Laman

Jumat, 03 Agustus 2018

MARK NAFTALIN



Dilahirkan pada 2 Agustus 1944 di Minneapolis, Minnesota, AS, adalah seorang keyboardist blues, artis rekaman, komposer, dan produser rekaman Amerika. Dia muncul di lima album pertama oleh Paul Butterfield Blues Band pada pertengahan 1960-an sebagai anggota band, dan dengan demikian dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2015. Dia kemudian bekerja di panggung bersama sesama anggota Butterfield Band almarhum Mike Bloomfield dan telah aktif dari rumahnya di Marin County di San Francisco Bay Area sebagai produser festival dan radio selama beberapa dekade.


Naftalin pindah ke Chicago pada tahun 1961, dan lulus dari University of Chicago pada tahun 1964, mana ia tampil pada piano di "twist parties" kampus, yang populer pada saat itu. Di pesta-pesta inilah Naftalin pertama bermain dengan pemain harmonika blues Paul Butterfield dan gitaris Elvin Bishop, inti dari apa yang menjadi Paul Butterfield Blues Band. Naftalin kemudian menjadi terkenal sebagai pemain keyboard di Butterfield Blues Band, dari 1965-1968. Pada album pertama grup, ia memainkan solo dan memiliki kredit menulis di lagu instrumental "Thank You Mr. Poobah." Pada album kedua oleh band, East West, ia dikreditkan sebagai "Naffy Markham".

Pada akhir 1960-an, setelah empat album pertama Butterfield, Naftalin pergi sendiri, menetap di San Francisco Bay Area. Di sana ia membentuk Mark Naftalin "Rhythm & Blues Revue" dan telah aktif dalam sesi blues dan rekaman rock, pertunjukan solo dan pertunjukan revue, dan sebagai produser konser, festival dan acara radio. Dia bermain sebagai duo dengan sesama anggota band Butterfield, Mike Bloomfield. Dia juga di sebuah band (paling sering disebut Mike Bloomfield & Friends) dari akhir 1960-an hingga pertengahan 1970-an. Dia menjadi tuan rumah Mark Naftalin’s Blue Monday, sebuah pertunjukan blues mingguan (1979-1983) yang menampilkan lebih dari 60 artis dan kelompok blues dan merupakan kancah dari 86 siaran radio langsung dan tiga tayangan TV khusus. 


Naftalin telah menghasilkan Festival Blues Marin County (1981-2000), dan telah menjadi produser asosiasi dari "Blues Afternoon" milik Festival Monterey Jazz (1982-1991). Acara radio mingguannya, Mark Naftalin’s Blues Power Hour telah mengudara hampir terus menerus sejak 1979 di radio San Francisco, KALW-FM.

Naftalin ikut mendirikan Blue Monday Foundation dan, pada tahun 1988, memulai labelnya sendiri, Winner Records, yang telah mengeluarkan rekaman oleh artis termasuk Paul Butterfield dan Percy Mayfield. Dia terus tampil, baik solo maupun dalam ensembel, di Bay area dan di tempat lain, sering dengan rekan lamanya slide guitarist, Ron Thompson.

Naftalin juga telah rekaman dengan banyak pemain blues termasuk John Lee Hooker, Otis Rush, Percy Mayfield, Lowell Fulson, Big Joe Turner, James Cotton, Mike Bloomfield, Jake Walker dan Van Morrison, dan sebagai sideman di lebih dari 100 album. Dia bermain keyboard di album Mother Earth pertama, Living With the Animals (1968) dan dikreditkan sebagai co-producer and arranger.

Naftalin dilantik kedalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2015 sebagai anggota awal dari Paul Butterfield Blues Band.

Lahir di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat, Naftalin adalah putra mantan walikota Minneapolis, Arthur Naftalin; dia menikah dengan istri ketiga Ellen Naftalin. Putranya adalah seniman San Francisco Bay Area, David Normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...