nolder pada vokal, Tim Taylor pada bass dan Paul Nichols pada drum (lahir pada tahun 1949). Band ini berpisah pada akhir 1969.

Steve Peregrin Took dan Mick Farren membentuk Shagrat dengan Wallis dan mantan rekannya di Entire Sioux Nation Taylor pada bulan Februari 1970. (Sebelumnya, Took dan Farren telah bersama Twink dan pacar Sally "Silver Darling" Melzer telah menjadi prototipe lineup Pink Fairies. Twink dan Melzer meninggalkan band dan pada akhir Januari 1970, Twink membentuk Pink Fairies Mark 2 dengan teman-teman band Farren dari The Deviants yang baru saja kembali ke Inggris setelah sebelumnya memecat Farren di Kanada pada akhir 1969, meninggalkan Farren tanpa band dan kemudian menemukan diri mereka terdampar di Amerika Utara selama beberapa bulan.) Tidak lama kemudian, Farren pergi setelah bertengkar dengan Took.

Shagrat dengan demikian menjadi band langsung milik Took. Took, Wallis dan Taylor bergabung dengan drummer Phil Lenoir, sebelumnya dari Black Cat Bones. Formasi ini merekam tiga lagu di Strawberry Studios di Stockport memainkan satu pertunjukan di Phun City Festival pada bulan Juli 1970 sebelum Taylor dan Lenoir pergi. Took dan Wallis melanjutkan dengan drummer Dave Bidwell dan pada awal 1971 trio ini merekam empat lagu akustik Took. Semua tujuh lagu dirilis pada awal 1990-an pada vinyl edisi terbatas dan kemudian dikompilasi bersama pada CD Lone Star pada tahun 2001 oleh label Jepang Captain Trip Records, kemudian dirilis ulang pada tahun 2016 di Cleopatra Records dengan lagu bonus dari sesi tahun 1972 yang dijelaskan di bawah ini.

Wallis kemudian bergabung dengan Blodwyn Pig, yang berganti nama menjadi Lancaster's Bombers (kemudian disingkat menjadi Lancaster) dengan Jack Lancaster. Mereka adalah band yang berumur pendek meskipun mereka melakukan tur pendukung Yes pada tahun 1971.

Pada Februari 1972, Wallis bergabung dengan UFO, tetapi pergi pada Oktober 1972, setelah tur ke Eropa. Wallis tidak melakukan rekaman dengan band, meskipun rekaman live bootleg dari penampilan UFO yang menampilkan Wallis diketahui ada, seperti halnya cetak kinescope hitam dan putih dari penampilan langsung di acara TV Prancis, Rock En Stock.

Kadang-kadang selama 1972 Wallis melakukan rekaman sesi dengan Steve Peregrin Took di flat bawah tanah milik Took di Mayfair. Sesi sangat santai ini berisi penampilan Twink, Mick Wayne, Duncan Sanderson, dan hampir pasti Syd Barrett. Materi dari sesi ini dirilis pada tahun 1995 dengan judul The Missing Link To Tyrannosaurus Rex, sebuah album solo setelah kematian Took di Cleopatra Records 




Pada bulan November 1972, Wallis bergabung dengan Pink Fairies, menggantikan Mick Wayne. Band ini merilis album Kings of Oblivion yang berisi sebagian besar lagu-lagu yang ditulis oleh Wallis. Band ini bermain dengan line-up diperpanjang untuk pertunjukan khusus pada bulan Juli 1975. Beberapa tahun kemudian, pada tahun 1982, satu-satunya penampilan live mereka dirilis sebagai Live di Roundhouse 1975. Pada tahun 1991, diterbitkan kembali dengan judul At the Roundhouse/Previously Unreleased, terdiri dari album live asli, ditambah lagu-lagu tambahan oleh Larry Wallis dari 1984, dan sebuah EP oleh Twink dari 1977.



Saat masih menjadi anggota Pink Fairies, pada Mei 1975 Wallis bergabung dengan band baru bernama Motörhead dengan Lemmy dan Lucas Fox. Pada bulan September 1975, Fox meninggalkan band dan Motörhead merekrut seorang drummer baru, Phil "Philthy Animal" Taylor. Wallis merekam sebuah album dengan band, On Parole. Album ini tetap belum pernah dirilis hingga tahun 1979 ketika Motörhead telah memiliki reputasi tersendiri. Pada bulan Februari 1976 Wallis ditemani oleh "Fast" Eddie Clarke pada gitar. Kemudian di bulan yang sama Wallis meninggalkan Motörhead. Wallis tetap dengan Pink Fairies, yang berlanjut sebagai trio, hingga Juli 1976 ketika mereka mendapatkan gitaris tambahan, Martin Stone. Pada bulan September 1976 band ini merilis single, "Between The Lines"/"Spoiling For A Fight" di Stiff Records. Empat bulan kemudian di bulan Januari 1977 band ini berpisah. Pada bulan yang sama Wallis menjadi bintang tamu di sebuah pentas dengan anggota dari Thin Lizzy dan Rat Scabies dari The Damned.

Selama tahun 1975 dan 1976 Wallis melakukan kerja rekaman lebih lanjut dengan Took meskipun tidak satu pun dari sesi ini yang telah dirilis hingga saat ini. Wallis hadir, secara kebetulan, di Pathway Studios pada 29 November 1977 ketika Steve Took's Horns merekam materi yang akhirnya akan dirilis pada tahun 2004. 




Wallis kemudian menjadi produser in-house di Stiff Records. Dia merilis single solo, "Police Car"/"On Parole" yang diproduksi oleh Nick Lowe, dan didukung oleh dua anggota Eddie And The Hot Rods; bassis Paul Gray, dan drummer Steve Nicol. Serta tampil di sebuah album kompilasi A Bunch of Stiff Records, Wallis adalah bagian dari line-up ad hoc yang bernama The Takeaways yang termasuk: Dave Edmunds, Nick Lowe dan Sean Tyla. Wallis mengambil bagian dalam Live Stiffs Tour pada tahun 1977 dan muncul sebagai 'Larry Wallis' Psychedelic Rowdies' di album Live Stiffs Live, yang dirilis kemudian tahun itu.

Wallis juga memproduseri album untuk sejumlah artis Stiff Records termasuk The Adverts dan EP milik Mick Farren, Screwed Up (November 1977) dan album Vampires Stole My Lunch Money (Agustus 1978). Lagunya, "As Long As The Price is Right", pertama kali muncul di album 1977 milik Dr. Feelgood, Be Seeing You; dan versi live dari lagu itu kemudian dikeluarkan sebagai single pada bulan April 1979.

Pada bulan September 1978, Wallis menjadi anggota proyek Farren lain, Mick Farren & The Good Guys; menampilkan Mick Farren (vokal), Andy Colquhoun (gitar), Willy Stallybrass (harmonika), Gary Tibbs (bass) dan Alan ( Hawkwind ) Powell (drum).

Pada Maret 1979, Wallis bergabung dengan mantan anggota band MC5 Wayne Kramer, Andy Colquhoun dan George Butler untuk serangkaian pertunjukan langsung.

Pada Februari 1982 Wallis membentuk Larry Wallis & The Death Commandos of Love dengan Johnny Reverb pada gitar, Big George Webley pada bass dan Jim Toomey pada drum. Barisan ini berlangsung singkat dan Wallis segera mulai memainkan serangkaian pertunjukan reguler, sebagian besar di Dingwalls, dengan barisan yang diisi oleh Duncan Sanderson, Andy Colquhoun dan George Butler, Barisan ini memulai hidup sebagai 'The Police Cars', memainkan Pertunjukan Natal sebagai The Police Sleighs sebelum menggunakan sejumlah besar alias seperti The Pearl Divers Of Death, The Smoothies Starry, The Knob Artists, The Death Commandoes of Love, The Donat Dunkers Of Death (sebagai dukungan untuk The Deviants - sebenarnya band yang sama dengan Mick Farren pada vokal) sebelum menetap di Love Pirates of Doom yang lebih permanen. Barisan ini berlangsung hingga reuni Pink Fairies 1987, meskipun pada tahun '86 Sanderson digantikan oleh bassis lain bernama Tony. 



Pada 1984 Wallis sekali lagi bekerja dengan Mick Farren yang membangkitkan nama The Deviants untuk merekam album live Human Garbage yang menampilkan Mick Farren pada vokal, Wayne Kramer dan Wallis pada gitar, Duncan Sanderson pada bass dan vokal, dan George Butler pada drum.

Pada 1987, Pink Fairies dihidupkan kembali dengan Wallis pada gitar dan vokal, Andy Colquhoun pada gitar, Duncan Sanderson pada bass dan vokal, dan Twink dan Russell Hunter pada drum. Band ini menghasilkan album Kill 'Em and Eat' Em. Pada tahun 1988 Twink telah meninggalkan band, yang terus manggung secara sporadis, bahkan memainkan pertunjukan Eropa di Jerman dan Perancis, sampai Wallis juga pergi. Sebuah pertunjukan terakhir terjadi pada tanggal 5 Maret 1989 di acara Bob Calvert Memorial di Brixton Academy dengan nama alias 'Pink Fairies Psychedelic Revue' meskipun pada kenyataannya ini terdiri dari perangkat terpisah dari Flying Colors (Sanderson, Hunter, Colquhoun) dan Larry Wallis' Bandanna Club, menampilkan berbagai teman seperti Pete Thomas (drum) dan Canvey Islands Kennedy bersaudara.

Sekitar tahun 1991 Wallis bekerja dengan Lee Brilleaux dan Phil Mitchell (keduanya dari Dr. Feelgood) pada rekaman On The Bench, dengan Ian Gibbons. Hal ini menyebabkan pembentukan band baru milik Wallis, The Redbirds menampilkan Wallis (gitar, vokal), Mitchell (bass) dan Chris North (drum). The Redbyrds merilis EP 12 inci, Justice and a Wholesome Packed Lunch. Wallis juga menulis banyak lagu yang kemudian dibawakan Dr. Feelgood, antara lain seperti "As Long as the Price is Right", "Punch Drunk", "Talk of the Devil", dan "Can't Find the Lady".

2001 terlihat perilisan dari album ‘solo’ pertama milik Wallis, Death in the Guitarfternoon. Sebuah pertunjukan comeback untuk The Fairies direncanakan untuk The Roundhouse, Chalk Farm, London pada 22 Januari 2007, namun, ini dibatalkan karena Wallis memiliki saraf yang terperangkap di punggungnya. Pentas itu belum dijadwal ulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...