Laman

Minggu, 26 Agustus 2018

MIA ZAPATA


Dilahirkan dengan nama Mia Katherine Zapata pada 25 Agustus 1965 di Louisville, Kentucky, AS.

Zapata belajar cara memainkan gitar dan piano pada usia sembilan tahun, dan dipengaruhi oleh punk rock serta jazz, blues, dan penyanyi R&B seperti Bessie Smith, Billie Holiday, Jimmy Reed, Ray Charles, Hank Williams, dan Sam Cooke.

Pada 1984, Zapata mendaftar di Antioch College yang terletak di Yellow Springs, Ohio, sebagai seorang mahasiswa seni liberal. Pada bulan September 1986, ia dan tiga temannya membentuk band punk rock The Gits. Pada tahun 1989, band ini pindah ke Seattle, Washington. Mia menemukan pekerjaan di bar setempat dan empat anggota band pindah ke sebuah rumah kosong yang mereka sebut "The Rathouse." Band ini merilis serangkaian single yang diterima dengan baik pada label rekaman independen lokal 1990-1991. Saat the Gits membuat nama untuk diri mereka sendiri di dunia musik lokal, mereka sering memainkan pertunjukkan dengan band teman-teman mereka, 7 Years Bitch. Pada tahun 1992, band ini merilis album debutnya Frenching the Bully. Reputasi mereka semakin meningkat dalam kancah grunge di Seattle, sebelum band ini mulai mengerjakan album kedua dan terakhir mereka Enter: The Conquering Chicken, dirilis pada tahun 1993.

Zapata berasal dari keluarga yang makmur tetapi sering hidup tanpa kenyamanan materi. Seperti yang digambarkan ayahnya: "Mia [hidup] di dua dunia yang berbeda. Dia tinggal di dua sisi jalan yang berbeda - sisi lurus pada satu sisi, dengan sekolah parokial, keluarga makmur, dan klub tenis. Tapi ketika dia menyeberang jalan, hal-hal material tidak berarti apa-apa baginya.” Musiknya sering mengarah pada penolakan kenyamanan finansial, tetapi terlepas dari statusnya, Valerie Agnew menggambarkan Mia sebagai "rasa hormat dan perhatian segera".

Zapata terhubung dengan baik ke komunitasnya. Peter Sheehy mengenang: "Mia [adalah] pusat dari beberapa lingkaran sosial; kepribadian magnet yang menarik semua jenis orang bersama-sama yang mungkin tidak akan pernah bertemu." Dalam perjalanan menuju pemakamannya, ayah Zapata sangat kehilangan dan mengingat banyak orang membawa mawar kuning: tiket masuk ke layanannya. Bahkan Hakim Sharon Armstrong, hakim selama persidangan pembunuhnya, menyoroti Zapata sebagai gadis "luar biasa bersemangat", yang "jelas berbakat"; dia "dikejutkan oleh seberapa dekatnya Zapata dengan banyak orang".

Band, yang menampilkan gitaris Joe Spleen, drummer Steve Moriarty, dan bassist Matt Dresdner, bertemu di Ohio 1986. Beberapa tahun kemudian band ini memutuskan untuk pindah ke Seattle untuk menikmati kancah musik kota yang sedang berkembang. Dalam waktu singkat band ini telah berkembang cukup mengikuti di tengah-tengah kancah punk bawah tanah kota. Banyak yang akan mengelompokkannya bersama dengan band-band seperti Nirvana dan Pearl Jam, tapi Mia membawa suara kewanitaan ke kancah grunge yang belum terlihat. Meskipun kelompok itu 75% laki-laki, band secara keseluruhan dan Mia Zapata khususnya memperoleh cukup banyak pengikut di kalangan komunitas feminis di Seattle pada saat itu. 


Pada tahun 1990, setelah pindah ke Seattle, the Gits melanjutkan tur internasional yang sangat sukses, menyebarkan berita tentang band, semua tanpa dukungan label rekaman. Pada tahun 1992, album independen pertama mereka dirilis- Frenching the Bully. Album ini memiliki hit-hit seperti "Another Shot of Whiskey", "Second Skin", dan "Here to Your Fuck", menerima ulasan positif. Sepanjang rekaman album kedua, band ini telah merencanakan tur AS dan Eropa yang besar serta banyak pertunjukan lokal, semua sedang didekati oleh berbagai label rekaman. Sayangnya, sebelum grup bisa menyelesaikan dan merilis album kedua mereka, "Enter: The Conquering Chicken," band ini dikejutkan oleh pembunuhan vokalis utama mereka. Band ini terus membuat musik, dan menemukan sukses di album kedua dengan single seperti, "Seaweed," dan "Precious Blood".

Sekitar jam 2 pagi pada 7 Juli 1993, Zapata meninggalkan Comet Tavern di daerah Capitol Hill di Seattle. Dia tinggal di ruang studio di ruang bawah tanah sebuah gedung apartemen yang terletak satu blok, dan sebentar mengunjungi seorang teman yang tinggal di lantai dua. Ini adalah kali terakhir dia terlihat hidup. Dia mungkin berjalan beberapa blok ke barat, atau ke utara ke apartemen teman, atau mungkin memutuskan untuk berjalan jauh ke selatan ke rumahnya.

Dia dipukuli, diperkosa, dan dicekik di Central District dari Seattle. Dipercaya ia bertemu dengan penyerangnya tidak lama setelah pukul 2:15 a.m. Tubuhnya pada awalnya tidak diidentifikasi karena ia tidak memiliki identifikasi pada dirinya ketika ia ditemukan. Sebuah episode dari acara televisi kabel Forensic Files mengungkapkan bahwa dia diidentifikasi setelah pemeriksa medis, yang merupakan penggemar the Gits dan telah menghadiri konser mereka, mengenalinya.

Menurut episode Forensic Files, seorang pria dua blok dari Comet Tavern mendengar teriakan sekitar pukul 3 pagi. Seorang wanita menemukan tubuhnya di jalan sekitar pukul 3.30 pagi, di dekat persimpangan 24th Avenue South dan South Washington Street di Central District. Menurut pemeriksa medis, jika dia belum dicekik, dia akan mati karena luka dalam yang dideritanya. Menurut dokumen pengadilan, otopsi menemukan bukti perjuangan di mana Zapata menderita dampak tumpul ke perutnya dan hati yang terkoyak.

Zapata dimakamkan di Cave Hill Cemetery di kota kelahirannya di Louisville. Komunitas musik Seattle, termasuk band-band yang paling terkenal - Nirvana, Pearl Jam, Soundgarden - membantu mengumpulkan $70.000 untuk menyewa seorang detektif swasta selama tiga tahun. Dana mengering tanpa ada penemuan besar dalam kasus ini, tetapi penyidik, Leigh Hearon, terus menyelidiki pada waktunya sendiri. Pada tahun 1998, setelah lima tahun penyelidikan, detektif Seattle Dale Tallman berkata: "Kami tidak lebih dekat untuk menyelesaikan kasus ini daripada setelah pembunuhan."

Pada tahun 2003, nelayan Florida, Yesus Mezquia, yang datang dari Kuba pada tahun 1980 dalam pengangkutan Mariel, ditangkap sehubungan dengan pembunuhan Zapata. Bukti DNA digunakan untuk mengikatnya dengan pembunuhan dan tuduhan diajukan terhadapnya. Profil DNA diekstrak dari air liur yang ditemukan di tubuh Zapata dan disimpan dalam penyimpanan dingin sampai teknologi STR dikembangkan untuk ekstraksi penuh. Entri awal pada 2001 gagal menghasilkan hasil yang positif, tetapi DNA Mezquia memasuki basis data CODIS nasional setelah dia ditangkap di Florida karena perampokan dan kekerasan dalam rumah tangga pada 2002. Ia memiliki sejarah kekerasan terhadap wanita termasuk pelecehan domestik, penyalahgunaan, perampokan, penyerangan, dan pemukulan. Semua mantan pacarnya, dan istrinya, telah mengajukan laporan terhadapnya. Ada juga laporan tentang paparan tidak senonoh pada arsip terhadap dirinya di Seattle dalam waktu dua minggu setelah pembunuhan Zapata. Namun, tidak ada hubungan yang diketahui sebelumnya antara Mezquia dan Zapata.

Mezquia tidak pernah bersaksi dalam pembelaannya sendiri, dan masih mempertahankan ketidakbersalahannya. Teorinya adalah bahwa Mezquia melihat dia meninggalkan bar dan mengikutinya jarak pendek sebelum dia menyerang Zapata. Headset Zapata menutupi telinganya sehingga dia tidak menyadari bahaya apa pun sampai Mezquia menangkapnya dan menyeretnya ke mobilnya di mana dia menyerangnya di kursi belakang. Mezquia divonis bersalah pada tahun 2004 dan awalnya dijatuhi hukuman 37 tahun, dimana dia naik banding. Dia kemudian dijatuhi hukuman 36 tahun. Mezquia telah dipenjara sejak Januari 2003.

Sebagai buntut dari pembunuhannya, teman-teman menciptakan kelompok bela diri yang disebut Home Alive. Home Alive menyelenggarakan konser amal dan merilis album dengan partisipasi banyak band, termasuk Nirvana, Pearl Jam, Soundgarden, Heart , dan the Presidents of the United State of America. Joan Jett juga merekam album dengan anggota the Gits yang masih hidup berjudul Evil Stig ("Gits Live" dibaca mundur). Instruktur dari Home Alive Group menawarkan berbagai kursus, mulai dari manajemen kemarahan dan penggunaan semprotan merica untuk seni bela diri.

Pada tahun 2005 sebuah film dokumenter, The Gits Movie, diproduksi tentang kehidupan Mia Zapata, the Gits, dan musik Seattle. Pertunjukan pertamanya terjadi di Seattle International Film Festival pada bulan Mei tahun yang sama. Versi lain dari film ini muncul dua tahun kemudian di Festival Film 2007 SXSW (South By Southwest). Potongan akhir film ini dirilis secara teatrikal di lebih dari 20 kota di Amerika Utara pada 7 Juli 2008, peringatan ulang tahun ke 15 kematian Zapata. Hari berikutnya film ini dirilis dalam bentuk DVD bersama dengan CD Best of the Gits (keduanya dari Liberation Entertainment).

¡Viva Zapata!, oleh punk band 7 Years Bitch, dirilis pada bulan Juni 1994, di C/Z Records di Seattle, sebagai penghargaan untuk Zapata. Beberapa lagu di album ini membahas masalah pembunuhan Zapata secara langsung.

Setelah kematian Zapata, Joan Jett dan Kathleen Hanna menulis sebuah lagu berjudul "Go Home" yang kemudian dirilis pada album 1994 milik Jett, Pure and Simple. Kemudian, video untuk "Go Home" dirilis yang menggambarkan seorang wanita yang dikuntit dan diserang tetapi kemudian mampu membela diri terhadap si penyerang.

Pada bulan Februari 2013, sebuah drama berjudul "This Streets", terinspirasi oleh kisah-kisah dan menampilkan musik oleh Mia Zapata dan musisi wanita lainnya di Seattle, memulai debutnya di teater ACT di Seattle.

Kematian Zapata menyebabkan rasa kekalahan dan ketakutan dalam komunitas Seattle. The Seattle Times menandai pembunuhan Zapata sebagai momen "kancah Seattle kehilangan rasa tak terkalahkan." Cristen Storm mengingat kematian Zapata sebagai pemeriksaan realitas, dengan menyatakan: "[Mereka] semua orang yang sangat keras dan sebagai sekelompok wanita, [mereka] semuanya benar-benar kuat, blak-blakan, dan memukul keras, wanita yang sangat berpendirian dan bahwa persepsi dari, 'Kami sama sekali bukan korban dan ini tidak dapat terjadi pada wanita yang bukan korban,' dan saya pikir [kematian Zapata] menghancurkan mitos itu bagi kami, [dan menunjukkan] bahwa itu terjadi untuk semua jenis wanita."

Mia Zapata sering berperan sebagai simbol bagi aktivisme feminis, seorang martir, dan seorang malaikat. Dresdner berkata, "[Mia] suci, dan itu sangat aneh ... dia menjadi ikon untuk feminisme dan segala macam hal yang hampir tidak ada hubungannya dengan kehidupan aslinya." Margaret O'Neil Girouard, yang menulis tesisnya tentang Zapata, percaya Zapata adalah contoh dari seniman perempuan yang diklasifikasikan berdasarkan motivasi yang dirasakan di balik seni mereka. Moriarty percaya "[Mia ingin] berhubungan dengan orang pada tingkat pribadi dalam liriknya [bukan] daripada pada tingkat politik."

Andrew Kessler (gitaris the Gits, yang dikenal sebagai Joe Spleen) percaya "[Mia] tidak memiliki agenda sosial atau politik dan tidak tertarik pada hal itu. Juga, setelah kematiannya, dia dengan cepat memperoleh status simbolis sebagai ikon feminis, martir, dan poster anak untuk perkosaan dan kekerasan terhadap wanita di mata banyak orang - yang tidak ada hubungannya dengan siapa dia sebagai orang yang sebenarnya. Bahkan Mia akan malu bahwa dia telah diingat dan digambarkan sedemikian rupa."

Mia sering dikaitkan dengan riot grrrl, meskipun rekan band seperti Kessler mengklaim dia tidak memiliki keterlibatan dan "sedikit minat" dalam gerakan itu. Telah berspekulasi bahwa asosiasi ini mungkin karena kehadirannya sebagai "musisi perempuan karismatik" di Barat Laut, yang tampil selama munculnya riot grrrl.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...