Laman

Sabtu, 26 Mei 2018

MARION RAVEN


Dilahirkan dengan nama Marion Elise Ravn pada 25 Mei 1984, dikenal sebagai Marion Raven, adalah seorang penyanyi dan penulis lagu Norwegia.


Raven lahir di Lørenskog, Norwegia; ayahnya adalah seorang guru. Dia memiliki kakak laki-laki dan dua adik perempuan. Nama belakangnya berasal dari Norse, dengan Ravn berarti Raven, yang ia adopsi sebagai nama panggungnya Marion Raven serta logo gagak merek dagangnya. Raven menikmati nyanyian dari usia muda, terkadang menulis lirik untuk lagu-lagu yang dinyanyikannya. Raven bergabung dengan paduan suara gospel di gereja lokal pada usia 5 tahun. Pada usia 7 tahun, ia menjadi bagian dari paduan suara St. Laurentius, yang memiliki banyak kaitan historis di Lørenskog, dan yang dimulai pada tahun 1965, dan masih dijalankan oleh pelatih vokalnya selama beberapa tahun, Kjell Walther Christensen. Saat berusia delapan tahun, Raven mulai bermain piano dan mengambil pelajaran piano dari Sif Anna Lisa Ødegård, menikah dengan Kjell Walther Christensen. Dia juga mengikuti kursus balet, serta melakukan balet di atas panggung. Pada tahun 1993, ia berakting dalam musikal "Sound of Music", di "Norwegian Broadway". Dia merekam musik anak-anak berjudul, "Vettene Vinner" (Vettene Wins), dengan grup musik, "Vettene", yang berarti "troll kecil yang melindungi alam", dan merupakan bagian dari rekaman grup "Vettene på gamlespor" (Vettene on Old Trek). Pada usia 10, Raven berakting dalam tahap produksi Bugsy Malone dan The Wizard of Oz

Pada tahun 1995, ayah Raven mengatur agar dia membuat demo di sebuah studio di Oslo, bersama dengan teman masa kecilnya, Marit Larsen. Duo ini mendapat kontrak rekaman dengan EMI Norway dan membentuk M2M. Setahun kemudian, mereka memproduksi album anak-anak berjudul, "Marit og Marion synger kjente barnesanger" yang berarti "Marit and Marion Sing Well-Known Children Songs". M2M dinominasikan untuk Grammy Norwegia, Spellemannprisen, tahun berikutnya. 



Pada tahun 1998, M2M mulai merekam demo pop dalam bahasa Inggris dan mencapai kontrak rekaman dengan Atlantic Records. Keduanya berkolaborasi dengan banyak penulis lagu dari seluruh dunia dan menghasilkan album debut multi-platinum mereka, Shades of Purple, yang dirilis pada tahun 2000, dengan single utama, "Don't Say You Love Me" yang ditampilkan di soundtrack Pokémon: The First Movie. Lagu ini diproduseri bersama oleh Jimmy Bralower dan Peter Zizzo (Celine Dion), dan dicampur oleh Tom Lord-Alge. Lagu ini mencapai puncak di Billboard Hot 100 di No. 21, terjual 39.000 unit dalam seminggu, menurut SoundScan. Album kedua mereka, The Big Room , yang direkam di sebuah studio di Bearsville di Woodstock, New York, dirilis pada tahun 2002. Setelah tur dunia untuk mempromosikan The Big Room berakhir, M2M bergabung dengan Jewel dalam tur dunianya sebagai aksi pembuka. M2M kemudian dibubarkan pada bulan September 2002.

Raven ditawari kontrak rekaman dengan Atlantic Records, meskipun tawaran itu kemudian dicabut. Dia ikut menulis "Pointless Relationship" yang merupakan single utama penyanyi Australia, album debut milik Tammin Sursok, Whatever Will Be'. Dia juga berkolaborasi di lagu "That Day", sebuah lagu yang dirilis oleh penyanyi pop Norwegia, Maria Arredondo, dari album tindaklanjut Arredondo pada 2004, Not Going Under, dan ikut menulis lagu "Disconnected", sebuah lagu yang disertakan pada album debut milik Lindsay Lohan "Speak" pada tahun 2004.

Setelah menandatangani kontraknya dengan Atlantic Records, Marion Raven mulai merekam album debutnya, dan bekerja dengan penulis lagu/produser Swedia Max Martin dan Rami, serta penyanyi-penulis lagu Kanada Chantal Kreviazuk dan suaminya Raine Maida dari 2003 hingga 2005. Awalnya, perusahaan rekaman itu tidak yakin akan peralihan Raven ke citra rock yang lebih banyak dan gaya penulisan lagu yang lebih gelap dan lebih personal. Raven harus berjuang untuk merekam jenis musiknya, musik rock dengan elemen pop. Daftar 14-lagu yang dihasilkan, termasuk 2 lagu bonus, mengembangkan suara rock/pop dan diberi judul Here I Am. Album ini melihat transformasi Raven dari musik candy-pop dari M2M ke penyanyi rock yang lebih kejam, dan dirilis di Skandinavia, Jepang, Amerika Latin dan Asia Tenggara.


Here I Am menelurkan tiga single, "End of Me", "Break You" dan "Here I Am". Break You memegang rekor sebagai single terlaris Raven secara internasional. Ketiga single ini sukses di wilayah Asia di mana ia lebih lanjut mempromosikan album dengan tur. Album ini dirilis di negara asal Raven pada 10 Agustus 2005 memulai debutnya di No. 6.

Pada awal 2006, diumumkan bahwa Raven menghentikan kontraknya dengan Atlantic Records karena "perbedaan artistik". Raven kemudian menegaskan bahwa dia sekarang menandatangani kontrak dengan label indie Eleven Seven Music, yang diciptakan oleh manajemennya 10th Street Entertainment.

Raven kemudian melakukan duet dengan musisi rock Meat Loaf pada versi lagu "It's All Coming Back to Me Now", dirilis sebagai single utama dari album studio kesepuluh milik Loaf, Bat Out of Hell III: The Monster Is Loose in October 2006. Lagu ini mencapai nomor 1 di Norwegia dan mencapai sepuluh besar di Jerman dan Inggris. Raven kemudian bergabung dengan Loaf dalam tur ekstensif melalui Kanada dan Eropa pada Februari 2007.

Pada tahun 2007 ia juga merekam lagu tema untuk sulih suara AS dari W.I.T.C.H., sebuah serial animasi Jetix yang didasarkan pada komik dengan judul yang sama. 



Raven kemudian menegaskan bahwa album barunya akan berisi lagu-lagu baru dan lama dari debut Norwegia-nya serta lagu-lagu yang direkam ulang seperti "Heads Will Roll", yang menerima bantuan musisi Amerika Nikki Sixx dan dirilis sebagai EP pada Oktober 2006. Sebelum merilis album Raven Set Me Free pada Maret 2007, ia melakukan tur keliling Belanda, Jerman dan Inggris untuk membantu mempromosikannya. Raven kemudian memulai tur promosi lain di Inggris dan tampil di sekolah-sekolah Inggris. Kemudian antara Juli dan Agustus, ia menjadi pendukung I’m Not Dead Tour untuk penyanyi dan penulis lagu Amerika, Pink, di Jerman. Album ini kemudian dirilis pada Juni 2007 dan mengeluarkan dua single; "Falling Away" dan rilis ulang single sebelumnya "Break You" dari album debut Norwegia-nya.

Pada tahun 2008, Raven membuat penampilan cameo dalam video musik untuk lagu "Saints of Los Angeles" oleh Mötley Crüe. Pada tahun 2010 ia menjadi hakim panelis pada versi Norwegia dari acara bakat The X Factor dan kemudian di Norwegian Idol.

Awalnya, Raven merekam album studio ketiga Nevermore pada tahun 2009 dan menulisnya untuk dirilis 2010, tetapi karena masalah internal dengan label rekamannya Eleven Seven Music, album itu tidak pernah dirilis. Album ini mengeluarkan dua single "Flesh And Bone" dan "Found Someone" yang secara eksklusif dirilis di Skandinavia.

Marion kemudian merilis single "Colors Turn to Grey" pada Maret 2012 dan menyatakan pada Oktober 2012 bahwa dia sedang mengerjakan materi untuk album baru. Pada Maret 2013, Marion merilis single "The Minute" dari album keduanya Songs dari Blackbird, yang dirilis pada 5 April 2013 di Norwegia. Menjadi album pertamanya dalam delapan tahun, Lagu-lagu dari Blackbird berhasil mencapai puncak di No 3 di Norwegia. Album ini dipromosikan lebih lanjut dengan single ketiga - lagu "Driving" - dan Tur Norwegia pada 2013.

Sebelum merilis versi internasional, Marion merilis ulang "The Minute" untuk single internasional melalui iTunes pada 25 Juli 2014. Pada bulan Agustus dan 31 Oktober 2014, versi internasional dari Songs from a Blackbird dirilis masing-masing di seluruh dunia dan Australia. Lagu ini menggabungkan campuran versi Norwegia dan tiga lagu baru baik dari Scandal Vol. 1 dan Skandal Vol. 2. Untuk Jerman, Swiss, Austria dan Australia, dirilis secara fisik sedangkan di seluruh dunia, termasuk Jerman, Swiss, Austria dan Australia, itu hanya dirilis melalui iTunes Store.

Pada Januari 2014, Marion mengumumkan rencana untuk merekam album studio ketiganya setelah penandatanganan dengan Sony Music. Judul album itu kemudian diumumkan sebagai Skandal sementara tanggal rilisnya ditetapkan pada September 2014, kemudian album ini dibagi menjadi dua bagian, Scandal Vol. 1 dirilis pada 22 September 2014, dan Scandal Vol. 2 dirilis pada 2 Februari 2015. 



Raven juga membintangi musim kedua dari acara TV realita Norwegia Hver gang vi motes, disamping artis musik Norwegia lainnya Morten Abel, Ole Paus, Anita Skorgan, Magnus Gronneberg, Kurt Nilsen dan Lene Marlin.

Raven juga menulis lagu untuk artis lain seperti Pixie Lott. Dia juga meminjamkan suaranya kepada versi bahasa Norwegia dari Tangled. Raven menikahi profesional Anthony Wickersham pada tahun 2010 dan berpisah pada 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...