Laman

Sabtu, 18 Agustus 2018

LENE MARLIN


Dilahirkan dengan nama Lene Marlin Pedersen pada 17 Agustus 1980 di Tromsø, Norwegia adalah seorang penyanyi dan musisi Norwegia.

 
Marlin membuat debut Norwegia pada 12 Oktober 1998, dengan single "Unforgivable Sinner", hit nomor satu selama delapan minggu. Ini adalah single yang penjualannya tercepat dalam sejarah musik Norwegia, dan muncul dalam soundtrack film Norwegia, Schpaaa. Album pertamanya, Playing My Game, menyusul. Dia memenangkan penghargaan MTV Europe pada tahun 1999. Single-nya "Where I'm Headed", dari film Prancis, Mauvaises frequentations, menduduki puncak tangga lagu di Perancis dan Italia. Lagunya "Sitting Down Here" menjadi top 5 hit di UK Singles Chart, dan mencapai nomor 5 di Belanda pada tahun 2000.

Album kedua milik Marlin, Another Day, dirilis pada 22 September 2003. Dua single dirilis: "You Weren't There" dan "Another Day". "You Weren't There" memulai debutnya di No 1 di Top 20 Norwegia dan bertahan di chart selama 11 minggu. Ini juga bertahan selama 24 minggu di chart Italy Singles Top 50, mencapai pada No. 1. "You Weren't There" kurang berhasil di Inggris, mencapai #59. Single "Another Day" dirilis di Italia dan Norwegia saja, dan mencapai pada No. 17 di chart Italian Singles. "Sorry" dirilis hanya di Italia.

Pada bulan Juni 2005, Marlin merilis album ketiganya, Lost in a Moment. Single pertama dari album itu, "How Would It Be", dirilis di Eropa pada Mei 2005, dan menjadi Top 20 di chart Norwegia dan Italia Singles. Single ini juga muncul sebentar selama seminggu di tempat rendah di Germany Singles Top 100. Single kedua adalah "What If", dirilis hanya di Italia. 



Meskipun kurang dikenal di belahan dunia lainnya, Marlin melakukan perjalanan ke Taiwan dan China selama Oktober 2005 untuk mempromosikan versi Taiwan dari Lost in a Moment. Ini termasuk satu lagu bonus, "Still Here", sebuah cover lagu oleh penyanyi Cina terkenal, Faye Wong. Kunjungan ini terbukti berhasil; acara yang diadakan termasuk penampilan konser yang diselenggarakan oleh MTV Taiwan, berbagai penampilan televisi, dan pertunjukan jalanan langsung. Perusahaan rekamannya mengklaim bahwa Lost in a Moment adalah rekaman barat terbaik mereka tahun ini.

Pada bulan Juli 2008, pers Norwegia mengumumkan bahwa Marlin berada di studio merekam album keempatnya dengan artis dan penulis lagu Norwegia, Even "Magnet" Johansen dan Børge Fjordheim di Askøy, Grand Sports dan Malabar Studios.

"Twist The Truth", album keempatnya, dirilis pada 30 Maret 2009. Tidak seperti tiga album sebelumnya, suara dasar sangat berfokus pada rasa "unplugged" dalam penampilan lagu, dekat dengan seperti konser "live in studio".

Album ini memiliki 10 lagu. Single pertama, "Here We Are", adalah nomor satu di Norwegian National Radio Chart selama dua minggu, dan merupakan lagu Norwegia yang paling sering diputar tahun 2009.

Lene Marlin telah menulis lagu untuk artis lain, termasuk "Good Girl Gone Bad" milik Rihanna dan "Whole New Beginning" dan "Picking Up The Pieces" untuk Elin Gaustad. Dia juga ikut menulis "Yesterday's Gone" dengan Frida Amundsen, yang ditampilkan di album debut milik Amundsen pada 2012, September Blue.

Pada tahun 2006, ia tampil dengan band Swiss, Lovebugs pada single mereka "Avalon", yang masuk Top 10 di chart Swiss serta menduduki Swiss National Airplay Chart.

Pada tahun 2009, Marlin tampil di single milik Aleksander Denstad With "Worth It" yang mencapai posisi #3 di Norway Single Chart dan meraih Gold Record untuk penjualan single di Norwegia.

Pada 2011, ia bekerja dengan Gary Louris, Autumn Rowe, Mads Langer, dan Tobias Stenkjaer.

Pada 2013, Marlin berpartisipasi dalam reality show Hver gang vi møtes di TV2. Dia juga menulis Omfavnelsen untuk album milik Ole Paus "Avslutningen".

Pada bulan September 2014, Marlin menulis esai untuk surat kabar terbesar Norwegia, Aftenposten, di mana ia dengan gamblang menggambarkan perjuangan seumur hidupnya dengan depresi dan upaya bunuh diri karena tekanan kerja dan ketenaran. 



Marlin telah memenangkan empat penghargaan: Best Pop Solo Artist, Best Single ("Sitting Down Here"), Best Newcomer dan 1999 Artist Of The Year di Spellemannprisen, penghargaan Norwegia setara dengan penghargaan Grammy, serta penghargaan MTV Europe untuk Best Nordic Act, disajikan di Dublin, Irlandia pada bulan November 1999.

Marlin juga dinominasikan untuk Best International Breakthrough Act di BRIT Awards 2001, bersama P!nk , Jill Scott, Westlife dan Kelis, kalah dari Kelis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...