Laman

Sabtu, 20 Oktober 2018

PETER SOLLEY



Dilahirkan pada 19 Oktober 1948 di London adalah musisi dan produser rekaman nominasi Grammy Inggris. Dia telah rekeman bersama Eric Clapton, Al Stewart dan Whitesnake serta memproduseri rekaman untuk Ted Nugent, Oingo Boingo, Motörhead, The Romantics, Jo Jo Zep with Des 'Animal' McKenna, Peter Frampton, The Sports, Wreckless Eric dan banyak lainnya.

Pada usia 13 ia memenangkan beasiswa ke Trinity College of Music di London dan setelah lulus menjadi musisi sesi. Pada akhir 1960-an ia bermain di The Thunderbirds, grup pendukung untuk vokalis Chris Farlowe, dan juga di band pendukung penyanyi Terry Reid, yang melakukan tur dengan The Rolling Stones dan Cream di Amerika Serikat pada 1968. Selama 1969 dan 1970 ia menjabat sebagai organ tur untuk The Crazy World of Arthur Brown. 


Solley adalah anggota pendiri band rock progresif Inggris Paladin, yang LP kedua Paladin Charge! menampilkan sebuah desain sampul oleh Roger Dean. Setelah pembubaran Paladin pada tahun 1973, Solley bergabung dengan Fox, yang memiliki serangkaian hit single sebelum bubar pada tahun 1977. 


Setelah menolak keanggotaan dalam beberapa grup, Solley menjadi anggota grup musik progresif Procol Harum yang memainkan organ dan synthesizer, (ini memungkinkan Chris Copping mengambil alih gitar bass). Selama waktunya bersama kelompok, ia merekam satu album, Something Magic, dan melakukan tur ekstensif untuk mempromosikan album. Tak lama kemudian kelompok itu bubar.

Pada tahun 1978 ia bergabung dengan Whitesnake yang baru saja merekam debut EP Snakebite mereka. Di tata sampul, ia dikreditkan sebagai seorang tamu khusus, tetapi ia melanjutkan tur dengan band hingga Juli 1978. Posisinya di band ini kemudian diambil oleh Jon Lord. 


Pada 1980-an, Solley mulai menulis jingle TV untuk klien termasuk British Airways, BMW, dan Coca-Cola, dan ia menjadi produser rekaman. Kreditnya termasuk album untuk band-band Australia Sports (Don't Throw Stones) dan Jo Jo Zep & The Falcons (Screaming Targets, Hats Off Step Lively) dan album Jo Jo Zep 1982, Cha, menampilkan hit salsa-rock hebat "Taxi Mary" dengan vokal oleh Jane Clifton, dan Ray Pereira dan Des 'Animal' McKenna pada perkusi dan drum. Produksi Solley yang paling terkenal adalah single 1980 "What I Like About You" oleh The Romantics. Dia juga menghasilkan album nominasi Grammy, 1916 oleh Motörhead.

Pada tahun 1997, ia bergabung secera singkat dengan Procol Harum untuk konser di Redhill dan, pada tahun 2004, bermain dengan vokalis mereka Gary Brooker dalam konser di Guildford.

Solley adalah keturunan Rumania, kakek-neneknya berasal dari Rumania. Ayahnya adalah Leslie Solley, seorang politisi dan pengacara Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...