Laman

Sabtu, 18 Agustus 2018

TONY MONOT


Dilahirkan dengan nama Toni Agus Bekti Sutomo di Washington DC, pada 16 Agustus 1966. Dia sempat vakum dari Roxx di era 1990-an, untuk mengenyam pendidikan Audio Engineering di SAE Institute, Jerman.


Pada suatu hari di tahun 2012, Toni yang selesai manggung pulang mengendarai mobil bersama istrinya, Irma, menuju rumah mereka di daerah Ciawi, Jawa Barat. Keduanya tidak pernah tahu bahwa malam itu akan mengubah hidup mereka selamanya. Toni yang memegang kemudi melaju di ruas tol Jagorawi. Keduanya menghabiskan waktu dalam perjalanan dengan bercakap-cakap. Irma masih mengingat jelas peristiwa tragis itu. Namun tidak dengan Toni. Kecelakaan parah itu membawa dampak panjang bagi Toni, yaitu amnesia atau hilang ingatan. Toni dirawat selama dua bulan di rumah sakit. 


Dengan kondisi Tonny seperti itu, Jaya dan rekannya yang lain tak lantas mencari pengganti Tonny. Sebagai wujud kesetiakawanan dalam band yang mereka bentuk bersama, mereka sepakat tetap mempertahankan Tonny.

Hilang ingatan yang dialami Toni membuatnya sulit mengkonstruksikan bahasa. Termasuk mengenali objek dan membahasakan apa yang ada di benaknya. Selama bertahun-tahun Irma dan para sahabat Toni bersama-sama membantu Toni untuk kembali menelusuri ingatannya yang hilang. Sementara itu Toni mengaku salah satu caranya untuk memancing memori masa lalu adalah dengan mendengarkan kembali lagu-lagu Roxx. Dd Crow mengatakan, salah satu kemampuan Toni yang tidak hilang ketika amnesia adalah bermain bass. Meski tidak se-fasih sebelum peristiwa tragis itu terjadi.

Lagu Setengah Manusia ditulis untuk mengenang Toni Monot, yang berjuang menelusuri ingatannya yang hilang. Dalam proses penulisannya, lagu Setengah Manusia melibatkan banyak sosok, yaitu Dd Crow (gitaris), Raiden Soedjono (drummer) dan Iwan (gitaris) dalam hal aransemen musik. Sedangkan lirik ditulis oleh Dd Crow dengan melibatkan Austin Utammy (istri Dd, sekaligus manajemen Roxx), dan Irma Muti (istri Toni Monot) .

Setengah Manusia ditulis Dd atas ide dari Irma. Lagu yang ditulis pada Desember 2016 itu terekam dalam album terbaru Roxx, Anthem, yang dirilis akhir Maret 2017. Album Anthem sekaligus menjadi penanda perjalanan Roxx selama 30 tahun. Toni mengaku tak kuasa menahan haru ketika mendengar lagu yang dibuat untuk dirinya itu.

Lirik Setengah Manusia dibuat secara runtut menceritakan momen awal ketika Toni sadar setelah menjalani perawatan medis selama berbulan-bulan. Perjuangan Toni sampai di titik sekarang ini tidak mudah. Namun, dia gigih dan tidak menyerah atas kondisi yang menimpanya. Irma dengan tekun mengajari Toni membaca, menggunakan ponsel, memperkenalkan benda-benda di sekitar, hingga memancing memori dengan memperlihatkan foto masa lalu. Fase pulihnya Toni bisa dibilang belum lama. Menurut penuturan Irma, Toni mulai pulih dan mengenali siapa dirinya pada pertengahan 2016.

Satu hal yang pasti, Toni tidak menyerah. Dd mengisahkan bagaimana getolnya Toni dalam fase amnesia belajar bermain bass.

Waktu pada akhirnya menyembuhkan, meski perlahan. Toni pulih, tiap keping puzzle ingatannya berhasil dia rangkai satu demi satu. Di atas itu semua, musik ikut menyelamatkan ingatannya. Kembalinya Toni setelah bergumul dengan maut dapat kita dengar lewat permainan bass di album Anthem..

Toni saat ini - pada akhir Maret 2017 - adalah Toni yang baru. Toni yang sudah berhasil berjuang menelusuri ingatannya. Toni yang tidak menyerah mengenali dirinya sendiri.

Roxx resmi merilis album baru bertajuk 'Anthem' pada tanggal 1 April 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...