Laman

Kamis, 17 Mei 2018

SIMON LEES


Dilahirkan pada 16 Mei 1970 di Wolverhampton, Inggris, adalah gitaris, penyanyi, penulis lagu, dan produser musik heavy metal asal Inggris.


Dia membentuk band rock berbasis Wombourne, Osprey, pada tahun 1986. Mereka merekam "Scene of the Action", sebuah demo enam lagu di Far Heath Studios pada Januari 1989. Ini direkayasa dan diproduksi oleh Angus Wallace. Lees meninggalkan band pada bulan Agustus tahun itu. Pada tahun 1988, dia mulai memberikan pelajaran gitar pribadi. Pada bulan April 1990 ia membentuk Nitebreed, yang mendukung The Mock Turtles di Wulfrun Hall di Wolverhampton pada bulan Mei tahun itu, meskipun band segera bubar. Dia kemudian melakukan kerja sesi dengan The Red House Snakes pada bulan Agustus 1990, dan merekam demo empat lagu di Stourbridge, yang diproduseri oleh Brian Tatler. Pada bulan Januari 1991, Lees memainkan gitar, bass dan menyanyikan vokal latar pada demo kedua the Red House Snakes yang diproduseri oleh Paul Hodson.

Pada bulan September 1991, Lees merekam demo solo pertamanya, "Buggy - When Will I Learn", sebelum mereformasi Nitebreed pada bulan Mei berikutnya dan merekam demo pertama mereka. Pada bulan Oktober 1992, ia membentuk Plain Jain dan mereka merekam demo "Better Late Than Never". Pada tahun 1993, ia ikut memproduksi demo oleh band-band Wolverhampton, Almost Human dan Graveyard Shift. Pada bulan September 1993, ia memenangkan sebuah tempat di final kompetisi 'Guitarist of the Year' oleh majalah Guitarist, gelar yang dimenangkan tahun itu oleh Guthrie Govan. Pada bulan Januari 1994, Lees merekam dan memproduksi demo kedua Plain Jain dan memainkan lebih dari 50 pertunjukan di West Midlands dengan Plain Jain. Pada April 1994, ia bergabung dengan Tantrum.

Pada bulan September 1994, ia kembali mendapat sebuah tempat di final kompetisi 'Guitarist of the Year' oleh majalah Guitarist. Pertunjukan langsung dari masing-masing kontestan direkam, dan dirilis di album Guitarist of the Year 1994 di Music Maker. Pada Oktober Lees meninggalkan Tantrum untuk mengerjakan pertunjukan one-man-nya. Dia kembali mencapai final kompetisi 'Guitarist of the Year'.

Pada bulan November 1998, Lees merilis album solo pertamanya, My World. Bulan yang sama Lees memenangkan kompetisi 'Guitarist of the Year'. Sebuah wawancara di Central News milik ITV diikuti dengan beberapa artikel surat kabar. Pada Januari 1999, Lees melakukan versi akustik dari lagunya "Hunted" di BBC Radio WM. Dia membentuk dan memiliki jabatan pendek dengan band Lost Souls, sebelum bergabung dengan Ozzmosis. Pada bulan November 2000, Lees muncul di Stars in Their Eyes di mana ia menyanyikan "I Don't Want to Miss a Thing" milik Aerosmith. Pada tahun 2002 ia menguji amplifier gitar baru yang dirancang oleh perusahaan berbasis Kidderminster, Blue Tone.

Pada tahun 2003, Lees merekam dua lagu baru untuk album solo remaster milik Al Atkins, Heavy Thoughts. Lagu-lagu ini adalah "Cradle to the Grave" dan "Sentenced". Versi remaster dari album ini dirilis pada tahun 2006 pada label Market Square. Pada bulan Februari 2003, Lees bergabung dengan Budgie dan merekam tujuh lagu dengan band yang nantinya akan muncul sebagai lagu bonus pada empat album remaster milik Budgie. Belakangan tahun itu, Lees merilis album solo keduanya, Freethinka. Pada tahun 2004, Lees merekam solo gitar untuk sebuah album oleh Neil Murray dari The Hamptons, yang berjudul Krankschaft - Der Varterlands. 



Pada 2004 dan 2005, Lees merekam bagian gitar untuk album Al Atkins, Demon Deceiver (2007), dan juga menulis judul lagu. Lees juga menghasilkan sebuah DVD pelajaran gitar, Signpost to the Fretboard. Pada tahun 2006 Lees menulis serangkaian artikel pelajaran untuk majalah internet, All Out Guitar, diwawancarai oleh The Express dan Star dan di BBC Radio WM. Selama tahun 2005 dan 2006, ia ikut menulis dan merekam album Budgie, You're All Living in Cuckooland (2006), dengan bassist dan penyanyi Burke Shelley di studionya di Cardiff. Lees memainkan gitar klasik di "Black Velvet Stallion" untuk album Budgie yang di remaster, If I Were Brittania I’d Waive the Rules. Dia meninggalkan Budgie pada Juli 2007.

Pada bulan April 2007, Lees tampil sebagai 'Pop' dalam musikal We Will Rock You di Grand Theatre di Wolverhampton. Bulan yang sama ia membawakan "Rockin' All Over the World" di Molineux Stadium sebelum kick-off antara Wolves dan Birmingham City. Pada tahun yang sama ia membentuk Anubis, yang merilis Sibuna pada Januari 2008. Dia ikut menulis, menjadi produser dan membuat master EP tindak lanjut, Avatar, yang dirilis pada bulan November 2008. 



Pada bulan Juni 2009, Lees melakukan pertunjukan One Man Rock Show pertamanya di Kulttuurikeskus Kaisain, di Helsinki, Finlandia. Selama paruh kedua tahun 2009 ia memproduseri album kedua milik Anubis, Waking the Dead, yang dirilis pada Maret 2010. Pada bulan Februari 2010, Lees merekam program radio tiga jam yang bernama "The Pharaoh Rock Show" yang disiarkan di radio internet. Pada bulan September 2010, Lees memproduseri album ketiga Anubis, Anubis Live, yang telah direkam pada pertunjukan mereka di Sonic Rock Solstice Festival pada Juni 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...