Laman

Minggu, 26 Agustus 2018

JOHN CIPOLLINA



Dilahirkan pada 24 Agustus 1943 di Berkeley, Calfornia adalah seorang gitaris yang terkenal karena perannya sebagai pendiri dan gitaris utama dari band rock San Fransisco, Quicksilver Messenger Service. Setelah meninggalkan Quicksilver ia membentuk band Copperhead, adalah anggota dari San Francisco All Stars dan kemudian bermain dengan banyak band lain, termasuk Janis Joplin pada perrtnjukan Dick Cavett.

Cipollina bersekolah di Tamalpais High School, di Mill Valley, California (seperti yang dilakukan saudaranya, Mario, lahir 1954) dan saudara perempuannya, Antonia (lahir 1952). Ayah mereka, Gino, adalah makelar, dan ibu mereka, Evelyn, dan ayah baptis José Iturbi, adalah pianis konser.

John menunjukkan janji besar sebagai pianis klasik di masa mudanya, tetapi ayahnya memberinya gitar ketika dia berusia 12 tahun dan ini dengan cepat menjadi alat utamanya.

Cipollina memiliki suara gitar yang unik, pencampuran solid state dan penguat valve pada awal 1965. Ia dianggap sebagai salah satu bapak dari suara rock psychedelic San Francisco.

Saya suka pukulan cepat solid-state untuk bagian bawah, dan distorsi rodent-gnawing dari tabung di atas.

Untuk menciptakan suara gitarnya yang khas, Cipollina mengembangkan satu set penguat yang unik. Gitar Gibson SG-nya memiliki dua pickup, satu untuk bass dan satu lagi untuk treble. Pickup bass diumpankan ke dalam dua amp bass Standel di bagian bawah tumpukan, masing-masing dilengkapi dengan dua speaker 15 inci. Pickup treble memberi dua ampli Fender: Fender Twin Reverb dan Fender Dual Showman yang mendorong enam Wurlitzer horn. 

 


Setelah meninggalkan Quicksilver, Cipollina membentuk band Copperhead dengan anggota Quicksilver awal Jim Murray (yang segera berangkat ke Maui, Hawaii), mantan anggota Stained Glass Jim McPherson, drummer David Weber, Gary Phillipet (AKA Gary Phillips (keyboardist), yang kemudian menjadi anggota dari band Bay Area, Earthquake dan The Greg Kihn Band), dan Pete Sears. Sears tidak lama kemudian digantikan oleh bassis Bonnie Raitt saat ini, James "Hutch" Hutchinson yang bermain di Copperhead LP dan tinggal dengan band untuk durasi tersebut. Sears melanjutkan untuk bermain dengan Jefferson Starship asli dan kemudian Hot Tuna. 

 


Pada tahun 1975, band psychedelic Welsh Man melakukan tur ke Amerika Serikat, menjelang akhir, mereka memainkan dua pertunjukan di San Francisco Winterland (21 dan 22 Maret), yang begitu sukses sehingga promotor Bill Graham memberi mereka bonus dan memesan kembali mereka. Sambil menunggu pertunjukan tambahan, band ini bertemu dan berlatih dengan Cipollina, yang bermain dengan mereka di Winterland pada bulan April 1975. Setelah ini, Cipollina setuju untuk memainkan tur Inggris yang berlangsung pada Mei 1975, di mana "pertunjukan Roundhouse" mereka direkam. 

 


Rumor bahwa Micky Jones harus mengganti ulang bagian Cipollina, karena gitarnya tidak selaras, sebelum album Maximum Darkness mereka dapat dirilis dibesar-besarkan; hanya satu lagu, "Bananas, yang harus diganti treknya, oleh Deke Leonard. "Semuanya ... yang terdengar seperti Cipollina adalah Cipollina."

Album ini akhirnya mencapai #25 di tangga album Inggris.

Cipollina meninggal pada 29 Mei 1989 pada usia 45 setelah berkarir di bidang musik yang membentang dua puluh lima tahun. Penyebab kematiannya adalah kekurangan alpha-1 antitrypsin, yang dideritanya dari sebagian besar hidupnya, dan yang diperburuk oleh merokok. 

 


Penggemar Quicksilver Messenger Service memberi penghormatan kepadanya pada bulan berikutnya di San Francisco pada konser all-star di Auditorium Fillmore yang menampilkan Nicky Hopkins, Pete Sears, David Freiberg, dan saudara John, Mario, anggota asli dari Huey Lewis and the News. Salah satu jenis penguat amplifier besar milik Cipillina disumbangkan, bersama dengan salah satu gitar Gibson SG khususnya, dan pedal efek, untuk dipamerkan di Rock and Roll Hall of Fame dan Museum pada tahun 1995.

Pada tahun 2003, Rolling Stone Magazine memberinya peringkat #32 dari daftar 100 gitaris terhebat sepanjang masa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...