Laman

Senin, 28 Mei 2018

WAYNE HUSSEY


Dilahirkan dengan nama Jerry Wayne Hussey pada 26 Mei 1958 adalah seorang musisi Inggris yang lahir di Bristol, Inggris. Ia dikenal sebagai penyanyi utama dari The Mission, dan menjadi gitaris The Sisters of Mercy.


Hussey dibesarkan di Bristol. Dia dipengaruhi pada usia muda oleh Marc Bolan dan bandnya T. Rex, dan dengan demikian terinspirasi untuk menjadi seorang gitaris. Dibesarkan di Gereja LDS, dia memberontak terhadap keinginan orangtuanya bahwa dia melayani sebagai misionaris dan pindah ke Liverpool pada akhir tahun 1970 untuk bergabung dengan kancah di sekitar Eric's Club, klub malam yang terkenal pada saat itu. 



Hussey mulai tampil, terutama dengan Pauline Murray dan The Invisible Girls, dengan siapa dia mulai menulis lagu. Kesuksesan pertama untuk Hussey datang ketika dia bergabung dengan Dead or Alive atas permintaan frontman Pete Burns. Setelah Burns mundur untuk menjadi lebih berbasis studio, Hussey memutuskan untuk pergi dan ditawari posisi dengan The Sisters of Mercy, berkonsentrasi pada gitar 12 senar dan 6 senar. Ketika Sisters of Mercy bubar, Hussey dan bassis Craig Adams mendirikan The Mission, merekrut Mick Brown pada drum dan Simon Hinkler pada gitar. Dia tinggal di Leeds selama beberapa waktu sebelum pindah ke London menjelang akhir 1980-an. 



Hussey telah memproduseri dan bermain di rekaman oleh rekan selabel Mercury Records milik The Mission, All About Eve dan pada akhir 1990-an menyediakan beberapa remix untuk Cleopatra Records. Dia juga memproduseri, melakukan remix dan muncul di beberapa trek untuk band AS Gossamer termasuk lagu "Run" untuk kompilasi pertama Unquiet Grave oleh Cleopatra Records. Dia juga memproduksi dan bermain di Brilliant Mistakes oleh band Yunani Flowers of Romance. Hussey telah bermain langsung baik dengan Gary Numan dan The Cure. Dia adalah pendukung Liverpool F.C. dan setelah kemenangan timnya di Final Liga Champions tahun 2005, ia menyusun lagu berjudul "Draped in Red" yang ditampilkan di album God is a Bullet.

Hussey saat ini tinggal di São Paulo, Brasil, menikah dengan seorang aktris Brasil, Cinthya, dan memiliki dua anak dari hubungan sebelumnya. 



Sejak tahun 2002, Hussey secara teratur memainkan pertunjukan solo yang menampilkan materi The Mission, lagu-lagu baru dan cover. Setelah ia menyelesaikan The Mission untuk kedua kalinya pada awal 2009, ia merilis album solo pertamanya berjudul Bare pada bulan Oktober tahun itu pada label Sony Music. (Di Jerman, ada empat lagu bonus.)

Pada bulan Mei 2009, Hussey mengumumkan di situs web The Mission dan dalam sebuah wawancara di BBC 6 Music bahwa dia dan Julianne Regan bekerja bersama dalam album dari lagu cover, reinterpretasi dari materi lama dan lagu baru, dan mengundang penggemar untuk menyarankan lagu untuk duo untuk cover ini. Album ini akhirnya dirilis pada musim gugur tahun 2011 sebagai Curios dengan nama Hussey-Regan di Cherry Red Records. Pada tahun 2014, ia merilis album solo keduanya, Songs of Candlelight & Razorblades, yang sebagian besar lagu akustik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...