Laman

Selasa, 07 Agustus 2018

EICCA TOPPINEN



Dilahirkan dengan nama Eino Matti Toppinen pada 5 Agustus 1975 di Vantaa, Finlandia adalah seorang pemain cello, penulis lagu, produser, arranger, dan (sebagai hobi) drumer Finlandia. Pada tahun 1993 ia membentuk quartet Apocalyptica.


Toppinen dibesarkan di Hakunila, Vantaa dan memiliki tiga saudara perempuan dan satu saudara laki-laki, yang semuanya mengambil pelajaran instrumen saat tumbuh dewasa. Ia mulai bermain cello saat berusia sembilan tahun. Ia dan saudara-saudara perempuannya membuat beberapa rekaman amatir untuk keluarga mereka, biasanya untuk Natal.

Dia belajar di Sibelius Academy di Helsinki, di mana dia bertemu anggota band Apocalyptica masa depan Paavo Lötjönen, Antero Manninen, dan Max Lilja. Dia bermain untuk beberapa orkestra, termasuk Finnish Radio Symphony Orchestra dan Avanti! Chamber orchestra. Dia juga anggota pendiri dari Cellosextet dari Sibelius Academy. Ketika belajar di Sibelius Academy, Eicca tidak dapat memperoleh uang bantuan apartemen atau mahasiswa karena ia tinggal terlalu dekat dengan Helsinki, tempat Akademi ini berada.

Pada tahun 1993, ketika Toppinen masih belajar di Sibelius Academy, Vivo Christian Orchestra muda memainkan tiga lagu dari album Metallica, Ride The Lightning. Menurut Toppinen, dia membeli sebuah buku musik gitar untuk album, dan tidak memiliki notasi untuk album lainnya. 


Dua tahun kemudian, Apocalyptica tampil di Teatro Heavy Metal Club di Helsinki, pada malam yang sama dengan His Infernal Majesty, yang kemudian dikenal sebagai HIM. Seminggu kemudian, Kari Hynninen dari Zen Garden Records menghubungi Eicca untuk mendiskusikan kesepakatan untuk membuat rekaman pertama mereka, Plays Metallica by Four Cellos.

Setelah pertama kali menulis lagu untuk Apocalyptica, Toppinen juga terlibat dalam berbagai proyek lainnya, seperti pertunjukan teatrikal Paper Rain dan film Finlandia Milja. Pada tahun 2007, Toppinen menyusun soundtrack untuk film Finlandia Musta Jää (Black Ice). Pada 3 Februari 2008 ia memenangkan Jussi Award untuk menulis skor. Dia juga menulis lagu tema utama film, dinyanyikan oleh Hanna Pakarinen.

Pada bulan Desember 2007, Toppinen diundang ke Resepsi Kepresidenan Hari Kemerdekaan Finlandia di Helsinki, yang dihadiri bersama istrinya, Kirsi, dan ditampilkan secara mencolok di media. Sayangnya, ini menyebabkan dia melewatkan pertunjukan sold-out Apocalyptica di Strasbourg, Prancis - pertama kalinya dia melewatkan pertunjukan oleh bandnya dalam 14 tahun.

Toppinen bertanggung jawab untuk menulis skor untuk proyek crossover klasik-metal Wagner Reloaded-Live di Leipzig yang direkam langsung di Leipzig Arena pada Juli 2013 dan dirilis sebagai album Apocalyptica pada November 2013.

Toppinen juga telah menyusun opera yang ditugaskan oleh Finnish National Opera, dengan rekan band Apocalyptica Perttu Kivilaakso. Opera mereka berjudul "Indigo", dan "menceritakan kisah yang dipengaruhi sci-fi dari perusahaan multinasional yang berkuasa dan pencarian kebahagiaan", ditayangkan pada 22 Januari 2016.

Toppinen mengatakan pencapaian terbesarnya adalah Apocalyptica.

Selain menjadi pemain cello di Apocalyptica, ia juga merupakan drummer dari band rock Finlandia Cherry & The Vipers (bersama dengan istrinya, Kirsi ).

Toppinen menikah dengan Kirsi Ylijoki, seorang aktris Finlandia, pada tahun 1997. Mereka tinggal di daerah pedesaan yang luas di Sipoo, Finlandia. Mereka memiliki 2 anak: Eelis, lahir pada tahun 1998, dan Ilmari, lahir pada tahun 2002.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...