Laman

Jumat, 03 Agustus 2018

BUTCH VIG



Dilahirkan dengan nama Bryan David Vig pada 2 Agustus 1955 di Viroqua, Wisconsin, AS, dijuluki Nevermind Man, adalah seorang musisi , penulis lagu, produser rekaman dan remixer Amerika, paling dikenal sebagai drummer dan co-producer dari band Garbage dan produser album diamond -selling Nevermind oleh Nirvana.


Vig dilahirkan dari pasangan Dr. DeVerne dan Betty Vig, seorang guru musik. Vig memiliki dua saudara, Chris dan Lisa. Vig memperoleh nama panggilan Butch saat masih anak-anak, karena kru yang memotong nama yang diberikan ayahnya. Vig belajar piano selama enam tahun. Setelah melihat The Who tampil di The Smothers Brothers, dia menukar pianonya dengan drum kit seharga $60.

Pindah ke Madison, Vig mendaftar di University of Wisconsin untuk mempelajari penyutradaraan film.

Ketika masih menjadi seorang mahasiswa di University of Wisconsin, Vig bertemu dengan calon rekan bandnya di Garbage Steve Marker. Vig menyumbangkan beberapa lagu soundtrack elektronik untuk film dengan anggaran rendah, termasuk satu lagu di Slumber Party Massacre, sebuah Hollywood B-movie. Pekerjaan soundtrack ini membangkitkan minat Vig dalam manipulasi suara. Vig bergabung dengan sejumlah band pop garasi, termasuk Eclipse, dan pada tahun 1978 membentuk Spooner bersama Duke Erikson, Dave Benton, Jeff Walker, dan Joel Tappero. 


Tahun berikutnya, Vig membantu Marker untuk membangun studio rumah di ruang bawah tanah Marker. Marker dan Vig juga memulai label kecil, Boat Records, untuk merilis rekaman baik dari Spooner - termasuk EP debut tahun 1979 mereka , "Cruel School" - dan band lain yang mereka sukai, yang menyebabkan sekitar dua puluh aksi lokal. Memproduksi sendiri yang kemudian dijelaskan oleh Vig sebagai "a kind of a trial by fire".

Pada tahun 1984, Vig dan Marker mendirikan Smart Studio di Madison, sambil tetap menampilkan drum di Spooner pada malam hari dan mengendarai taksi di siang hari. Ketika Spooner kehilangan momentum, Vig membentuk band bernama First Person dengan Marker dan Phil Davis dan proyek sampingan bernama Fire Town yang menampilkan Davis dan Erikson. Fire Town dengan cepat menjadi prioritas Vig, dan setelah album pertama mereka dikontrak oleh Atlantic Records. Atlantic menyewa produser Michael Frondelli untuk bekerja dengan Fire Town di album kedua mereka. Sementara sesi tidak berjalan dengan baik, dan hasil rekamannya tenggelam, Vig belajar banyak teknik produksi dari prosesnya. Fire Town dibubarkan, dan Vig mereformasi Spooner untuk album terakhir sebelum pekerjaan produksi Vig menjadi karier penuh waktu baginya. 


Karya produksi berat pertama Vig adalah pada tahun 1991, ketika ia menghasilkan album oleh dua band, Gish milik The Smashing Pumpkins dan Nevermind milik Nirvana. Vig memasukkan overdubs dan doubletracking vokal, sedangkan album sebelumnya Nirvana, Bleach (diproduksi oleh Jack Endino ) memiliki lebih banyak suara "lo-fi ". Kurt Cobain awalnya menolak untuk melipatgandakan lagu dan gitar tetapi Vig dilaporkan membuatnya mematuhi dengan mengatakan "John Lennon double-tracked". Cobain kemudian mengkritik Vig untuk albumnya yang terdengar tipis, meskipun ini mungkin karena pencampuran Andy Wallace dari album. Cobain mengatakan bahwa "Butch Vig ... merekam albumnya dengan sempurna," dalam wawancara MTV tahun 1993. Billy Corgan menyambut produksi Vig yang rumit pada Siamase Dream milik The Smashing Pumpkins. Album ini bertemu dengan penerimaan komersial dan kritis yang positif, juga membuat band indie lain menjadi mainstream. Vig juga memproduksi dua album Sonic Youth yang sangat dipuji, Dirty rilisan 1992 dan Experimental Jet Set, Trash and No Star rilisan 1994.

Pada tahun 2003, Vig bekerja dengan AFI untuk memproduksi album label besar pertama mereka dengan DreamWorks, Simg the Sorrow. Vig bekerja dengan Jimmy Eat World di album keenam mereka, Chase This Light, dirilis pada Oktober 2007. Dia juga bekerja pada soundtrack untuk dua film baru. Produksi pertamanya untuk band asal Inggris adalah All or Nothing oleh The Subways. Dia juga bekerja dengan Against Me!, menghasilkan dua rilisan Sire Records, New Wave, dan White Crosses, serta bekerja dengan penyanyi Laura Jane Grace pada EP solonya, Heart Burns. Vig memproduksi album studio kedelapan oleh Green Day, 21st Century Breakdown rilisan 2009, yang memenangkan Grammy Award untuk Best Rock Album. Selanjutnya, Vig telah bermitra dalam pekerjaan oleh engineer dan mixer-nya Billy Bush yang juga bekerja pada album-album dan tur langsung milik Garbage.

Vig menyusun dan memproduksi soundtrack untuk film The Other Side. Pada tahun 2009 Vig merekam dua lagu baru untuk rilisan hit terbesar yang ditunggu-tunggu oleh Foo Fighters, terutama single "Wheels" dan akhirnya menghasilkan tindak lanjut mereka pada April 2011, Wasting Light. Pada tahun 2010, Vig memproduksi single Muse, "Neutron Star Collision (Love Is Forever)," yang ditampilkan di Twilight Saga: Eclipse soundtrack. 


Vig menyatakan, "Bagian dari alasan mengapa saya memulai Garbage adalah pada saat saya sudah menyelesaikan 'Nevermin ,' saya merekam - saya bersumpah kepada Tuhan - 1.000 band yang hanya gitar-bass-drum. Saya sedang membaca tentang semua rekaman lainnya yang membuat saya bersemangat - seperti Public Enemy menggunakan sampler di studio - dan saya memutuskan untuk melakukan sedikit perubahan." Setelah itu, mereka mempekerjakan penyanyi Skotlandia Shirley Manson dan mulai menulis bersama.

Garbage merilis serangkaian single pada 1995-1996, termasuk "Stupid Girl" dan "Only Happy When It Rains". Album debut mereka, Garbage, adalah gebrakan tak terduga, terjual lebih dari 4 juta kopi dan bersertifikat platinum ganda di Inggris, Amerika Serikat dan Australia. Garbage memenangkan penghargaan Breakthrough Artist di MTV Europe Music Awards 1996. Band ini kemudian menghabiskan waktu dua tahun untuk mengerjakan album tindak lanjut, Version 2.0, yang menduduki puncak tangga lagu di Inggris pada rilisan tahun 1998 dan tahun berikutnya dinominasikan untuk dua Grammy Awards, Album of the Year dan Best Rock Album. Version 2.0 melanjutkan untuk menyamakan penjualan pendahulunya. Garbage mengikuti ini dengan melakukan dan memproduksi bersama lagu tema untuk film James Bond kesembilan belas The World Is Not Enough.

Meskipun dinobatkan sebagai salah satu dari Top 10 Albums of the Year milik Rolling Stone, album ketiga tahun 2001 milik Garbage, Beautiful Garbage gagal menyamai keberhasilan komersial yang dicapai oleh para pendahulunya. Garbage diam-diam dibubarkan pada akhir tahun 2003, tetapi bergabung kembali untuk menyelesaikan album keempat Bleed Like Me pada tahun 2005, mencapai karir tertinggi #4 di AS. Band ini memangkas tur konser mereka untuk mendukung Bleed Like Me untuk mengumumkan "hiatus tidak terbatas", menekankan bahwa mereka tidak bubar, tetapi ingin mengejar ketertarikan pribadi. Pada tahun 2006, Vig kembali memproduksi sementara Manson mengerjakan album solo (belum dirilis). Garbage mengakhiri hiatus mereka pada tahun 2007, dan merilis greatest hits retrospective Absolute Garbage. Di seluruh dunia, band ini telah menjual lebih dari 17 juta album. Band ini kembali bersama pada tahun 2010 dan mulai merekam album baru mereka, Not Your Kind of People, yang dirilis secara internasional pada 14 Mei 2012. Ini diikuti oleh Strange Little Birds, dirilis pada 10 Juni 2016. 


Pada tahun 2017, Vig memulai debut sebuah proyek musik baru, band 5 Billion in Diamonds. Album pertama mereka dirilis pada 11 Agustus 2017.

Vig menikah dengan Beth Halper, mantan eksekutif A&R DreamWorks; mereka punya anak perempuan, Bo Violet. Mereka tinggal di distrik Silver Lake dari Los Angeles.

Pada tahun 2012, Vig menduduki peringkat ke sembilan di Top 50 Greatest Producers Ever milik NME.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...