Laman

Jumat, 26 Oktober 2018

BAT FOR LASHES



Dilahirkan dengan nama Natasha Khan pada 25 Oktober 1979 di London, Inggris, yang dikenal secara profesional sebagai Bat for Lashes, adalah seorang penyanyi, penulis lagu, dan multi-instrumentalis dari Inggris. Dia telah merilis empat album studio, Fur and Gold (2006), Two Suns (2009), The Haunted Man (2012) dan The Bride (2016), menerima nominasi Mercury Prize untuk Fur and Gold, Two Suns and The Bride . Khan juga merupakan vokalis untuk Sexwitch, sebuah kolaborasi dengan band rock Toy dan produser Dan Carey.

Khan lahir dari seorang ibu Inggris, Josie, dan ayah Pakistan, pemain squash Rehmat Khan. Seorang anggota keluarga Khan, ia adalah cucu dari pemain squash Nasrullah Khan dan keponakan dari pemain squash Jahangir Khan dan Torsam Khan, dan anak tiri dari penyanyi dan aktris Salma Agha dan saudara perempuan tiri dari aktris Sasha Agha. Keluarganya pindah ke Rickmansworth, Hertfordshire, ketika dia berumur lima tahun. Dia menghadiri banyak pertandingan ayahnya dan pamannya Jahangir, yang dia rasakan mengilhami kreativitasnya: "Deru kerumunan itu bergemuruh; itu adalah upacara, ritual, saya merasa spanduk itu melewati saya tapi saya membawanya di dalam cara yang kreatif. Ini adalah hal yang sama, kebutuhan untuk berkembang pada pengalaman komunal yang tinggi." Setelah ayahnya meninggalkan keluarga ketika Khan berusia 11 tahun, dia belajar sendiri untuk bermain piano, yang menjadi "saluran untuk mengekspresikan sesuatu, untuk mengeluarkannya".

Khan mengalami pelecehan rasial selama sekolah menengah karena menjadi Pakistan, sering membolos, dan diskors setelah menyumpah dan melemparkan kursi pada seorang guru. Dia mengatakan kepada The Daily Telegraph : "Saya adalah orang luar di sekolah. Ketika saya kembali dari skors mereka mengatakan kepada sekelompok kecil teman bahwa saya memang ada di sana bahwa mereka tidak diizinkan untuk berbicara dengan saya karena saya benar-benar pengaruh buruk. Maka itu menjadi saya sendirian." Setelah menyelesaikan GCSE dan A-Level, Khan mengambil pekerjaan di pabrik pengepakan kartu tempat dia akan bekerja sambil mendengarkan lagu yang dia buat. Dia berkata: "Kehidupan imajiner internal saya benar-benar berbuah pada saat itu. Saya ingat mengepak kartu dan hanya mendengarkan lagu yang saya buat malam sebelumnya di pemutar mini-disc saya. Sepanjang hari hanya mendengarkan dan bermimpi, sambil menghitung kartu untuk dikemas." Dengan uang yang dihemat dari pekerjaan itu, ia memulai perjalanan tiga bulan menempuh Amerika Serikat dan Meksiko. 


Setelah kembali ke Inggris, Khan menetap di Brighton pada tahun 2000 untuk belajar musik dan seni visual di University of Brighton, dimana ia menghasilkan instalasi suara, animasi dan pertunjukan yang dipengaruhi oleh seniman meliputi Steve Reich dan Susan Hiller. Setelah menyelesaikan gelarnya, Khan menyelesaikan NVQ dalam pekerjaan permainan dan mengasuh anak, dan bekerja sebagai guru sekolah anak-anak, mendedikasikan waktu luangnya untuk mengembangkan lagu, merekam demo dan manggung di Brighton.

Single debut Khan, "The Wizard", dirilis secara digital melalui Drowned in Sound records dan pada vinyl tujuh inci melalui label milik Khan sendiri, She Bear Records. Pada 2006, ia menandatangani kontrak dengan Echo, sebuah label rekaman milik penerbit independen Chrysalis Music yang bertindak sebagai inkubator bagi para seniman sebelum "mendorong" mereka ke label besar. Echo merilis album debutnya, Fur and Gold pada bulan September 2006. Pada tahun 2007, Bat for Lashes dan Echo menandatangani perjanjian lisensi internasional dengan Parlophone Records, yang merilis kembali Fur and Gold pada tahun yang sama. Versi vinil terbatas dirilis oleh label indie Los Angeles Manimal Vinyl pada Mei 2007. Fur and Gold mencapai angka empat puluh delapan di Tangga Lagu Album Inggris dan sejak itu telah disertifikasi emas oleh BPI untuk penjualan melebihi 100.000 eksemplar. Pada tahun 2007, Khan muncul di Festival Glastonbury dan melakukan tur ke Amerika Serikat.

Fur and Gold mendapat pujian kritis, termasuk ulasan bintang lima dari The Guardian. Itu terpilih untuk Mercury Prize 2007, kalah dari Myths of the Near Future milik Klaxons meskipun menjadi favorit media Inggris untuk memenangkan penghargaan. Juga pada tahun 2007, American Society of Composers, Authors dan Publishers (ASCAP) menghadiahinya Vanguard Award dan memilihnya untuk tampil di showcase "ASCAP Presents ..." mereka di South by Southwest di Austin, Texas. Pada tahun 2008, Khan dinominasikan untuk British Breakthrough Act dan British Female Solo Artist di Brit Awards.

Tur Radiohead 2008 menampilkan beberapa pertunjukan dengan Bat for Lashes sebagai aksi pembuka mereka. Versi "A Forest" milik The Cure muncul di sebuah album amal berjudul Perfect as Cats di Manimal Vinyl pada akhir 2008. 


Album kedua Khan, Two Suns, dirilis pada bulan April 2009 dan diproduseri oleh Khan dan David Kosten. Dalam persiapan untuk album, Khan melakukan perjalanan ke Joshua Tree Desert di California untuk mendapatkan inspirasi, sebelum kembali ke New York dan London untuk menulis dan merekam materi yang sudah selesai untuk dirilis.

Sebuah album konsep, Two Suns berfokus pada alter ego Pearl yang lahir di gurun Khan, yang kepribadiannya dia adopsi ketika tinggal di New York untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang karakter. Dia mengungkapkan kepada BBC Newsbeat , "Saya benar-benar hanya melakukannya sebagai percobaan berdandan diri dengan make-up feminin ekstrim yang sangat norak. Saya ingin memotret diri saya sendiri dalam situasi itu dan hanya melihat apa yang membuat saya merasa." Khan percaya bahwa hidup di Brooklyn ketika band-band seperti TV on the Radio, MGMT dan Gang Gang Dance muncul di kancah musik memiliki pengaruh pada gaya musik album. Dalam sebuah wawancara dengan MTV dia berkata, "Saya mengalami semua itu, dalam hal ketukan dan suka pergi keluar menari dan melihat semua musik baru ini benar-benar menginspirasi." Selama produksi album, dia juga berkolaborasi dengan band Brooklyn Yeasayer untuk pemrograman bass dan beat. Pada bulan Juni 2009, Bat for Lashes pertama kali muncul di sampul The Fader, dalam edisi ke-60.

Two Suns memulai debutnya di nomor lima di UK Albums Chart, dan telah disertifikasi emas oleh BPI untuk penjualan 100.000 eksemplar. Single pertama dari album, "Daniel", menjadi hit pertama milik Khan, mencapai nomor tiga puluh enam di UK Singles Chart; kemudian memenangkan Ivor Novello Award untuk Best Contemporary Song dan dinominasikan untuk MTV Video Music Award untuk Breakthrough Video of the Year. Single-single berikutnya adalah "Pearl's Dream" dan double A-side "Sleep Alone" dan "Moon and Moon", yang terakhir ditampilkan dalam kampanye iklan profil tinggi untuk amal anak-anak dari Barnardo pada akhir 2009.

Tanggapan kritis terhadap album ini umumnya menguntungkan, menghasilkan skor 77 pada ulasan Metacritic. Dalam ulasan mereka untuk Two Suns, NME memberikannya 8 dari 10 menggambarkan album sebagai "epik dalam lingkup dan ambisi dan membutuhkan kesabaran yang sama untuk mengungkap pesonanya." Rolling Stone juga menilai dengan baik, menyatakan "Khan membuktikan dia adalah kekuatan besar di bawah namanya yang menggembung. Dia bisa menjadi Kate Bush berikutnya." Namun beberapa kritikus seperti Popmatters menemukan masalah: meninjau album, mereka menulis, "Sementara lagu-lagu yang lebih lemah jelas bukan pelarian, mereka meleset dari sasaran dalam lebih dari satu cara." Majalah Blender juga merasa album itu rata-rata, memberikannya 3 dari 5 bintang, mengatakan "Kontras antara Pearl dan Natasha tidak selalu menarik dengan tajam". Seperti halnya Fur and Gold, Khan dinominasikan untuk Mercury Prize untuk Two Suns. Pada tahun 2010, ia memenangkan Best Alternative Act di UK Asian Music Awards dan menerima nominasi BRIT Award kedua untuk British Female Solo Artist.

Sebagai bagian dari musim festival musim panas 2009, Khan bermain di Glastonbury, Somerset House dan iTunes Festival. Pada bulan September 2009, edisi khusus Two Suns dirilis di Inggris sebelum tur Oktober milik Khan. Edisi khusus, yang memasukkan versi cover dari single milik King of Leon "Use Somebody", dirilis secara bersamaan di Amerika Serikat. Kemudian di tahun 2009, artistik sampul untuk Two Suns dinominasikan untuk Best Art Vinyl.

Pada awal 2010, Khan tur Amerika Selatan mendukung Coldplay setelah manggung di The De La Warr Pavilion menampilkan cover dari Radiohead "All I Need" dan "Lullaby" milik The Cure. Pada tahun 2010, ia berkolaborasi dengan Beck pada lagu "Let's Get Lost" untuk Twilight Saga: Eclipse soundtrack, dan menyumbangkan lagu "Sleep Alone" dari Two Suns ke Enough Project dan kompilasi Raise for Congo milik Downtown Records. Hasil dari kompilasi untuk mendanai upaya untuk membuat perlindungan dan pemberdayaan perempuan Kongo prioritas, serta menginspirasi individu di seluruh dunia untuk meningkatkan suara mereka untuk perdamaian di Kongo.

Untuk Record Store Day 2010, Bat for Lashes merilis sebuah single eksklusif A-side 7" yang terdiri dari pertunjukan langsung dari single B-side dari "Trophy", "Howl" yang direkam di De La Warr Pavilion, dan sebuah cover dari Wild Is the Wind, awalnya ditulis oleh Dimitri Tiomkin dan Ned Washington. Pada tahun 2011, Khan merekam versi cover lagu milik Depeche Mode "Strangelove" untuk kampanye iklan Gucci. Lagu ini dirilis sebagai unduhan gratis dari saluran Gucci di YouTube dan berbagai blog. Pada bulan Juni 2011, Khan melakukan dua pertunjukan di Sydney Opera House sebagai bagian dari Vivid LIVE Arts Festival, satu-satunya pertunjukan tahun ini. 


Album Bat for Lashes ketiga, The Haunted Man, dirilis pada Oktober 2012 di Inggris. Singel utama, "Laura", dirilis pada bulan Juli; single kedua, "All Your Gold", dirilis pada bulan September. The Haunted Man memulai debutnya di nomor enam di UK Albums Chart, album top ten kedua berturut-turut mlik Khan, dan sejak itu telah disertifikasi perak oleh BPI karena terjual 60.000 eksemplar. Single berikutnya adalah "A Wall" dan "Lilies". Khan menghadiri 2013 Brit Awards yang telah dinominasikan dalam kategori Best British Female, dan juga dinominasikan di Ivor Novello Awards dalam kategori Best Song Musically and Lyrically (untuk "Laura").

Pada 2013, Khan tampil di Coachella Valley Music and Arts Festival, mendukung Blur di Museum Seni Modern Irlandia di Dublin, Irlandia, dan membuka untuk Depeche Mode pada paruh pertama tur Amerika Utara mereka. Pada bulan Juni, ia merilis cover "The Bride", sebuah lagu pra-revolusi Iran, dengan band rock Toy. Pada 2 September 2013, Khan mengeluarkan lagu "Garden's Heart", sebuah kolaborasi dengan Jon Hopkins untuk soundtrack untuk film How I Live Now.

Pada tahun 2014, Khan berkolaborasi dengan Damon Albarn pada lagu untuk album solo 2014 milik Albarn, Everyday Robots, merilis perdana "Skin Song" dari Body of Songs —sebuah album kompilasi yang menampilkan lagu-lagu yang terinspirasi oleh anatomi dan ilmu kedokteran — dan menyumbangkan cover "Plan the Escape" oleh Son Lux ke album soundtrack film The Hunger Games: Mockingjay - Part 1.

Pada 15 Agustus 2015, Khan mulai mengeluarkan musik baru di halaman Twitter dan Instagram milikny amelalui sebuah game dari Hangman. Selama sebuah kejutan Green Man Festival di Wales pada 22 Agustus, ia memulai debut sebuah proyek musik dengan produser Dan Carey dan band Toy, yang diberi nama Sexwitch. Dua hari kemudian, diumumkan bahwa album debut Sexwitch akan dirilis pada 25 September 2015 oleh Echo dan BMG, yang terdiri dari enam lagu cover psychedelic dan folk 1970-an dari berbagai belahan dunia.

Pada 19 Februari 2016, sebuah lagu baru, "I Do", dirilis YouTube, dengan sebuah gambar undangan pernikahan yang bertuliskan "Save The Date 1st July 2016". Trek itu tersedia untuk dibeli pada hari yang sama. Pada 11 Maret, Khan merilis "In God's House", singel utama dari album studio keempatnya, The Bride, yang dirilis pada 1 Juli.

Khan adalah seorang contralto dengan jangkauan ekspansif. Kritikus mempersamakan musik Khan dengan karya dari Siouxsie Sioux , Björk, Kate Bush, Cat Power, PJ Harvey, Annie Lennox, Tori Amos, dan Fiona Apple. Musiknya telah dijelaskan oleh MTV Iggy sebagai "at once haunting and way danceable".

Khan dan rumah mode YMC mendesain koleksi kapsul edisi terbatas untuk pakaian olahraga dan aksesori untuk musim semi/musim panas 2014. Pelepasan koleksi itu disertai dengan film busana, Under the Indigo Moon, disutradarai dan dibintangi oleh Khan sendiri termasuk soundtrack yang dia buat bersama Beck.

Pada tahun 2014, Film4 menugaskan Cowboy Films untuk memproduksi film pendek Gotcha, yang akan ditulis dan diarahkan oleh Khan. Dia mengatakan dia bermaksud untuk mengembangkan proyek ini menjadi sebuah film panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...