Laman

Rabu, 15 Agustus 2018

MADDY PRIOR



Dilahirkan dengan nama Madelaine Edith Prior pada 14 Agustus 1947 di Blackpool, Lancashire, Inggris dan pindah ke St Albans di usia remaja.


Dia berteman dengan Donovan Leitch dan Mac MacLeod di pub The Cock. Dia kemudian membentuk duo dengan MacLeod yang diberi nama 'Mac & Maddy'. Dia menjadi roadie untuk musisi Amerika yang berkunjung, termasuk Reverfend Gary Davis. Mereka memberinya nasihat yang berguna tentang menyanyikan lagu-lagu folk Inggris daripada lagu-lagu Amerika. Ayahnya, Allan Prior, adalah co-creator dari drama polisi Z-Cars, dan menulis Stookie , serial 6-bagian untuk televisi, tentang seorang anak lelaki dengan lengannya di gendongan. Maddy menyanyikan lagu judul, yang dirilis sebagai single pada tahun 1985. Ini muncul kembali di album Steeleye Span A Rare Collection 1972 - 1996. 


Setelah tugas singkat dengan Mac MacLeod di 'Mac & Maddy', pada tahun 1966 ia mulai tampil bersama Tim Hart, penduduk St Albans lainnya, dan bersama-sama mereka merekam dua album sebelum menjadi anggota pendiri Steeleye Span pada tahun 1969. Mereka adalah tulang punggung kelompok sampai awal 1980-an ketika kesehatan yang menurun memaksa Hart menjadi semi-pensiun. Prior memainkan tamborin, spoons dan ukulele, dan selalu memberikan kinerja yang sigap dari tarian individualnya. Pada 1974, Ralph McTell menulis "Maddy Dances" untuk menghormatinya, dimasukkan dalam albumnya, Easy.

Prior menikah dengan bassis Rick Kemp, meskipun mereka sudah bercerai. Penyanyi Rose Kemp adalah putri mereka.

Prior telah merekam kerja sesi, album dari lagu-lagunya sendiri dan gaya eklektik dari abad pertengahan (dengan The Carnival Band ), melalui folk rock Inggris - Steeleye Span dan Maddy Prior muncul di televisi dengan program reguler BBC 4 Electric Folk - prog- rock dan lagu - lagu tradisional, termasuk sesi kerja pada Incantations milik Mike Oldfield. Dia meninggalkan Steeleye Span pada tahun 1997 tetapi kembali pada tahun 2002. Album 1999 The Journey direkam pada tahun 1995, ketika Maddy masih dalam band tetapi tidak dirilis sampai empat tahun kemudian. Dia juga bagian dari duo Silly Sisters, yang membantu meningkatkan karir June Tabor. 


Sejak 2003, Prior telah menjalankan dan menyelenggarakan Arts Centre yang diberi nama Stones Barn di Cumbria. Bekerja dengan sesama penyanyi dan penampil seperti Abbie Lathe dan putrinya Rose Kemp, Prior telah menawarkan kursus-kursus tetap yang berfokus pada nyanyian, meditasi, memasak, dan pertunjukan. Acara lain, yang diselenggarakan oleh guru lain, termasuk tarian India klasik, lukisan dan permainan drum. Kampanye Prior atas nama badan amal Cancer Research UK .

Maddy Prior turun ke jalan bersama The Carnival Band pada Mei 2007 untuk tur "Music for Tavern and Chapel" mereka. Mereka merayakan ulang tahun ke 300 dari salah satu pengaruh utama dalam karya mereka, Charles Wesley. Dia membuat sebuah penampilan tamu dengan The Levellers di Solfest Festival di Cumbria pada bulan Agustus 2007. Pada album terbaru Troy Donockley telah menjadi co-producer. 


Pada bulan Desember 2007, album Ringing The Changes diterbitkan. Ini adalah kumpulan lagu yang ditulis oleh band. Pada tahun 2008, Maddy Prior muncul di "Electric Proms" milik BBC. Steeleye Span melakukan tur ke AS Timur, Australia dan Inggris mulai tahun 2009.

Bersama Giles Lewin dan Hannah James, Prior menyelesaikan dua tur UK yang sukses di musim semi dan musim gugur 2012, dan yang ketiga di musim gugur 2013.

Pada bulan November dan Desember 2013, Prior juga mengadakan tur lagi dengan Steeleye Span, di Wintersmith Tour, setelah perilisan pada bulan Oktober dari album mereka Wintersmith, sebuah proyek kolaborasi yang didasarkan pada novel dengan judul yang sama oleh Sir Terry Pratchett.

Tur singkat dengan The Carnival Band pada bulan November dan Desember, menampilkan lagu-lagu Natal dan musik musiman, telah menjadi kegiatan rutin untuk Prior dalam beberapa tahun terakhir.

Pada tahun 2001, Maddy Prior dianugerahi MBE untuk jasa bagi musik folk. Pada tahun 2014 ia menerima Honorary Fellowship dari University of Cumbria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...