Laman

Minggu, 05 Agustus 2018

MARTIN ATKINS



Dilahirkan dengan nama Martin Clive Atkins pada 3 Agustus 1959 di Coventry, Inggris adalah drummer dan musisi sesi Inggris, terkenal karena karyanya dalam kelompok post-punk dan industrial termasuk Public Image Ltd, Ministry, Nine Inch Nails, Pigface, dan Killing Joke. Atkins juga merupakan anggota dewan kehormatan dari organisasi nirlaba Rock For Kids yang berbasis di Chicago.

Paparan utama pertama Atkins sebagai drummer adalah dengan band Sex Pistols paska John Lydon, Public Image Ltd. Ia bergabung pada tahun 1979, tepat pada waktunya untuk berkontribusi pada lagu "Bad Baby" di album Metal Box. Pertunjukan live pertama Atkins dengan PiL direkam dan dirilis sebagai album live Paris au Printemps dan tahun pertamanya dengan band termasuk penampilan pada The John Peel Sessions untuk BBC, American Bandstand dan acara live Old Grey Whistle Test milik BBC. 


Pada tahun 1980, Atkins meninggalkan Public Image Ltd untuk berkonsentrasi pada bandnya Brian Brain dengan Pete Jones (yang juga bermain dengan Public Image Ltd pada tahun 1982 dan 1983) pada bass (pada tahun 1983 digantikan oleh bassis asli Go-Gos, Margot Olavarria) dan Bobby Surgeoner pada gitar (kemudian digantikan oleh suami Olavarria, Geoff Smyth). Brian Brain merilis enam single dan satu LP (Unexpected Noises) di Secret Records, dan terus merilis single dan piringan hitam di Plaid Records yang dimiliki Atkins sendiri sepanjang tahun 1980-an. Band ini memiliki hit chart indie minor pada tahun 1980 dengan "They've Got Me in the Bottle" (#39), dan hit klub dengan single-single "Jive Jive" (1981) dan "Funky Zoo" (1982).

Atkins bergabung kembali dengan Public Image Ltd pada tahun 1981 untuk berkontribusi pada The Flowers of Romance dan, kemudian, memproduksi dan turut menulis album This Is What You Want ... This Is What You Get. Atkins akhirnya meninggalkan PiL untuk terakhir kalinya pada tahun 1985. 


Setelah meninggalkan Public Image Ltd, Atkins menghidupkan kembali proyek Brian Brain- nya dan merekam EP di Planet Sound Studios di New York untuk labelnya sendiri, Label Plaid Records yang berumur pendek, yang dirilis pada bulan Juli 1985. Sepanjang akhir 1980-an, 1990-an dan awal 2000-an, Atkins tampil dengan banyak band, termasuk Nine Inch Nails (muncul dalam video untuk "Head Like A Hole"), serta Ministry. Drum ganda dari Atkins dan Bill Rieflin ditangkap di album/video langsung Ministry, In Case You Didn’t Feel Like Showing Up. Atkins kemudian bergabung dengan Killing Joke, tampil di Extremities, Dirt, and Other Repressed Emotions rilisan 1990. Dia juga memanajeri band untuk waktu itu, dan mendesain pemandangan pertunjukan langsung mereka dan beberapa barang dagangan. 


Atkins membentuk supergrup industrialnya, Pigface, selama tur Ministry pada 1989-1990. Atkins juga melanjutkan untuk membentuk Murder, Inc., band baru yang menampilkan Geordie Walker, Paul Raven dan Chris Connelly, pada tahun 1992. Selama waktu ini, ia bermain dengan the Revolting Cocks dan dikreditkan bersama Chris Vrenna dalam Nine Inch Nails untuk menampilkan ekstra drum pada "Wish" dan "Gave Up," trek kedua dan keenam dari Broken EP (serta "Head Like A Hole" yang disebutkan sebelumnya). 


Di antara membuat album dan tur dengan Pigface dia juga mulai The Damage Manual, yang menggabungkan bass dan nuansa perkusi dari pemain bass PiL awal, Jah Wobble dengan ketukan dan produksi khas Atkins. Geordie Walker dari Killing Joke dan Chris Connelly juga menjadi bagian dari proyek ini. 


Atkins kemudian memproduseri dan merilis album kolaboratif dengan Nivek Ogre dari Skinny Puppy, proyek pertama dari Ogre di luar Skinny Puppy, di bawah moniker Rx. Album yang dihasilkan berjudul Bedside Toxicology. 


Antara 2000 dan 2002 ia merilis empat album sebagai Opium Jukebox menampilkan lagu cover instrumental yang dilakukan dalam gaya Bhangra.

Pada bulan Oktober 2006, Atkins mengunjungi Beijing untuk mengenal kancah musik Tiongkok yang sedang berkembang. Selama masa tinggalnya, Atkins merekam dan mengontrak beberapa band China ke Invisible Records dan merekam materi untuk album Pigface baru. 


Atkins telah mengajar di Columbia College di Chicago di mana dia menginstruksikan kursus "The Business of Touring". Dia juga seorang dosen tamu yang aktif, berbicara di lembaga-lembaga seperti Universitas Southern California, Sekolah Midi di Beijing dan Lebanon Valley College di Annville, Pennsylvania. Atkins sejak itu menjadi instruktur di Madison Media Institute di Madison, Wisconsin. Atkins telah mengumumkan rencana untuk mengambil kuliahnya lebih lanjut dengan akhirnya membuka sekolahnya sendiri. Ia juga merupakan ketua departemen untuk program bisnis musik yang ia rancang di SAE Chicago.

Atkins telah mengadakan sejumlah seminar di Tech Music Schools (Drumtech, Vocaltech, Guitar-X dan Keyboardtech) di London, dengan lebih banyak perencanaan untuk masa depan.

Atkins telah menulis apa yang dia sebut, "buku nyata pertama tentang tur". Buku Tour: Smart, menampilkan kontribusi dari Henry Rollins, Cynthia Plastercaster, The Enigma , the Suicide Girls, Zim Zum (sebelumnya dari Marilyn Manson), Kevin Lyman, Curse Mackey, CPA Lisa Malina dan berbagai manajer, wartawan, tempat, agen, sponsor, dan penyiar radio lainnya.

Atkins berada di panel juri Independent Music Awards yang kesepuluh, dan juga menjadi hakim untuk musim tahunan ketujuh dari Independent Music Awards untuk mendukung seniman independen.

Mulai tahun 2015, Atkins telah menulis dan menampilkan beberapa cerita podcast untuk The Martin Atkins Minute, termasuk dengan NPR All Songs Considered podcast.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...