Laman

Sabtu, 19 Mei 2018

MARTIKA


Dilahirkan dengan nama Marta Marrero pada 18 Mei 1969, yang dikenal sebagai Martika, adalah seorang penyanyi dan penulis lagu Amerika, yang merilis dua album internasional yang sukses pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, terjual lebih dari empat juta kopi di seluruh dunia. Hit terbesarnya adalah "Toy Soldiers" yang mencapai nomor 1 selama dua minggu di tangga lagu Amerika pada pertengahan 1989. Dia juga memerankan Gloria untuk tiga musim pertama pertunjukan musik anak-anak Kids Incorporated dari 1984–1986.


Martika lahir di Whittier, California, Amerika Serikat, dari orang tua Kuba dari Havana. Dia memasuki bisnis pertunjukan arus utama dalam peran yang tidak diakui sebagai salah satu gadis dalam film tahun 1982, Annie. Hal ini membawa dia menjadi pemeran sebagai Gloria Estefan pada acara anak-anak yang sudah lama berjalan, Kids Incorporated sebagai salah satu dari sekelompok anak-anak lingkungan yang menjadi terkenal di daerah setempat dengan menyanyikan lagu-lagu produksi panggung di sebuah sudut toko kelontong. Martika dan banyak anggota pemeran Kids Incorporated lainnya ditampilkan dalam nomor musik dari video motivasi Mr. T, Be Somebody ... or Be Somebody's Fool! pada tahun 1984.

Mengikuti perannya di Kids Incorporated dan Be Somebody, Martika dikontrak oleh Columbia Records. Rilisan solo pertamanya dirilis hanya di Jepang: "We are Music" direkam untuk mempromosikan kaset Sony di pasar Jepang, di mana lagu itu dirilis dalam format 12", 7" dan CD. 




Pada tahun 1987, Martika merekam versi lagu Michael Jay/Gregory Smith "Bounce Back" yang memasukkan sebuah video musik yang disiarkan di Entertainment '80 , meskipun tidak tersedia secara resmi.

Album pertamanya, Martika rilisan 1988 (No. 15 di AS) menelurkan lagu "Toy Soldiers", yang ia tulis bersama produsernya Michael Jay, dan menjadi hit top-5 di Britania Raya, Irlandia, Jerman, dan Australia. Di AS, "Toy Soldiers" menghabiskan dua minggu di No. 1 pada tahun 1989 dan disertifikasi Emas oleh RIAA. "Toy Soldier" juga masuk ke No 1 di Selandia Baru.

Dua single tambahan juga mencapai 40 besar di AS: "More Than You Know" (No. 18) dan "I Feel the Earth Move" (No. 25), yang merupakan remake dari lagu Carole King dari albumnya Tapestry. Kedua trek tersebut juga mencapai 20 besar di tangga lagu Dance Amerika dan UK Singles Chart. “I Feel the Earth Move" juga mencapai top 10 di Australia, Selandia Baru, dan Irlandia. Single keempat dan terakhir dari album, "Water", masuk ke wilayah bawah Inggris dan tangga algu Australia.

Album ini bersertifikat emas di AS pada tahun 1989, Platinum di Inggris pada tahun 1990, platinum ganda di Australia, dan terjual tiga juta kopi di seluruh dunia.

Pada tahun 1990, Martika ikut menulis lagu "Kiss Me Quick" bersama Michael Jay dan Marvin Morrow. Lagu ini diberikan kepada penyanyi freestyle/pop Alisha untuk album 1990-nya Bounce Back, di mana Martika juga berkontribusi vokal latar di lagu ini. 




Martika didorong oleh agennya untuk menggabungkan kecintaannya pada film dan musik dengan membuat soundtrack dan, pada tahun 1990, dia menulis dan merekam lagu "Blue Eyes Are Sensitive to the Light" untuk soundtrack film Arachnophobia. Produser album tidak menyukai vokalnya dan lagu ini direkam ulang oleh Sara Hickman untuk film tersebut. Lagu ini juga telah direkam oleh penyanyi Brasil Deborah Blando (pada tahun debut 1991-nya, A Different Story), Elba Ramalho dan Frances Ruffelle.

Pada tahun 1991, Martika mendekati Prince untuk mengerjakan beberapa trek baru. Diantaranya adalah yang US Top-10 single kedua dan terakhirnya, "Love ... Thy Will Be Done", yang juga menjadi Top-10 hit di Inggris dan mencapai #1 di Australia. "Love ... Thy Will Be Done" dimulai sebagai doa yang ditulis oleh Martika, dan Prince kemudian mengubahnya menjadi sebuah lagu.

Album keduanya, Martika's Kitchen, mencapai posisi No. 111 di chart Billboard Top Albums. Judul lagu hanya menerima siaran kecil di AS, dan mencapai #93 di chart Billboard Hot 100. Namun, album ini sukses lebih besar di luar negeri, meskipun dalam skala yang lebih rendah dari debutnya. Album ini mencapai di #15 di UK Album Chart, No. 9 di Australia, dan menelurkan hits lebih lanjut dengan lagu "Coloured Kisses" dan judul lagu, "Martika's Kitchen".

Pada tahun 1991, Martika juga menulis lagu "Temptation" untuk album milik Patti LaBelle, Burnin'.

Martika memainkan peran penyanyi lounge Dahlia Mendez dalam acara polisi Wiseguy pada tahun 1990, melawan Steven Bauer yang mengambil alih dari Ken Wahl untuk musim keempat dan terakhir.

Dia akhirnya memudar dari mata publik pada tahun 1991/1992 setelah meninggalkan industri musik, karena kelelahan dan merasa kewalahan dengan beban ketenaran.

Pada tahun 1997, album kompilasi greatest hits berjudul The Best of Martika: More Than You Know dirilis. Album ini mencapai angka penjualan lebih dari 500.000 eksemplar secara internasional. 




Selama 2000 ledakan dari pop Latin, Martika kembali muncul ke dunia musik, menyanyikan vokal latar pada berbagai proyek dan menyumbangkan lirik untuk rilisan oleh artis lain, meskipun ia gagal meraih perhatian label besar untuk dirinya sendiri. Sebagai gantinya ia membangun martika.net pada tahun 2001, sebuah situs web untuk para penggemarnya, dan merilis remix dari lagu baru yang direkam sendiri berjudul "The Journey". Dia juga merekam lagu berjudul "Monday" untuk album solo baru yang dinyatakan situs web sedang dalam penyelesaian. "The Journey" memiliki 5.000 klik sebagai unduhan gratis di layanan musik mp3.com. Namun, akhirnya situs webnya ditutup, album tidak pernah terwujud.

Pada tahun 2003, Martika bergabung dengan suaminya, musisi Michael Mozart, untuk membentuk band Oppera. Mengadopsi suara Latin pop, ia dan Mozart merilis album debut milik Oppera, Violince, pada tahun 2004. Rapper Eminem menggunakan sampel hit terbesarnya di AS, "Toy Soldiers", untuk "Like Toy Soldiers", lagu di album Encore tahun 2004-nya dan menampilkan Martika di bagian chorus dari lagu. Lagu ini masuk di No 1 di Inggris. Sebagai tanggapan, album hits terbesar Inggris Martika dikemas ulang dengan judulnya diubah menjadi Toy Soldiers: The Best of Martika. Sebuah biografi ditambahkan ke sisipan album yang mencerminkan sampel Eminem yang baru, meskipun itu menegaskan bahwa dia belum merilis album sejak Martika's Kitchen.

Oppera merilis album kedua self-titled pada tahun 2005. Martika mempromosikan rilis Oppera dengan tur toko buku Borders.

Pada tahun 2010, Martika, sekarang berada di bawah nama panggung Vida Edit, membintangi sebagai Lolly Pop dan ikut memproduksi program aksi televisi berbasis web J8ded . Acara anggaran rendah tersedia melalui berlangganan untuk empat episode.

Pada Oktober 2011, Martika berhenti menggunakan nama panggung Vida Edit dan meluncurkan situs web pribadi baru. Dia mulai mengunggah blog video yang menjanjikan album mendatang. Pada bulan November 2011, ia mengumumkan album baru akan dirilis pada awal 2012, dan terutama akan menjadi musik house dan dance berjudul The Mirror Ball. Dia kemudian mengumumkan single pertama, "Flow With the Go". Perilisan singel itu tertunda, diduga karena alasan pribadi; menurut halaman Facebook-nya, hilangnya anggota keluarga. Dia mengumumkan niat untuk merilis single kedua, "SloMotion", tetapi pada Juli 2015 (lebih dari tiga tahun kemudian) baik album full-length atau single kedua tidak pernah muncul.

Pada 1 Oktober 2012, Martika mengumumkan tur Australia, tetapi dibatalkan tanpa penjelasan. Situs resminya menunjukkan bahwa tur Mirror Ball di Amerika Serikat akan dimulai di Chicago pada 19 November 2012, dengan tambahan jadwal di Elk Grove dan Cincinnati. Namun, antara 2012 dan 2015 ia tampil dalam total lima pertunjukan langsung, semua di tempat klub kecil. Pengecualian adalah sebuah penampilan pada tahun 2014 bersama Debbie Gibson, Samantha Fox, dan Rick Astley di HitParade Festival di Chili. 




Pada bulan Juli 2016, ia adalah bagian dari "Totally 80s Tour" Australia. Konser ini menampilkan tujuh aksi internasional 1980-an, termasuk Martika, Berlin, Limahl dari Kajagoogoo, Paul Lekakis, Katrina dari Katrina and the Waves, Men Without Hats dan Stacey Q. Untuk penampilannya di tur dia menerima sambutan hangat dari pers Australia.

Martika saat ini tinggal di Ohio dengan suaminya, yang berkonsentrasi pada kehidupan pernikahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...