Laman

Kamis, 24 Mei 2018

JEWEL



Dilahirkan dengan nama Jewel Kilcher pada 23 Mei 1974 di Payson, Utah, dan besar di Alaska. Dia memulai karir musiknya pada usia enam tahun, bergabung dengan orang tuanya, penyanyi-penulis lagu Atz Kilcher dan Nedra Carroll, di atas panggung. Setelah orang tuanya bercerai, Jewel terus melakukan tur selama beberapa tahun bersama ayahnya, yang mengajarinya cara menyanyi — teknik bernyanyi yang telah digunakan Jewel dalam banyak lagu sendiri. 


Pada usia 15 tahun, Jewel melakukan lompatan karier besar; Dia mulai tampil sebagai aksi solo dan memenangkan beasiswa vokal untuk Interlochen, sebuah sekolah swasta di Michigan yang didedikasikan untuk seni. Sementara di sana, dia mulai menulis lagu dan memainkan gitar. Jewel kemudian pindah ke San Diego, California, untuk tinggal bersama ibunya, dan akhirnya tinggal sendiri, akhirnya tinggal di van untuk sementara waktu ketika dia mencoba menjadi seorang pemain. 

Dengan rentang vokal yang mengesankan dan lirik puitisnya, Jewel menemukan kesuksesan bermain di kedai kopi di daerah San Diego. Pertunjukan mantap pertamanya adalah di Innerchange di Pacific Beach. Saat tampil di sana, ia ditemukan oleh seorang manajer musik dan perwakilan perusahaan rekaman, yang terkesan dengan bakatnya yang mentah. Jewel menandatangani kesepakatan dengan Atlantic Records pada tahun 1994.

Tahun berikutnya, album pertama Jewel, Piece of You dirilis, tetapi baru pada tahun 1996 album itu benar-benar diluncurkan. Sementara itu, ia melakukan tur terus-menerus untuk mempromosikan musiknya, berfungsi sebagai pembuka untuk dua legenda musik: Bob Dylan dan Neil Young. Kegigihannya mulai terbayar karena singelnya "Who Will Save Your Soul" menjadi hit besar, naik ke posisi ke-11 di tangga lagu Billboard Top 100. Dua lagu lain dari Pieces of You, "You Were Meant For Me" dan "Foolish Games," juga diterima dengan baik. Dengan kepekaan folk dan pop, album ini terjual sekitar 11 juta kopi. Para pendengar terpikat oleh emosi tulus yang dijabarkan Jewel dalam lagu-lagunya. 


Album kedua Jewel, Spirit, dirilis pada tahun 1998, memamerkan bakatnya sebagai pemain musik folk. Dipenuhi dengan balada dan instrumentasi sederhana, album ini menampilkan lagu-lagu populer "Hands" dan "Standing Still." Pada tahun yang sama, kumpulan puisi Jewel, A Night Without Armor, diterbitkan, dengan cepat menjadi best-seller. 

Dengan This Way tahun 2001, Jewel kembali dengan suara yang lebih ringan dan lebih berbasis pop. Dia melanjutkan untuk benar-benar menemukan kembali dirinya dengan 0304 pada 2003, membuat jalan untuk terjun ke musik dansa, banyak kejutan bagi penggemar lamanya. Album ini memulai debutnya di tempat No. 2 di tangga album Billboard 200 dan menampilkan single hit "Intuition." Tidak hanya Jewel terdengar berbeda, dia juga terlihat berbeda, mengenakan pakaian yang lebih seksi dan lebih mencolok dalam video musiknya dan di atas panggung. 

Namun, pada 2006, Jewel kembali ke akarnya dengan album pribadi yang dipengaruhi folk, Goodbye Alice in Wonderland. Album ini mendapatkan kesuksesan yang ringan. 

Tahun berikutnya, pada November 2007, Jewel membuat transformasi musik lainnya; dia menandatangani kontrak dengan Valory Records, dan mulai mengerjakan album country pertamanya. Perfectly Clear Toko masuk ke toko pengecer pada bulan Juni 2008 dan memulai debutnya di Nomor 1 di Country Album Chart Billboard. Album ini menampilkan hit "Stronger Woman," yang berhasil masuk ke Top 20 di tangga lagu Billboard Hot Country Songs. 

Pada awal 2009, Jewel mengumumkan bahwa dia sedang mengerjakan album baru. Lullaby, koleksi lagu pengantar tidur untuk pendengar dari segala usia, dirilis pada Mei 2009. Single pertama dari album, "Somewhere Over the Rainbow," remake dari klasik Judy Garland, dirilis di iTunes pada bulan Maret. 

Jewel telah menjual lebih dari 25 juta album selama karir musiknya. Selain musiknya, Jewel juga mengambil beberapa peran akting. Dia memulai debutnya dalam drama Perang Saudara milik Ang Lee, Rides with the Devil pada tahun 1999, berakting bersama Tobey Maguire dan Skeet Ulrich. Di televisi, dia telah muncul di acara seperti The Lyons Den, CSI: Crime Scene Investigation dan Las Vegas. 

Jewel juga mengabdikan waktunya untuk membantu orang lain. Dia mendirikan Higher Ground for Humanity, sebuah yayasan amal yang menangani proyek di berbagai negara, pada tahun 1998. Beberapa upaya organisasi termasuk membantu menyediakan air minum yang jernih kepada masyarakat di seluruh dunia. Pada tahun 2008, Jewel melelang lirik tulisan tangan selebriti untuk mencari dana bagi proyek air minum HGH. 


Pada Juni 2012, Jewel mengumumkan bahwa dia akan memerankan June Carter Cash — istri kedua dari Johnny Cash — dalam film Lifetime yang akan datang, The June Carter Cash Story . Untuk peran itu, Jewel mewarnai rambutnya dengan warna cokelat dan menggunakan vernis untuk giginya, meluruskan senyum bengkoknya. Aktris Reese Witherspoon juga memainkan bagian dari June Carter Cash, dalam film 2005 Walk the Line , dan memenangkan Oscar untuk penampilannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...