Laman

Jumat, 31 Agustus 2018

DEBBIE GIBSON



Dilahirkan dengan nama Deborah Ann Gibson lahir pada 31 Agustus 1970, di Brooklyn, New York, dan besar di Merrick, New York. Gibson mulai mengambil pelajaran piano dari Morton Estrin (yang juga mengajari Billy Joel) pada usia 5 tahun, dan dengan cepat membuktikan dirinya seorang musisi ajaib. Dia menulis lagu pertamanya, "Make Sure You Know Your Classroom," pada usia 6 tahun, dan di kelas lima ia menulis sebuah opera. "Itu berjudul Alice in Operaland," kenang Gibson. "Alice menemukan karakter dalam opera terkenal."

Selain menulis, Gibson juga mulai tampil di usia yang sangat muda. Dia mulai berakting dalam produksi teater komunitas sejak usia 5 tahun, dan ketika berusia 8 tahun dia bergabung dengan paduan suara anak-anak di Gedung Opera Metropolitan yang terkenal di New York City. Meskipun jadwal sibuknya sebagai penulis lagu dan penampil muda, Gibson menemukan waktu untuk menikmati kesenangan masa kecil. "Aku tidak pernah merasa aku dirampok masa kecilku," katanya. "Aku bergantung pada semua yang aku bisa."

Gibson membangun sebuah studio sementara di garasi keluarganya dan mulai mendedikasikan sedikit waktu luangnya untuk menulis dan merekam musik. Ketika ia memenangkan $1.000 dalam kontes penulisan lagu saat masih berusia 12 tahun (untuk lagu yang ditulisnya berjudul "I Come From America"), orang tua Gibson menyadari bakat musik anak perempuan mereka mungkin akan menjadi sebuah karier. Mereka mempekerjakan Doug Breibart untuk bertindak sebagai manajer Gibson, dan Breibart mengajarinya cara mengaransemen, mengolah, dan memproduksi musiknya sendiri. Pada saat dia berusia 15 tahun pada 1985, Gibson telah merekam lebih dari 100 lagu sendiri. 


Belakangan tahun itu, Gibson menandatangani kontrak dengan Atlantic Records dan mulai merekam album debutnya dengan produser musik terkenal Fred Zarr. Dia merilis Out of the Blue pada tahun 1987, yang meroket ke puncak tangga lagu dan menjadikan Debbie Gibson seorang ikon pop hampir dalam semalam. Album ini mencapai No. 7 di Billboard's Hot 100 Albums chart dan mendapat sertifikat tiga kali platinum. Dua single pertamanya, "Only in my Dreams" dan "Shake Your Love," keduanya mencapai posisi nomor 4 di tangga lagu Billboard. Single ketiga album, "Foolish Beat," mencapai No. 1, membuat Gibson orang termuda dalam sejarah untuk menulis, menampilkan dan menghasilkan single No. 1 — sebuah rekor yang masih ia miliki hari ini.

Debbie Gibson berhasil menjalani kehidupan ganda sebagai artis rekaman pemuncak tangga lagu dan seorang siswa yang tampaknya normal di Calhoun High, sekolah umum setempat di Merrick. "Aku mengenakan topi baseball dan tanpa riasan, dan tak seorang pun akan mengenaliku," kenang Gibson. Dia lulus dengan pujian pada tahun 1988 dan bahkan menghadiri prom seniornya setelah memberikan satu syarat kepada DJ: "Saya meminta mereka untuk tidak memainkan rekaman saya malam itu," ingat Gibson. "Aku tidak ingin mengganggu pada malam hari."

Setelah lulus dari sekolah menengah pada 1988, Gibson segera mulai mengerjakan album lain. Dia merilis album keduanya yang paling terkenal, Electric Youth, pada tahun 1989, dan memegang posisi No. 1 di tangga lagu Billboard selama lima minggu. Single pertama, "Lost in Your Eyes," juga mencapai No. 1 di tangga lagu, dan Gibson berbagi penghargaan Song of the Year ASCAP tahun 1989 dengan Bruce Springsteen. Namun, setelah Electric Youth popularitas milik Gibson sebagai bintang pop mulai memudar. Pada tahun 1990, ia merilis album ketiga, Anything is Possible, yang mencapai No. 41, dan pada tahun 1992 album keempatnya, Body, Mind, Soul, gagal masuk top 100.

Gibson kemudian mengambil hiatus dari musik pop yang menentukan masa mudanya untuk membuat ulang dirinya sendiri — seperti Deborah daripada Debbie Gibson — sebagai aktris panggung. Dia membuat debutnya di Broadway sebagai Eponine dalam produksi Les Miserables tahun 1992. Segera setelah mengakhiri perjalanannya di Les Mis, Gibson pergi ke London untuk membintangi Sandy dalam sebuah produksi West End dari Grease. Produksi terjual habis untuk seluruh sembilan bulan peran milik Gibson, menghancurkan rekor box office West End. 


Gibson beralih bagian untuk memerankan Rizzo dalam tur nasional Grease AS sebelum kembali ke Broadway untuk beralih peran seperti Belle dalam Beauty and the Beast (1997) dan Gypsy Rose Lee di Gypsy (1998). Sepenuhnya didirikan sebagai bintang teater musikal, Gibson terus mendapatkan peran utama di hampir setiap musikal Broadway populer saat itu. Penampilannya yang terkenal termasuk narator dalam Joseph dan Amazing Technicolor Dreamcoat (2000); peran judul dalam Cinderella (2001); Velma Kelly di Chicago (2002); dan Sally Bowles di Cabaret (2003).

Bakat yang luwes dan abadi, karier teater musikal Gibson pada 1990-an dan 2000-an terbukti sedikit berhasil seperti permainannya yang luar biasa sebagai sensasi pop tahun 1980-an. Dalam beberapa tahun terakhir, Gibson telah berubah untuk mendidik dan membimbing gadis-gadis muda yang berharap untuk berhasil di industri hiburan. Dia mendirikan Deborah Gibson’s Electric Youth, sebuah kamp pemuda untuk pendidikan seni, pada tahun 2008, dan setahun kemudian dia mendirikan Gibson Girl Foundation untuk memberikan beasiswa bagi anak-anak yang kurang mampu untuk belajar seni.

Deborah Gibson masih memiliki penampilan yang tampak muda — sesuatu yang ia hargai untuk pacar lamanya, spesialis anti-penuaan Dr. Rutledge Taylor. Dan sementara dia bukan lagi seorang remaja berambut pirang yang melompat-lompat untuk melakukan tarian dansa sambil memasang kostum olahraga, jaket kulit dan topi hitam khasnya, Gibson tetap berhubungan dengan masa mudanya dengan cara yang lebih bermakna. 


Dia melakukan kunjungan rutin ke kota tempat dia dibesarkan, Merrick, di mana dia masih mengenal teman-teman lamanya dan gurunya dengan nama pertama mereka, dan di mana cat hijau yang memudar dari papan jenjangnya masih menandai trotoar di luar rumah masa kecilnya. "Ketika Anda mendengar nama Debbie Gibson," kata seorang teman masa kecil, "cahaya menyala di Merrick."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...