Laman

Kamis, 09 Agustus 2018

SHANE GAALAAS



Dilahirkan pada 8 Agustus 1967 di Innisfail, Alberta adalah drummer, multi-instrumentalis dan penulis lagu kelahiran Kanada yang terkenal karena afiliasi jangka panjangnya dengan superstar pop/rock Jepang B'z, dimana dia bergabung pada tahun 2002, dan karyanya yang luas dengan gitar virtuosos Michael Schenker, Yngwie Malmsteen, Uli Jon Roth, Vinnie Moore, dan Jeff Kollman.


Gaalaas juga merupakan anggota pendiri trio rock progresif Cosmosquad dan band extreme metal Diesel Machine. Dia telah merilis beberapa album sebagai artis solo dan terus bekerja sebagai musisi sesi. Gaalaas adalah lulusan dari Grant MacEwan Music College di Edmonton, Alberta dan Percussion Institute of Technology di Hollywood, CA; dia saat ini tinggal di daerah Los Angeles.

Gaalaas mulai bermain gitar pada usia sembilan tahun dan mengambil drum setahun kemudian. Setelah mendengar Kiss - Alive!, dia memohon kepada orang tuanya untuk membawanya menyaksikan Kiss di Love Gun Tour mereka pada tahun 1977. "Konser itu mengubah hidup saya. Itu sangat berdampak pada saya, sejak saat itu saya tahu apa yang akan saya lakukan dalam hidup."

Setelah lulus SMA, Gaalaas mulai tur secara profesional dengan sebuah kelompok Top 40 sebelum mendaftar untuk belajar jazz, perkusi dan piano di Grant MacEwan Music College di Edmonton, Alberta pada tahun 1987. Selama tiga tahun berikutnya, Gaalaas melakukan tur dengan sejumlah band Kanada. Sepanjang 1991, ia merekam dan melakukan tur dengan gitaris/produser Paul Dean dari band Loverboy dalam sebuah band bernama The Heat.

Pada tahun 1993, Gaalaas pindah ke Los Angeles, CA untuk belajar di Musicians Institute, dari mana ia lulus dengan Vocational Honours dan juga memenangkan penghargaan "Rock Drummer of The Year". Memasuki kompetisi drum Guitar Center, dia menarik perhatian salah satu hakim, drummer Deen Castronovo, yang akan merekomendasikannya kepada gitaris Yngwie Malmsteen hanya beberapa hari kemudian. "Saya akhirnya terbang ke Miami ... dan itu bahkan tidak benar-benar audisi. Saya pergi ke sana dan mendapat pertunjukan dan minggu depan kami ada di jalan. Semua karena Deen." 


Pindah dari Malmsteen setelah siklus tur album Magnum Opus, Gaalaas dan bassist Barry Sparks bergabung dengan Michael Schenker Group dan melanjutkan untuk merekam beberapa proyek lainnya bersama-sama, termasuk album oleh vokalis John West dan gitaris Miloš Dodo Doležal, Vinnie Moore, dan Uli Jon Roth, sambil terus bekerja dengan Schenker. Selain itu, Gaalaas dan Sparks bekerja sama dengan gitaris Jeff Kollman untuk membentuk trio all-instrumental Cosmosquad. Gaalaas juga akan bergabung dengan gitaris Halford masa depan dan vokalis Damageplan Patrick Lachman di Diesel Machine. Mantan bassis Deep Purple dan vokalis Black Sabbath, Glenn Hughes, merekrut Gaalaas untuk putaran tur Eropa-nya tahun 2001 yang menyebabkan Shane bekerja dengan Hughes dan alumni Purple lainnya, vokalis Joe Lynn Turner, pada kedua album studio HTP. 


Gaalaas telah memiliki hubungan musik yang berkelanjutan dengan gitaris Jeff Kollman yang akan kembali ke tahun 1990-an. Gaalaas bertemu Kollman pada tahun 1997 di Phoenix, AZ ketika menjadi anggota MSG dan keduanya memiliki hubungan dan koneksi musik instan, selain hanya terpisah beberapa hari. Bersama dengan sesama anggota MSG, bassist Barry Sparks, duo ini membentuk Cosmosquad dengan siapa mereka telah merilis 5 album dan satu DVD hingga saat ini. Rilisan terbaru mereka, The Morbid Tango, dikeluarkan pada awal tahun 2017. Kolaborasi studio dan langsung lainnya termasuk album oleh $ign of 4, menampilkan Phil Mogg dari UFO, Hughes Turner Project, John West, Lao Tizer dan Crumb Bros.. Gaalaas juga muncul di tiga album solo Kollman, Shedding Skin, Live at Baked Potato and Empower ... Devour !!!. 


Pada tahun 2002, Gaalaas didekati oleh raksasa musik Jepang B'z untuk menjadi drummer tur baru band ini. Dia telah menjadi bagian dari setiap tur, studio, siaran langsung dan DVD milik B’z sejak itu, dimulai dengan a Beautiful Reel. DVD live B'z Live-Gym 2002. Gaalaas berperan dalam penciptaan dari rilisan bahasa Inggris pertama kalinya, EP 2012, di mana ia menulis semua lirik dan menangani semua aransemen, serta mencampur dan membuat master rekaman dengan sesama warga Kanada Cory Churko. 


Sampai saat ini, Gaalaas telah merilis 4 album studio sebagai artis solo, Primer (2003), Hinge (2006), Ascend (2013), dan Bitter Suites From The Red Room (2015), diterbitkan oleh Zain/Big M.F. di Jepang dan label Junk Man miliknya di seluruh dunia. Sepenuhnya diproduksi sendiri, Gaalaas menangani drum, vokal utama, gitar, bass, keyboard, pemrograman dan tugas penulisan lagu di semua rekamannya. Vokalis B'z Koshi Inaba membuat penampilan tamu di Primer, yang mencakup cover lagu B'z, "Hadashi no Megami", dimana Gaalaas juga merekam video promosi. Musisi sesi Kanada Cory Churko menyumbangkan gitar untuk lagu "Brotherhood" dan "Wish You Well" di Ascend. 


Tampil pada vokal dan gitar utama, Gaalaas juga merilis DVD hanya untuk Jepang Live & Video Clips (2005) dan CD Live in Osaka (2006), dengan para anggota dari grup rock Jepang Schon melengkapi line-up. Pada tahun 2009, Gaalaas merilis DVD instruksinya yang pertama, Perfect Rock Drumming, melalui Rittor Music di Jepang.

Pada tahun 2012, Gaalaas berkolaborasi dengan produser/programmer Peter Fernandes, gitaris Greg Howe dan kadang-kadang bassis Cosmosquad Ric Fierabracci pada lagu "Dorothy", yang dirilis sebagai single digital dan akhirnya disertakan pada album Fernandes pada tahun 2014, QED.

Gaalaas merilis single digital back-to-back, "Tales From A Fantastic Lumbar", menampilkan Fernandes dan Fierabracci, dan "Silverstrand Sedation", masing-masing pada bulan Mei dan Oktober 2014. Kedua lagu itu dimasukkan ke dalam album studio keempat Gaalaas, Bitter Suites From The Red Room, album semua instrumen pertamanya, dikeluarkan secara internasional pada bulan November 2015. Gaalaas juga tampil di album Uzoma milik Bob Frye dan telah menulis dan merekam musik untuk gim video berjudul Yakuza, yang diluncurkan pada Januari 2016. 


Pada akhir 2016, Gaalaas bergabung dengan band All-Canadian all-star Toque menampilkan Todd Kerns, Brent Fitz, dan Cory Churko yang album debutnya Give'R dirilis pada 23 Desember 2016.

Majalah drum terkemuka di Jepang, Rhythm & Drum, menampilkan Gaalaas di sampul edisi Oktober 2013 mereka; ia juga diliput oleh edisi Billboard Jepang, antara publikasi lain.

Gaalaas didukung oleh drum Pearl, simbal Zildjian, Vic Firth stick, drummer Remo, dan drum DW pedal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...