Laman

Minggu, 28 Oktober 2018

MAX LILJA


Dilahirkan pada 27 Oktober 1975 adalah pemain cello Finlandia. Ia terkenal sebagai anggota pendiri band cello metal Finlandia, Apocalyptica, sebuah band yang ia tinggalkan pada tahun 2001 untuk bergabung dengan band thrash metal Finlandia, Hevein. Mulai tahun 2007, Lilja telah menjadi anggota rekaman dan tur band solo dari Tarja Turunen. Sepanjang karirnya, Lilja terus memainkan musik klasik di samping proyek-proyek rock, metal, dan crossover.

Max Lilja lahir di Vantaa, Finlandia. Pada tahun 1980, ia mulai bermain biola, tetapi dengan cepat beralih ke cello pada usia 7. Pada tahun 1985, Lilja memulai studinya Akademi Junior dari Sibelius Academy yang bergengsi di Helsinki, setelah belajar sebagai murid latihan untuk pemain celo Sibelius Academy Panu Saari. Pada tahun 1993, ia diterima dalam program tingkat Universitas Sibelius sebagai mahasiswa dari Dr. Raimo Sariola dan Prof. Arto Noras. Dalam program inilah ia pertama kali mulai memainkan cover lagu Metallica dengan para pemain cello yang kemudian membentuk Apocalyptica. Lilja tampil cukup baik di Sibelius Academy, mendapatkan kursi utama dari Symphony Orchestra dari akademi itu pada tahun 1995. 


Pada tahun 1995, Max Lilja bergabung dengan anggota masa depan Apocalyptica dalam eksperimen mereka dengan memainkan musik rock dan metal pada cello, yang menyebabkan pertunjukan pertama mereka bermain di klub rock. Dalam setahun, Apocalyptica didirikan dan dikontrak oleh label indie Finlandia Zen Garden, dan merilis album debut mereka, Plays Metallica by Four Cellos pada tahun 1996. Pada tahun 1997, album pertama ini memulai penjualan di seluruh dunia, dan Apocalyptica mulai melakukan tur dan tampil begitu sering sehingga Lilja keluar dari Sibelius Academy untuk mengabdikan dirinya penuh waktu ke band. Dalam tiga tahun ke depan, Lilja merekam dua album lagi dengan Apocalyptica, Inquisition Symphony dan Cult. Pada tahun 2001, Lilja melakukan tur bersama Apocalyptica untuk terakhir kalinya sebagai anggota band. 


Pada tahun 2002, Max Lilja meninggalkan Apocalyptica dan bergabung dengan Hevein. Dia muncul di album debut 2005 Sound Over Matter, dirilis melalui Spinefarm Records, serta beberapa rekaman demo sebelumnya. Hevein meninggalkan Spinefarm Records, dan membiayai demo rilisan mereka sendiri pada tahun 2012, sambil mencari label baru. Belakangan tahun itu, Hevein bubar, berjanji untuk berkumpul kembali jika pendanaan untuk menyelesaikan album terbaru mereka terwujud. Pada tahun 2007, Lilja mulai tampil dengan mantan penyanyi Nightwish Tarja Turunen, saat ia meluncurkan karir solonya. Selain tur bersama Tarja, Lilja telah muncul di beberapa rekaman, termasuk album 2010 What Lies Beneath. 


Setelah lebih dari satu dekade bereksperimen dengan cello elektrifikasi, Lilja mulai menulis materi untuk cello elektronik pada tahun 2010. Perilisan dari album solo pertamanya, Plays Electronica By One Cello, pada April 2013 dan diikuti oleh album solo kedua Morphosis pada bulan April 2015. Menurut seniman ini: "musik cello elektronik yang dibuat dengan menggunakan cello sebagai satu-satunya sumber suara".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...