Laman

Rabu, 17 Oktober 2018

CHRIS WEBER



Dilahirkan pada 16 Oktober 1966 di Los Angeles, California, AS adalah seorang musisi Amerika yang dikenal sebagai gitaris dan pendiri grup U.P.O. dan Hollywood Rose (yang menampilkan para anggota Guns N' Roses Axl Rose, Slash, Izzy Stradlin, dan Steven Adler). Dengan U.P.O., ia merilis dua album, No Pleasantries (2000) dan The Heavy (2004), sementara demo Hollywood Rose, yang direkam pada 1984, dirilis pada tahun 2004 berjudul The Roots of Guns N' Roses.

Sebelum membentuk Hollywood Rose, Chris Weber diperkenalkan ke warga Lafayette, Izzy Stradlin, di tempat parkir Rainbow Bar and Grill, oleh teman Tracii Guns, yang memimpin inkarnasi pertama dari L.A. Guns pada saat ini, setelah Weber menyatakan minatnya membentuk band. Segera setelah itu, Weber dan Stradlin mulai menulis materi dan, atas saran Stradlin, merekrut teman masa kecilnya, mantan Rapidfire dan penyanyi L.A. Guns William Bailey. Atas saran Bailey, kelompok itu menyebut diri mereka AXL. Mereka memainkan pertunjukan pertama mereka di The Orphanage di North Hollywood dan memainkan beberapa pertunjukan lagi sebelum mengubah nama mereka ke Rose, dengan Bailey mengubah namanya menjadi W. Axl Rose. Kelompok ini segera mengubah nama mereka, untuk waktu terakhir, ke Hollywood Rose ketika Weber menemukan bahwa nama Rose sudah digunakan oleh band New York. 


Setelah meminjam uang dari ayah Weber, kelompok ini merekam demo lima lagu di Hollywood pada tahun 1984. Setelah bermain di sejumlah pertunjukan lainnya, Rose memecat Weber dari band dengan mantan gitaris Road Crew Slash bergabung dengan grup. Mereka bubar segera setelahnya.

Kelompok ini bersatu kembali, sebentar, dengan Rose, Stradlin, Weber dan Darrow kembali bersama sementara drummer L.A. Guns Rob Gardner juga bergabung dengan grup. Weber, yang pergi ke New York City, segera digantikan oleh Tracii Guns.

Guns N' Roses mengkreditkan Weber sebagai salah satu penulis pada lagu "Anything Goes" dari album debut rekaman terobosan mereka Appetite for Destruction pada tahun 1987; dan "Reckless Life" dan "Move To The City" dirilis ulang pada GN'R Lies tahun 1988 yang masuk top 5. Weber juga ikut menulis "Ain't Going Down" dari Guns N' Roses Pinball dan "New Work Tune" dan "The Plague" dari Appetite for Destruction edisi deluxe. Weber mengaku memiliki kredit penulisan "Shadow of Your Love " (muncul sebagai side-b pada berbagai rilisan, dirilis sebagai single pada tahun 2018) dan "Back Off Bitch" (dari Use Your Illusion I), menggugat band ini atas kredit penulisan lagu, meskipun kasus itu diselesaikan dan Weber tidak menerima kredit lagu. 


Bermain di band Inggris "Stone" bersama dengan drummer Manolo Antonana. Setelah bertemu di pertengahan tahun '90-an, di Reading Festival di Inggris, Weber dan penyanyi Shawn Albro mulai mengerjakan materi yang akhirnya mendapat perhatian besar. Mereka merekrut bassist Ben Shirley dan drummer Tommy Holt, membentuk U.P.O., dan melanjutkan untuk menandatangani kontrak rekaman dengan Epic Records. Mereka merilis album debut mereka, berjudul No Pleasantries, pada tahun 2000, diproduksi oleh Rick Parashar, dengan album memuncak di nomor 19 di Billboard Heatseekers Chart sementara single "Godless" dan "Feel Alive" masing-masing memuncak di nomor 6 dan 25 di Mainstream Rock Chart. "Feel Alive" muncul di soundtrack film Book of Shadows: Blair Witch 2 ementara grup melakukan tur dengan nama-nama seperti Slipknot, Slayer, Mudvayne dan Sepultura sebagai bagian dari tur Tattoo The Earth dengan lagu "Dust" dimasukkan dalam album live Tattoo The Earth: The First Crusade. Setelah tur lebih lanjut dalam mendukung album, kelompok melanjutkan hiatus dengan Albro diaudisi untuk "The Project" (kemudian dikenal sebagai Velvet Revolver ) selama waktu ini.

Kelompok ini kembali pada tahun 2004, merekam dan merilis The Heavy, kembali bekerja dengan produser Rick Parashar, pada tahun yang sama melalui DRT Entertainment/Nitrus Records. Grup melakukan tur untuk mendukung album, namun, setelah konser Oktober tahun itu, Weber mengalami kejang sebelum dilarikan ke rumah sakit. Segera terungkap bahwa ia memiliki tumor otak meningioma yang mana Weber menjalani operasi yang sukses pada 17 November 2004. Kelompok ini tampaknya terus hiatus segera setelah itu dengan bassis Zoltan Bathory, yang menggantikan Ben Shirley, kemudian membentuk Five Finger Death Punch.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...