Laman

Senin, 08 Oktober 2018

DINO VALENTI



Dilahirkan dengan nama Chester William Powers, Jr. pada 7 Oktober 1937 di Danbury, Connecticut, AS adalah seorang penyanyi-penulis lagu Amerika, dan penyanyi utama dari grup rock Quicksilver Messenger Service. Ia juga dikenal dengan nama panggung Dino Valenti (atau disebut sebagai Dino Valente) dan, sebagai seorang penulis lagu, sebagai Jesse Oris Farrow. Dia terkenal karena menulis lagu cinta-dan-perdamaian tahun 1960-an "Let's Get Together."

Sebelum bertugas di Angkatan Udara Amerika Serikat dan bermain di kedai - kedai kopi di Boston dan Provincetown, Massachusetts, Powers telah tampil sebagai "Dino Valenti" dengan band-band rock kecil di New England lounge.

Pada awal 1960-an, ia tampil di kedai kopi Greenwich Village dan North Beach seperti Cock 'n' Bull dan Cafe Wha?, sering dengan sesama penyanyi-penulis lagu Fred Neil, dan kadang-kadang dengan Karen Dalton, Bob Dylan, Lou Gossett, Josh White, Len Chandler, Paul Stookey, David Crosby dan lain-lain. Dia mempengaruhi pemain lain termasuk Richie Havens, yang terus membawakan beberapa "lagu-lagu kereta" awal milik Powers. Powers dicegah dari memperoleh lisensi kabaret karena penangkapan sebelumnya, persyaratan yang mulai dikenakan pada penghibur Village pada saat itu.

Pada 1963, Valenti/Powers berada di Los Angeles di mana folk rock sudah mulai bersatu. Selama periode ini, dia menulis dan mempopulerkan "Let's Get Together." Sering dibawakan sebagai "Get Together," lagu ini dibawakan oleh beragam kelompok dalam dekade ini, termasuk The Kingston Trio, We Five, The Dave Clark Five, H.P. Lovecraft, Jefferson Aeroplane dan yang paling terkenal The Youngbloods, dimana versi mereka pada tahun 1967 mencapai puncaknya di # 5 dan memperoleh sertifikasi emas RIAA di Amerika Serikat setelah dirilis ulang (sebagian didorong oleh Dewan Nasional Kristen dan Yahudi yang menggunakan lagu tersebut sebagai tema mereka dalam iklan televisi dan radio) pada tahun 1969. Ia juga mempopulerkan dan secara kontroversial mengklaim hak cipta dari "Hey Joe" milik Billy Roberts. 


Valenti/Powers pindah ke utara ke San Francisco Bay Area, di mana ia merekam untuk Autumn Records (sebuah asetat dari sesi ini ada dalam kepemilikan dari kolektor Quicksilver), meskipun tidak ada album yang pernah dikeluarkan. Dia bertemena dengan Roger McGuinn di Los Angeles dan dikatakan bahwa Michael Clarke dari The Byrds bermain di sebuah band dengan Valenti/Powers di Big Sur. Dia dikatakan telah bermain di awal (meskipun tidak dirancang) line-up dari grup psychedelic rock San Fransisco, Quicksilver Messenger Service ketika John Cipollina, David Freiberg, dan Jim Murray semua bergabung dengan kelompok pendukungnya pada tahun 1964. Dia kemudian bergabung kembali dengan grup ini sebagai penyanyi utama dan penulis lagu utama.

Karir Powers dirusak oleh beberapa penangkapan obat bius. Setelah penangkapan karena memiliki marijuana, dia digeledah lagi oleh polisi (yang menemukan lebih banyak marijuana dan amfetamin di apartemennya) sambil menunggu persidangan. Dia menerima hukuman satu hingga sepuluh tahun yang sebagian dijalani di Folsom State Prison. Untuk mengumpulkan uang untuk pembelaannya, ia menjual hak penerbitan untuk "Get Together" ke Frank Werber, manajer dari The Kingston Trio.

Setelah menyelesaikan hukumannya di akhir 1960-an, Valenti/Powers dikontrak sebagai artis solo dengan Epic Records dari CBS, merilis Dino Valente pada tahun 1968. Sebuah pertunjukan besar yang dia cetak adalah sebagai pembuka untuk Jimi Hendrix di Winterland di San Francisco 10-12 Oktober 1968, yang mengekspos pekerjaan solonya ke khalayak yang lebih luas. Dia melakukan perjalanan bersama Gary Duncan dari Quicksilver ke New York pada Januari 1969 untuk membentuk band baru (diberi nama The Outlaws) sesaat sebelum album Quicksilver, Happy Trails muncul pada bulan Maret. Sementara Valenti/Powers dan Duncan berada di New York, keyboardist Inggris Nicky Hopkins bergabung dengan Quicksilver untuk album ketiga mereka, Shady Grove (Desember 1969).

Ketika 1969 berkembang, The Outlaws menjadi sia-sia, akhirnya mengarah pada pemulihan Duncan dan Valenti/Powers secara resmi bergabung dengan Quicksilver di konser Tahun Baru band. Delapan dari sembilan lagu di album berikutnya grup, Just for Love (Agustus 1970) ditulis oleh Valenti/Powers, enam di antaranya dengan nama samaran "Jesse Oris Farrow," termasuk single "Fresh Air," hit moderat Amerika yang mencapai posisi #49 pada bulan November 1970. Dia tetap menjadi penulis lagu utama di album berikutnya, What About Me? (Desember 1970). Judul lagu yang ditulis Valenti/Powers masuk ke Billboard 100 pada Maret 1971, mencapai puncaknya pada #100.

Setelah kepergian Cippolina dan Freiberg (yang telah dihukum karena kepemilikan ganja), band ini kemudian merilis Quicksilver (1971) dan Comin' Thru (1972) sebagai berbagai lineup yang digawanagi Valenti/Powers (selalu menampilkan Duncan dan drummer Greg Elmore) melanjutkan untuk tur secara tidak teratur selama 1974. Lineup 1969-1971 (dengan Hopkins hanya berkontribusi sebagai musisi sesi di trek pilih) secara singkat bersatu kembali pada tahun 1975 untuk Solid Silver dan sebuah tur promosi; Namun, album yang banyak diantisipasi ini hanya mencapai #89 di Amerika Serikat. Meskipun Freiberg (kemudian seorang multi-instrumentalis di Jefferson Starship) dan Cippolina segera pergi, sebuah iterasi dari band termasuk Valenti/Powers, Duncan dan Elmore sekali lagi melanjutkan tur hingga 1979.

Powers menjalani operasi otak untuk malformasi arteri (AVM) pada akhir 1980-an. Meskipun menderita kehilangan ingatan jangka pendek dan efek obat anti-kejang, dia terus menulis lagu dan bermain dengan sesama musisi Marin County.

Penampilan utama terakhirnya adalah sebuah acara amal di Great American Music Hall San Francisco. Dia mati mendadak di rumahnya di Santa Rosa, California pada tanggal 16 November 1994, meninggalkan seorang adik perempuan, Katherine (Kay), dan tiga putra, Paul, Joli dan Sterling. Putra tertuanya, Paul, ditemukan oleh saudara perempuannya, Kay, tak lama sebelum Kay meninggal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...