Laman

Minggu, 26 Agustus 2018

DAVID FREIBERG




David Freiberg (diucapkan FRY-BERG), dilahirkan pada 24 Agustus 1938 di Cincinnati, Ohio, AS adalah seorang musisi Amerika yang terkenal karena kontribusi vokal, keyboard, bass listrik, gitar ritem, biola dan perkusi sebagai anggota Quicksilver Messenger Service, Jefferson Airplane dan Jefferson Starship.

Dilatih secara klasik dengan biola dan viola, Freiberg memulai karir cemerlangnya sebagai sebagai penyanyi-penulis lagu rumah kopi (bermain gitar akustik) selama kebangkitan musik folk Amerika saat bekerja untuk sebuah perushaan kereta api. Untuk sementara, ia berbagi rumah di Venice, California dengan David Crosby dan Paul Kantner sebelum sempat dipenjara karena kepemilikan mariyuana. Sebelum dipenjara, ia juga berkenalan dengan Dino Valenti, pernah menjadi teman sekamar Crosby di sebuah rumah perahu di Sausalito, California. 


Setelah dibebaskan, Freiberg mendirikan Quicksilver Messenger Service bersama gitaris John Cipollina, Jim Murray, Gary Duncan, dan drummer Greg Elmore sesaat setelah Valenti (yang baru saja menyewa musisi untuk band pendukungnya setelah ledakan folk rock) dipenjara karena memiliki ganja dan metamfetamin pada tahun 1965. Karena kejelian para gitaris dalam grup, Freiberg (yang hanya akrab dengan teman-teman bandnya melalui persahabatan mereka dengan Valenti, dengan Cippolina berkomentar bahwa mereka telah diinstruksikan untuk "mengurus" dirinya) ditugaskan pada bass. 


Meskipun tidak sukses secara komersial seperti sesama band seperti Jefferson Airplane, Big Brother and the Holding Company dan Grateful Dead, Quicksilver merupakan bagian integral dari awal suara San Francisco. Selain menghasilkan tiga hit Billboard Top 100, beberapa album mereka masuk dalam 30 besar di chart album majalah itu. Dia terus berperan sebagai bassis grup dan berkontribusi pada penulisan lagu band sampai September 1971, ketika dia meninggalkan grup untuk memulai hukuman penjara lain untuk kepemilikan ganja. 


Tak lama setelah dibebaskan pada tahun 1972, Freiberg bergabung dengan Jefferson Airplane atas perintah Kantner, untuk menggantikan Marty Balin untuk tur yang mempromosikan album studio terakhir mereka (Long John Silver). Dia kemudian muncul di Thirty Seconds Over Winterland (1973), sebuah album live yang diambil dari tur.

Setelah ketidakjelasan panjang di mana nasib band itu dipertanyakan (memaksa Freiberg untuk secara singkat menjadi pengangguran setelah RCA Records membatalkan gaji Jefferson Airplane), lineup Jefferson Airplane akhir direformasi sebagai Jefferson Starship pada awal 1974 menyusul kepergian gitaris utama Jorma Kaukonen dan bassis Jack Casady. Dia tetap dengan grup ini selama hampir sebelas tahun, pergi tak lama setelah pembentukan Starship pada akhir 1984 karena perbedaan kreatif atas pemilihan dan perekaman dari "We Built This City" dengan Grace Slick (yang, menurut manajer lama Bill Thompson, dianggap Freiberg menjadi "bobot mati") dan peran luar biasa dari produser Peter Wolf; Selama periode ini, Wolf telah secara efektif menggantikan Freiberg sebagai keyboardis utama band di studio dan memilih pertunjukan langsung. 


Meskipun Freiberg (yang umumnya bermain keyboard) dan sesama pemain multi-instrumentalis Pete Sears (yang umumnya bermain bass) sering berganti-ganti pada kedua instrumen sepanjang masa jabatan mereka dalam grup, Ben Fong-Torres mencatat dalam profil tahun 1978 dari grup bahwa "Freiberg menganggap dirinya adalah pemain bass." Dia menguraikan perbedaan ini dalam sebuah wawancara tahun 1997 dengan John Barthel: "Saya sebenarnya bukan pemain keyboard. Saya menggunakannya untuk input ke komputer sekarang, dan hal-hal seperti itu, tetapi itu tidak pernah menjadi instrumen saya. Saya baru saja menggunakannya untuk menulis lagu karena itu adalah mesin tik musik, pada dasarnya, itulah yang sebenarnya." 


Tidak pernah menjadi penulis lagu yang produktif dan dicirikan oleh Fong-Torres sebagai "pada dasarnya seorang musisi pendukung" di Jefferson Starship, Freiberg terutama menjabat sebagai komposer utama dari "Jane," hit #14 untuk grup pada tahun 1979 di sebuah titik waktu yang krusial segera setelah kepergian dari Slick dan Balin dan integrasi dari Mickey Thomas. Sejak itu “Jane” dipamerkan secara mencolok dalam video game 2009 Grand Theft Auto IV: The Lost and Damned dan sebagai tema pembuka dari waralaba Wet Hot Hot Summer. Dia juga mengembangkan riff organ "khas" dari "Miracles" milik Balin, single milik grup yang paling sukses.

Setelah hiatus dua dekade, Freiberg bergabung kembali dengan Kantner (memperbaiki keretakan yang berasal dari penolakan awal Freiberg untuk meninggalkan Jefferson Starship bersamanya pada 1984) di Jefferson Starship: The Next Generation untuk tur 2005 mereka, yang diberi nama sebagai "The Jefferson Family Galactic Reunion". Pada 2010, ia secara resmi bergabung kembali dengan grup tersebut, setelah muncul di album Jefferson's Tree of Liberty pada 2008, rilisan Jefferson Starship pertama yang menampilkan Freiberg sejak Nuclear Furniture pada 1984. Menyusul kematian Kantner pada Januari 2016, Freiberg adalah satu-satunya anggota asli Jefferson Starship dalam iterasi dari grup saat ini. 


Pada bulan April 2017, Freiberg, drumer Jefferson Starship/Starship, Donny Baldwin, dan anggota band Jefferson Starship lainnya dituntut oleh mantan gitaris Jefferson Starship/Starship, Craig Chaquico untuk penggunaan berkelanjutan mereka atas nama band setelah kematian Kantner. . Menurut Chaquico, band ini sebelumnya setuju untuk mempensiunkan moniker dalam perjanjian penyelesaian 1985 antara anggota yang tersisa dari Jefferson Starship (termasuk Baldwin dan Freiberg) dan Kantner pada saat kepergiannya dari grup. Chaquico juga menuduh bahwa jajaran post-Kantner telah memanfaatkan kemiripannya tanpa persetujuannya di situs web, halaman Facebook dan di materi promosi mereka lainnya.

Band ini masih melakukan tur pada bulan Juli 2018. Pada usia 79, Freiberg tetap menjadi satu-satunya anggota asli aktif di band. Pada bulan November 2018, Freiberg berkolaborasi dengan Dayton Symphony.

Pada tahun 1966, Freiberg menikahi Julia "Girl Freiberg" Brigden; mereka memiliki seorang anak perempuan, Jessica. Setelah perceraian mereka pada tahun 1979, Freiberg menikah lagi dengan penyanyi Linda Imperial pada tahun 1990. Mereka tinggal di Marin County, California, di mana dia telah membangun sebuah studio rekaman dan berlatih Soka Gakkai. Menurut Bruce Arnold dari Orpheus, "Dia telah mengembangkan cara luar biasa untuk merekam gitar akustik saya dan memiliki mikrofon suara $100.000 yang akan membuat orang terdengar bagus."

Setelah digambarkan sebagai "orang terbaik di dunia musik San Francisco," Freiberg memegang perbedaan tunggal karena dikaitkan dengan lebih banyak band San Francisco asli daripada individu lainnya. Dia juga mempertahankan koneksi yang sama kuatnya dengan Grateful Dead; Selain bermain di tim bisbol intramural mereka, Freiberg sering berkolaborasi dan tampil bersama Robert Hunter dan Mickey Hart. Dia adalah satu-satunya anggota dari Quicksilver Messenger Service untuk berpartisipasi dalam sebagian besar rekaman dari Planet Earth Rock and Roll Orchestra (serangkaian album solo dan rekaman yang belum pernah dirilis oleh Crosby, Kantner dan yang lainnya yang memanfaatkan banyak era dari bakat berbasis di Bay Area) dan secara singkat memberikan pengiring yang tidak terakreditasi untuk Ace of Cups, band all-female San Francisco yang inovatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...