Laman

Selasa, 07 Agustus 2018

LEIF EDLING



Dilahirkan pad 6 Agustus 1963 adalah seorang musisi Swedia, paling dikenal sebagai penulis lagu utama, pemain bas dan salah satu anggota pendiri band metal doom asal Swedia, Candlemass. Dia adalah satu-satunya anggota band yang bertahan sejak awal berdirinya hingga hari ini. Namun demikian, sejak reuni kedua band pada tahun 2002 Edling telah didukung lagi oleh gitaris ritem pendiri Mats Björkman, yang absen dari tahun 1997 hingga 2002 dan digantikan oleh Michael Amott.


Edling memulai karir musiknya di band Trilogy, kemudian di bawah nama Toxic, sebagai penyanyi bersama dengan Ian Haugland (kemudian menjadi drummer Eropa) pada tahun 1979. Dia kemudian bermain di sebuah band bernama Witchcraft tetapi pergi pada tahun 1981 dan membentuk Nemesis di tahun 1982. Sebelum rilisan resmi Candlemass, Edling juga menangani tugas vokal selain bermain bass. 


Setelah kepergian Messiah Marcolin, Candlemass menjadi proyek solonya, sampai band ini direformasi pada tahun 2002. Pada tahun 1994, ketika Candlemass bubar, Leif memulai band Abstrakt Aljebra dengan Mats Levén pada vokal dan Mike Wead pada gitar. Band ini mendapatkan kesuksesan yang terbatas dan berpisah setelah satu album. 


Pada tahun 2002 ia mendirikan band doom metal lain, bernama Krux, juga dengan Mats Levén pada vokal, dan pada 2013 mendirikan Avatarium bersama Marcus Jidell pada gitar dan istri Jidell, Jennie-Ann Smith pada vokal. 


Sejak awal 2014 Edling tidak dapat melakukan tur dengan Candlemass atau Avatarium karena masalah kesehatan yang tidak disebutkan, meskipun diyakini sebagai sindrom kelelahan kronis. Candlemass telah menggunakan mantan bassis Grave/Entombed Jörgen Sandström, atau pemain keyboard Per Wiberg yang beralih ke bass, sementara Anders Iwers dari Tiamat telah mengisi dengan Avatarium.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...